Hal apa yang menginspirasi dari Hendy Setiono?


Hendy Setiono adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang bergerak di bidang kuliner. Ia merupakan Founder & CEO dari Kebab Turki Baba Rafi, sebuah jaringan waralaba kebab terbesar di dunia yang berdiri tahun 2003.

Hal apa yang menginspirasi dari Hendy Setiono ?

Bisnis Kebab pertama dengan modal 4 juta rupiah yang saya pinjam dari adik perempuan. Hendy mulai melakukan eksperimen untuk resep kebab agar rasanya sesuai dengan lidah orang Indonesia dan mengubah ukuran roti taboon menjadi lebih kecil agar lebih mudah dikonsumsi. Dengan tekad yang besar, Hendy meninggalkan bangku kuliah pada semester 4 demi mengembangkan bisnis kebab ini lebih jauh lagi. Walau mendapat banyak kritik dan tentangan dari orang tua saya, namun saya tetap teguh untuk mengambil keputusan ini.

Kesuksesan demi kesuksesan mulai muncul sebagai hasil kerja keras Hendy selama bertahun-tahun tanpa mengenal lelah dalam membangun bisnis ini. Puncaknya pada tahun 2009 Hendy mendapatkan penghargaan “Special Award Enterpreneurial Spirit 2009 - Ernst&Young Entrepreneur of The Year” – oleh Ernst & Young dan diliput oleh channel televisi Singapore, CNA. Banyak penghargaan yang diberikan kepada saya dan Brand Kebab Turki Baba Rafi hingga saat ini, Hendy terus bekerja keras dan berinovasi tanpa henti demi mencapai kesuksesan yang lebih tinggi lagi.

Beruntungnya Hendy di tahun 2019. Hendy dapat melanjutkan studi bidang Entrepreneurship di Harvard Business School program Scaling Enterpreneurial Ventures dan mendapat beasiswa dari Endeavour Global bersama dengan beberapa entrepreneur dunia yang lain di salah satu universitas terbaik di dunia

Bisnis Kebab Turki Baba Rafi yang Hendy bangun terus berekspansi hingga dapat membuka berbagai cabang internasional. Bisnis Baba Rafi masih akan terus berekspansi ke negara-negara lain dikemudian hari. Kini Kebab Turki Baba Rafi yang saya mulai dari sebuah gerobak kecil dengan hanya 1 karyawan telah memiliki lebih dari 1300 cabang di 10 negara di dunia.

Seiring berkembangnya bisnis yang Hendy miliki, Hendy mendirikan Baba Rafi Enterprise sebagai grup bisnis yang telah mebawahi lebih dari 10 bisnis berbeda. Lini bisnis Baba Rafi Enterprise bergerak di berbagai bidang baik makanan, kecantikan, investasi dan lifestyle, dengan nama brand : Kebab Turki Baba Rafi, Container Kebab, Ngikan, Cakekinian, Foresthree Coffee, Bakpia Kukus Tugu Jogja cabang Colombo, Waroeng Mee, Drinkinian, Tambak Udang Vaname, Aura Dermatology, Fatih, Jubetor, Ninos, Tokkebi’s Snack dan Hot Pangsit Nyonyor.

Selain berbisnis, Hendy juga aktif menjadi pembicara di seminar- seminar baik di sekolah ataupun universitas Nasional dan Internasional. Hendy juga merupakan salah satu panelis forum Internasional di “St. Gallen Symposium 2010 – Switzerland” dan berbagai forum internasional lainnya di negara Singapore, Amerika, Rusia, Dubai, Korea, Jepang, Malaysia, Srilanka, New Zealand, Filipina, Turki, Taiwan, dll.

Hendy suka melakukan kegiatan sosial untuk bisa membantu sesama, hal ini telah lama Hendy lakukan melalui CSR yang dijalankan oleh Brand Kebab Turki Baba Rafi. Untuk menciptakan dampak kebaikan yang lebih besar lagi, saya mendirikan Hendy Setiono Foundation sebagai wadah untuk berbagi tanpa mengenal batasan. Hendy Setiono Foundation launching di bulan Ramadhan 2019 bersamaan dengan penyerahan wakaf tanah masjid kepada rumah zakat.

Ringkasan

My Story - Hendy Setiono