Hal apa saja yang membuat performa anis kembang lebih baik ?

burung

(Aditya Reza Firdaus) #1

burung anis kembang

Hal apa saja yang membuat performa burung anis kembang lebih baik ?


(amrta ageng subarkah) #2

1. Pemberian voer pada anis kembang

Pemberian pakan kering / voer pada burung kicauan, termasuk anis kembang, sebenarnya tak harus terpaku pada merek-merek mahal, merek-merek terkenal, dan sejenisnya.

Yang harus dijadikan patokan, apakah voer tersebut cocok diberikan kepada anis kembang. Apabila cocok, maka kotorannya akan berbentuk kecil-kecil tapi padat, dan tidak bercampur air.

Dalam beberapa kasus, voer mahal belum tentu cocok dengan pencernaan dan metabolisme burung yang Anda miliki. Akibatnya, kotorannya “becek” dan terkadang disertai bau / aroma yang sangat tajam.

2. Pemberian extra fooding (EF)

Extra fooding (EF) yang biasa diberikan kepada anis kembang adalah serangga, cacing tanah, dan buah-buahan. Untuk konsumsi standar, berikut ini pengaturannya:

  • Porsi jangkrik cukup 2-3 ekor pagi hari, dan 1-2 ekor sore hari.
  • Kroto bersih diberikan 2-3 hari sekali. Untuk burung bahan bisa diberikan setiap hari pada waktu pengembunan.
  • Cacing tanah cukup 2-3 kali seminggu. Untuk burung bahan juga bisa diberikan setiap hari, pada waktu pengembunan.
  • Buah-buahan bisa diberikan setiap hari, dengan jenis buah yang dibuat selang-seling agar lebih bervariasi.

3. Mandi setiap hari, hindari metode semprot

Mandi pada anis kembang diusahakan rutin setiap hari. Jika belum terbiasa, silakan latih anis kembang Anda untuk mandi dalam karamba mandi. Jangan dibiasakan burung mandi dengan cara disemprot menggunakan sprayer.

Nanti akan terlihat, jika burung dalam kondisi cukup baik, dia senang bermain-main dengan air. Anis kembang yang menyukai air mudah terangsang birahinya, sehingga bisa membuatnya rajin berkicau. Selain itu juga bisa mempengaruhi emosinya saat burung dalam proses perjodohan.

sumber : www.omkicau.com