Hal-hal apa saja yang harus ada di dalam MVP?

Produk MVP adalah produk dengan hanya seperangkat fitur dasar, dirilis untuk menguji ide bisnis baru dan mengukur reaksi orang. Ide MVP adalah untuk mendapatkan umpan balik audiens terlebih dahulu (sebelum merilis produk yang lengkap). MVP dapat membantu menghindari kegagalan dan kerugian modal besar.

Hal-hal apa saja yang harus ada di dalam MVP?

Berikut adalah dua persyaratan mendasar yang harus dipenuhi oleh MVP:

  1. MVP harus sepenuhnya mengatasi kebutuhan atau memecahkan masalah bagi pengguna.

Ketika Anda memangkas rencana pengembangan produk ke tingkat MVP, Anda masih perlu mengingat pengalaman pengguna total dan perlu memastikan bahwa fungsi apa pun yang disertakan sepenuhnya memecahkan masalah bagi pengguna.

Inilah sebabnya mengapa Anda tidak bisa hanya memilih tiga dari tujuh fitur di roadmap produk Anda dan memutuskan bahwa setelah Anda membangun ketiga fitur tersebut, Anda akan memiliki produk yang layak minimum untuk dikirimkan.

Anda harus selalu memastikan bahwa MVP Anda, setidaknya dalam satu area fungsi yang dijanjikan, memberikan solusi lengkap kepada pengguna.

Ini jelas tidak berarti MVP Anda perlu melakukan semua hal yang pada akhirnya Anda rencanakan untuk produk Anda. Artinya hanya Anda yang perlu memastikan bahwa Anda tidak sekadar memberi pengguna tiga perempat fungsi untuk menyelesaikan beberapa tugas, tetapi Anda benar-benar memberi mereka fungsi end-to-end yang diperlukan untuk melakukan setidaknya satu tugas.

Jika produk Anda tidak melakukannya, Anda tidak memiliki MVP. Dan jika melepaskannya, Anda menjalankan risiko nyata mengecewakan pengguna Anda dan mengubahnya dari produk Anda selamanya.

  1. MVP perlu memuaskan pengguna.

Ini adalah bahan utama sehingga banyak produk yang layak untuk diabaikan. Namun menurut kami, jika Anda tidak memiliki sesuatu di produk Anda yang memuaskan pengguna dengan cara tertentu, Anda tidak memiliki MVP yang benar.

Seperti yang telah kami kemukakan sebelumnya, kepuasan pelanggan adalah hal yang harus dimiliki dalam produk Anda. Ini terutama berlaku untuk perangkat lunak.

Mengapa? Untuk alasan yang sama kami cantumkan di atas menjelaskan mengapa Anda menghadapi begitu banyak tekanan untuk merilis produk lebih cepat dan dengan lebih sedikit fungsi. Dengan hambatan masuk untuk penyedia perangkat lunak yang terus turun, dan fakta bahwa Anda menghadapi lebih banyak pesaing dari sebelumnya, Anda tidak dapat merilis produk yang tidak mengesankan dan sangat bermanfaat dan berharap menemukan basis pengguna setia yang bersemangat untuk versi Anda berikutnya.

Untuk alasan ini, kami pikir definisi Wikipedia di atas, yang diterima secara luas di dunia produk, kehilangan elemen penting dari apa yang merupakan produk minimum yang layak. MVP Anda seharusnya tidak hanya cukup untuk memuaskan pengguna awal; itu juga harus menyenangkan mereka.

(Sumber : https://www.productplan.com/minimum-viable-product/)