Hal-hal apa saja yang dapat menentukan kualitas suatu produk?

Manajemen produk merupakan fungsi di dalam sebuah organisisasi yang bertugas untuk merencanakan, meramalkan, memproduksi, memasarkan sebuah produk.

Hal-hal apa saja yang dapat menentukan kualitas suatu produk?

Kualitas produk ditentukan oleh tiga hal.

Yang pertama adalah, fungsi dari sebuah produk. Dengan mempertimbangkan untuk apakah barang yang akan di produksi dengan tujuan untuk memenuhi kepuasan konsumen dengan mempertimbangkan mutu suatu produk.

Kedua adalah, tampilan produk. Salah satu hal yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam memilih produk yang berkualitas adalah dengan melihat bentuk fisiknya atau brand. Karena banyak konsumen yang beranggapan bahwa dengan membeli barang yang sudah jelas brand nya, maka jelas dan terjamin pula kualitas produk tersebut.

Ketiga adalah biaya, konsumen mempertimbangkan biaya dalam memilih dan mempertimbangkan kualitas suatu produk. Hal yang diyakini konsumen sejauh ini adalah barang yang mahal mempunyai kualitas produk yang baik, demikian sebaliknya. Maka manajemen produk sangat dibutuhkan dalam memilih dan memilah kepuasan konsumen terhadap produk-produknya dengan tidak mengurangi keuntungan yang ingin dicapai terhadap suatu produk.

Ketiga hal diatas dapat dipertimbangkan jauh sebelum produk di buat. Dengan manajemen produk yang baik, maka terdapat kualitas produk yang baik dan dapat membuat pelanggan merasa puas dan akan melakukan repeat order. Maka dari itu, maka perusahaan dan team manajemen produk diharuskan untuk dapat meningkatkan secara terus menerus kemampuan produksinya dalam menghasilkan produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan.

Sumber : https://www.kompasiana.com/hadi_santa/kualitas-produk-vs-kepuasan-pelanggan_55008503a333115b73511120