Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam mengetahui Kebutuhan Pengguna?

Seberapapun bagus produk yang diciptakan, fakta yang sederhana mengatakan bahwa “Tak seorangpun akan membelinya jika mereka tidak merasa membutuhkannya, Celakanya, penjual tidak bisa membujuk siapapun untuk membeli produk atau layanan yang ditawarkan kecuali jika telah memahami secara jelas apa saja yang sebenarnya pengguna butuhkan”.

Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam membuat produk untuk mengetahui Kebutuhan Pengguna?

Mengetahui dan memahami kebutuhan pengguna adalah inti dari setiap produk yang sukses. Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sehingga informasi tersebut dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan strategi penjualan yang lebih efektif.

  1. Siapa mereka?
    Jika menjual langsung produk kepada pengguna, cari tahu tentang jenis kelamin, usia, dan pekerjaan mereka. Jika menjual ke perusahaan/corporate, cari tahu tentang jenis industri mereka, lokasi, wilayah operasional, dan jenis bisnis mereka. Misalnya, apakah mereka perusahaan swasta kecil atau multinasional besar? Dengan mengetahui hal ini, dapat dengan mudah mengidentifikasi bisnis serupa yang mungkin dapat ditargetkan.

  2. Apa yang mereka lakukan?
    Jika menjual langsung kepada perorangan/individu, ada baiknya mengetahui pekerjaan dan kepentingan mereka. Jika menjual ke perusahaan/corporate, ada baiknya untuk memiliki pemahaman tentang apa yang ingin dicapai oleh bisnis mereka.

  3. Mengapa mereka membeli?
    Jika mengetahui mengapa pengguna membeli produknya, maka akan lebih mudah untuk menyesuaikan kebutuhan mereka dengan konsep penawaran yang akan diberikan.

  4. Mengapa mereka membeli?
    Jika mendekati pengguna tepat pada saat mereka ingin membeli, maka akan meningkatkan kesempatan untuk sukses secara besar-besaran. Dengan demikian, mengetahui kapan mereka membutuhkan produk tersebut menjadi sangat penting.

  5. Bagaimana mereka membeli?
    Terdapat beberapa pengguna yang lebih nyaman untuk membeli secara online atau bertemu tatap muka langsung.

  6. Berapa banyak uang yang mereka miliki?
    Akan lebih berhasil jika dapat menyesuaikan apa yang di tawarkan dengan kemampuan finansial penguna.

  7. Apa yang membuat mereka merasa nyaman?
    Jika telah mengetahui apa yang membuat pengguna tergerak untuk membeli, maka dapat melayani pengguna dengan yang mereka inginkan.