Hal apa yang harus kita lakukan untuk memotivasi diri kita ketika kita sudah akan menyerah pada sesuatu hal?


(Dictio Community) #1

“There is no failure except in no longer trying.” Elbert Hubbard

“Success is not final, failure is not fatal: It is the courage to continue that counts.” Winston Churchill (1874-1965)

“I am a slow walker, but I never walk back.” Abraham Lincoln (1809-1865)

Apa yang harus dilakukan ketika kita kita akan menyerah dalam suatu kondisi?


(Rendra Pranadipa) #2

Menurut saya, ketika berada didalam situasi seperti ini, ada baiknya berhenti sejenak untuk merenung dan menata kembali hal apa saja yg akan kita capai di masa depan. Setelah itu mengumpulkan seluruh tenaga untuk bergerak maju meraih cita-cita yang telah dibangun :smile:.


(Rendra Pranadipa) #3

This topic is now a banner. It will appear at the top of every page until it is dismissed by the user.


(Rendra Pranadipa) #4

This topic is no longer a banner. It will no longer appear at the top of every page.


(Saintia) #5

Kegagalan bisa saja menjadi suatu permasalahan yang besar bagi setiap individu. Hal ini hanya berlaku bagi orang-orang yang berhenti mencoba dan menyerah. Seperti yang pernah dikatakan oleh Albert Einstein, "you never fail until you stop trying". Maksudnya adalah seseorang akan benar-benar gagal ketika ia berhenti mencoba.

Ketika anda mengalami suatu kegagalan, cobalah untuk tidak menyerah akan hal tersebut. Jadikan suatu kegagalan adalah cermin bagi anda untuk menjadi atau menghasilkan sesuatu yang lebih baik lagi di masa yang akan datang. Setiap pilihan akan menentukan kemana hidup anda. Jika anda memilih untuk menyerah, maka anda telah menjadi seorang yang benar-benar gagal.

Jika anda pernah merasa untuk ingin menyerah terhadap sesuatu, anda dapat melakukan beberapa hal untuk menghindari sikap tersebut, seperti:

  • Motivasi diri anda
    Cara ini akan membantu anda melewati masa-masa sulit anda. Motivasi diri anda terhadap hal-hal kecil. Sebagai contoh cobalah untuk mengingat kembali impian yang ingin anda wujudkan, dan cobalah untuk merenung, apa yang akan terjadi ketika anda menyerah sekarang. Percayalah bahwa setiap usaha yang anda lakukan, pasti terdapat imbalan yang pantas.
    “All great achievements require time.” - Maya Angelou

  • Hindari kebiasaan yang kurang baik
    Anda mungkin secara tidak sadar menganggap remeh diri anda sendiri. Ketika anda mengalami kegagalan, hal yang paling sering muncul di kepala adalah bagaimana dan apa yang akan terjadi pada masa depan anda. Kecenderungan tersebut akan lebih condong terhadap pandangan masa depan yang buruk. Hindari sifat seperti ini karena hal-hal seperti ini hanya akan membuat anda semakin takut untuk mencoba kembali untuk memperbaiki kegagalan anda. Percayalah bahwa takdir memang tidak dapat anda rubah, namun nasib dapat anda perbaiki.
    “If you start by promising what you don’t even have yet, you’ll lose your desire to work towards getting it.” - Paulo Coelho

  • Pahami filosofi hidup anda
    Setiap individu di dunia ini pasti memiliki filosofi hidupnya masing-masing. Setiap orang yang sukses pasti memiliki filosofi hidup untuk menjadi sukses. Jika anda tidak melakukan apapun, maka anda tidak akan mendapatkan hasil apapun. Jika anda menyerah, anda tidak akan mencapai apapun. Cobalah untuk memahami kembali untuk apa anda menyerah jika anda menginginkan kesuksesan dalam hidup anda?
    "The only way to achieve the impossible is to believe it is possible" - Alice Kingsleigh in the movie 'Alice Through The Looking Glass’