Hal apa saja yang perlu diperhatikan dalam identifikasi risiko dengan pendekatan 'best practice'?

manajemen_risiko
identifikasi_risiko

(Gina Ana) #1

Pendekatan best practice menjadi salah satu pilihan dalam mengidentifikasi risiko. Apa saja hal-hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan pendekatan ini?


(Hanifa Dantya Kurniasari) #2

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam identifikasi risiko dengan pendekatan best practice adalah dengan Condition-If-Then. Protokol ini didesain untuk dapat diaplikasikan pada proses manajemen risiko di hampir semua lingkungan. Protokol ini melihat sebuah risiko berdasarkan sifatnya yaitu probabilistik dan jika terjadi akan ada konsekuensi yang tidak diinginkan

Condition mengacu pada apa yang diketahui saat ini. Condition adalah akar permasalahan dari aktivitas identifikasi masalah. Maka dari itu, Condition adalah peristiwa yang telah terjadi, yang sedang terjadi dan yang pasti akan terjadi. Risk event adalah kejadian di masa yang akan datang yang mungkin terjadi karena condition saat ini.

If adalah risk event yang berhubungan dengan condition saat ini. Penting untuk mengenali if dan condition sebagai satu kesatuan. Ketika diperiksa secara bersama-sama, mungkin ada cara-cara untuk secara langsung mengintervensi atau memperbaiki akar permasalahan yang mendasari kejadian risiko (condition) sehingga konsekuensi dari kejadian ini jika terjadi maka tidak mengancam proyek.

Then adalah konsekuensi, atau sekumpulan konsekuensi yang berdampak pada proyek sistem jika risk event terjadi.

Sumber