Hal apa yang akan menjadi tren di dunia Internet setelah search engine dan social network?


(Saintia) #1

Search engine telah menjadi alat utama dalam dunia internet saat ini.
Social network menjadi “kebutuhan” utama dalam dunia internet.
Setelah kedua hal tersebut, hal apa yang mungkin menjadi tren di masa yang akan datang, sehingga hal itu menjadi “kebutuhan” utama dalam dunia internet?


(Saintia) #2

Hal yang paling utama dari sebuah aplikasi dari online (media sosial, game, blog) hingga offline (game, aplikasi editing, dll) secara umumnya adalah personalisasi yaitu dimana keadaan aplikasi yang kita miliki cocok dengan setting yang sesuai kehendak pribadi.

Bayangan kecilnya adalah mesin pencarian dan news feed media sosial yang kita pakai. Aplikasi yang memiliki sistem personalisasinya sendiri akan menjadi tren masa depan.

Mesin Pencarian
Di era informasi yang serba cepat seperti ini, informasi bisa datang dari sumber mana saja dan mustahil bagi kita untuk memahami semua informasi dari tiap-tiap sumber tersebut.
Solusinya adalah Artificial Intellegence (kepintaran buatan) yang bisa memberikan data informasi yang kita inginkan sesuai dengan relevansi informasi yang kita hendaki.
Sebagai contoh, kita ingin mencari informasi tentang perkembangan Virtual Reality lewat Google, akan tetapi hasil pencarian yang didapatkan terlalu banyak dan tidak sesuai relevansi yang kita inginkan. Maka dari itu, dengan AI yang kita setting sedemikian rupa, kita akan mendapatkan hasil pencarian yang sesuai dengan keinginan kita.

Media Sosial
Gambar, status bahkan video yang terdapat pada timeline news feed media sosial kita adalah hasil posting dari teman-teman atau orang yang kita ikuti perkembangan kabarnya (Facebook, Instagram dan Twitter).
Tapi banyak pula dari postingan teman-teman kita yang sayangnya terkadang memicu konflik atau tidak ingin kita lihat.
Tentu masalah seperti ini memiliki solusi yang sama dengan isu diatas, yaitu pengaturan AI sesuai dengan keinginan kita, dengan AI ini, semua posting yang tampil di timeline news feed media sosial kita akan ter filter sesuai dengan apa yang ingin kita lihat.
Contohnya, news feed kita dipenuhi dengan tren politik negara dengan suporter dari kedua sisi yang berbeda sedangkan kita tidak tertarik dengan hal-hal yang berbau politik. Cukup dengan mengatur AI untuk mem filter posting politik, maka news feed kita akan bersih dan hanya menampilkan kabar sesuai dengan keinginan kita.

Facebook dan Google sudah membuat sistematika semacam ini hingga mengaplikasikannya ke produk mereka.

Dengan perlahan, kedua raksasa internet ini akan sekali lagi menguasai tren dunia internet.