Hal apa saja yang dipertimbangkan untuk membeli laptop?


(Asmi Afdilla) #1

Seperti yang kita ketahui saat ini, gadget yang tersedia saat ini sangatlah bermacam-macam baik jenis, merek, dan kegunaannya. Apabila kita memiliki budget tinggi, tentu saja kita tidak perlu terlalu memikirkan banyak aspek untuk memembeli laptop. Namun apabila kita apabila hanya memiliki budget rendah maupun sedang. Hal apa saja yang yang harus kita perhatikan agar kita dapat membeli laptop sesuai target?


(Dienabillah Gita Fitri) #2

Kebutuhan masing-masing orang berbeda beda sehingga apabila ingin membeli laptop, yang perlu dipertimbangkan yang pertama adalah budget, kemudian yang kedua adalah kebutuhan. Misalnya saja seseorang dari jurusan komputer dan jurusan kedokteran kebutuhan spesifikasi komputer sudah sangat berbeda. Jurusan komputer membutuhkan spesifikasi yang sedikit lebih tinggi daripada kebutuhan komputer jurusan kedokteran. Kemudian yang ketiga adalah merk dan tipe.Seseorang bisa membeli laptop sesuai dengan tipe apa yang mereka sukai yang tentunya budget dan spesifikasi disesuaikan dengan kondisi. Kemudian yang terakhir pemilihan warna, model dan bentuk(opsional) bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu penting tapi untuk beberapa orang mungkin menjadi bahan pertimbangan dalam pembelian laptop


(Julia ferlin) #3

Laptop mungkin menjadi salah satu benda yang akrab dengan kehidupan kita sehari-hari. Walaupun kehadiran Tablet PC membuat beberapa fungsi Laptop seperti hiburan di alihkan ke Tablet PC, namun untuk perkerjaan. Laptop tidak tergantikan. Kita setuju bahwa setiap orang memiliki kepentingan masing-masing.Baik untuk berbisnis, belajar, atau main game. Setiap laptop dibuat dalam spesifikasi yang di alokasikan pada masing masing kebutuhan. Seperti ROG(Republic Of Gamers) laptop yang di khususkan untuk Gamers. Bukan berarti mereka yang bukan gamers tidak dapat memakai laptop ini, melainkan pengalokasiannya saja yang kurang tepat sasaran. Dari hal itulah kita harus bijak dalam menentukan fungsi laptop itu sendiri dalam kehidupan kita.
Adapun beberapa hal secara umum yang dapat kita pertimbangkan sebelum membeli laptop yang saya kutip dari http://harganotbuk.blogspot.co.id/2015/02/10-tips-membeli-laptop-baru-yang-perlu.html

  1. Spesifikasi

Spesifikasi merupakan komponen-komponen perangkat keras yang digunakan untuk membuat sebuah laptop. setiap laptop memiliki spesifikasi yang berbeda-beda karena perbedaan merek dan model yang ditawrkan. spesifikasi laptop terutama pada bagian yang tidak terlihat merupakan panduan membeli laptop yang penting anda lakukan supaya mengetahui isi dari sebuah notebook. Spesifikasi yang perlu diperhatikan adalah :

Prosesor : pehatikan speed dan merek prosesor
Memori (RAM) : besarnya kapasitas dari RAM
VGA : besarnya memori VGA dan
Hardisk : besarnya kapasitas penyimpanan HDD
Koneksi : fitur wirelles ataupun bluetooth
Baterai : daya tahan dan ketahanan

  1. Budget (alokasi dana)
    Alokasi dana atau budget untuk membeli laptop sangatlah penting. harga akan menentukan merek ataupun model laptop yang akan anda beli. harga sebuah laptop berbanding lurus dengan sepesifikasi laptop, jadi semakin tinggi harga laptop maka semakin tinggi pula sepesifikasi dan fitur yang ditawarkan.
  1. Fungsi akan kebutuhan laptop
    Tentukan dahulu fungsi dari laptop yang akan anda beli. Apakah laptop akan digunakan untuk keperluan tertentu saja seperti bermain game, sekedar mengetik, edit gambar, atau semua keperluan anda.
    Pekerjaan / Tugas Sekolah : Apabila anda karyawan, pebisnis atau pelajar yang lebih banyak melakukan menulis atau edit teks, membuat tabel anda memerlukan laptop dengan kinerja yang tidak terlalu berat namun dengan ukuran yang nyaman dimata. Laptop 14" merupakan ukuran yang sesuai.
    Game : Laptop untuk game memiliki spek yang lebih tinggi dibandingkan laptop untuk sekedar edit teks. Prosesor i7, kartu grafis yang kuat, serta memori yang besar merupakan syarat utama.
    Kegiatan Kreatif : Edit foto, film, gambar, ilustrasi memerlupak laptop dengan spek ukuran layar yang besar, resolusi yang tinggi, serta prosesor dengan kecepatan tinggi.
  1. ukuran layar
    Tentukan ukuran layar yang ingin anda gunakan. Petunjuk membeli laptop yang tidak dapat anda abaikan, akrena salah memilh ukuran akan membuat anda tidak nyamanketika menggunakannya.

11" - 13": Apabila kegiatan anda banyak berpindah-pindah selama menggunakan laptop, layar yang kecil antara 11" - 13" merupakan pilihan yang tepat. laptop layar kecil memiliki bobot yang ringan dan tidak membaut anda cepat letih ketika menjinjingnya.
13" - 14" : Ukuran layar yang nyaman untuk digunakan segala keperluan, esrta bobot yagn tidak terlalu berat pula.
15" : Pilihan layar yang terbilang cocok untuk digunakan untuk bermain game, edit foto atau video dan juga tidak merepotkan ketika digunakan untuk edit teks. Hanya saja ukuran yang terlalu tanggung untuk semua keperluan diatas.
17" : Laptop ukuran besar yang sering digunakan untuk bermain game dan edit foto, video, gambar sepeti kegiatan kreatif. Yang pasti tidak akan nyaman untuk dibawa berpindah-pindah tempat karena dimensinya yang besar dan bobot yang berat.

  1. Jarak Antara Tombol Keyboard.
    Mengetik merupakan kegiatan utama ketika menggunakan laptop. Faktor desain dari keyboard menentukan kenyamanan anda ketika mengetik diatasnya. Lihat seberapa besar ukuran jari anda dan juga seberapa jauh jarak antara tombol keyboard dari laptop yang akan anda beli. Coba letakkan jari anda diatas keyboard seperti ketika anda mengetik tulisan.
  1. Touchpad.
    Panduan memilih laptop yang seringkali diabaikan oleh calon konsumen. Laptop secara default tidak menggunakan mouse sebagai alat penggerak mouse, namun menggunakan touchpad. Desain dan cara mengoperasikan touchpad pada setiap laptop adakalanya berbeda.Pilihlah touchpad yag nyaman untuk anda gunakan.
  1. Hibrid atau Tradisional Laptop.
    Sejak keluarnya OS Windows 8, laptop memiliki bentuk yang dapat dirubah-rubah. Dari yang semula berbentuk laptop biasa, direntangkan hingga 180°, hingga dilepasnya keyboard dan layar seperti menjadi seperti tablet. Pedoman membeli laptop dengan memilih jenis hibrid membuat anda harus mengeluarkan uang yang sangat besar dibandingkan dengan laptop tradisional.
  1. Masa Hidup Baterai.
    Laptop didesain untuk dapat digunakan untuk berpindah-pindah tempat. Namun menjadi masalah ketika sumber listrik tidak mudah ditemukan disuatu tempat dan daya tahan baterai untuk mensuplai energi menjadi kekuatan utama. Saat ini sudah banyak laptop dengan daya tahan atau masa hidup bateri yang sangat panjang. Umumnya baerai laptop tradisional hanya mampu memberi energi listrik selama 2 hingga 3 jam tergantung program yang dijalankan. Namun laptop model sekarang seperti ThinkPad X240 mampu memberi energi listrik dari 10 hingga 20 jam.
  1. Merek.
    Pilihlah merek yang sudah diketahui kinerja, performanya, ketahanan dan kemudahan dalam memperoleh suku cadang karena sebagus-bagusnya laptop pasti ada masa dimana ada komponen yang harus di ganti atau hanya sekedar diperbaiki. Cari masukan dari forum-forum yang bertebaran di internet. Tanya juga dari teman, atau rekan yang telah menggunakan laptop merek tertentu.
  1. Sistem Operasi.
    Sistem operasi menetukan kenyamanan ketika anda menggunakan laptop. Selain itu kecepatan sebuah laptop juga ditentukan oleh OS yang digunakan. SEsuaikan spesifikasi laptop dengan OS yang disarankan.

Cukup sekian tips membeli laptop baru, gunakanlah pilihan untuk menentukan sesuatu yang bijak yang sesuai dengan yang kita butuhkan dengan menyingkirkan emosi dan perasaan ingin memiliki lebih dari yang sesui dengan diri kita.


(Gede Dandy Salodivansa Barani) #4

Dengan munculnya berbagai inovasi dan kreativitas dari beberapa orang di
dunia, membuat laptop semakin canggih. Dengan munculnya fitur yang
tidak hanya ada di smartphone, yaitu touchscreen, sekarang sudah kalian
nikmati di dalam perangkat laptop atau notebook kalian. Sehingga
banyaknya model dari laptop itu sendiri membuatnya tidak seperti laptop
konvensional. Untuk itu memilih laptop terbaik sesuai dengan fungsi yang
kalian butuhkan adalah pilihan yang tepat. Namun tentunya hal tersebut
juga dipengaruhi oleh modal. Untuk itu utamakan
memilih laptop yang anda butuhkan, bukan yang anda inginkan. Untuk lebih
jelasnya, langsung saja :

1.Spesifikasi dan Kualitas

Nah yag pertama yang perlu diperhatikan adalah spesifikasi dari laptop
itu sendiri. Hal ini sangat penting karena spesifikasi laptop artinya
isi dan komposisi dari laptop itu sendiri. Jika spesifikasi baik, maka
laptop itu pula akan dapat bekerja dengan baik. Nah berikut adalah
beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam hal spesifikasi :
Prosessor
Prosessor adalah otak komputer atau laptop yang
mengontrol seluruh jalannya sebuah sistem komputer. Nah tentunya hal
pemilihan prosessor juga sangat penting, mengingat prosessor adalah
bagian utama dari laptop tersebut.Memori
Memori disini juga berperan penting dalam menyimpan dan
membaca berbagai arus data yang ada dalam laptop ketika laptop
dijalankan. Nah jika memori yang ada dalam laptop tersebut tidak
memenuhi kriteria yang kalian butuhkan maka pilihlah laptop yang
menyediakan memori yang sesuai dengan pekerjaan, atau kebutuhan kalian.Harddisk
Harddisk ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan data
atau file secara permanen. Nah jika kalian membutuhkan banyak space
untuk menyimpan berbagai project pekerjaan, sebaiknya pilihlah laptop
dengan ukurang harddisk yang besar, atau juga bisa jika kurang, kalian
bisa membeli harddisk eksternal.Koneksi
Nah koneksi juga sangat berperan penting dalam mengatasi
masalah. Karena jika saat kita mengerjakan tugas pastinya kita juga akan
mencari berbagai sumber informasi lewat internet. Untuk itu laptop
kalian harus dapat terkoneksi ke internet.Baterai
Tak lupa, kalian juga harus memperhatikan sejauh mana
baterai laptop kalian dapat bertahan. Karena jika kalian sedang
mengerjakan tugas diluar ruangan tentunya sebuah laptop akan menemani
kalian dan laptop tersebut harus dapat bertahan lama tanpa di charge.

2.Faktor Utama (Duit)

Nah, jika spesifikasi laptop yang akan kalian beli sudah terbayang di
benak kalian. Faktor yang selanjutnya harus diperhatikan adalah budget.
Nah sebelum memikirkan spesifikasi laptop yang seperti apa dan
bagaimana, ha pertama kali yang perlu diperkirakan adalah, kalian
memiliki uang berapa dan ingin mengeluarkan budget berapa. Nah, jika
budget yang akan dikeluarkan sudah ditetukan, barulah kalian dapat
memilih laptop yang kalian inginkan, tentunya dengan spesifikasi yang
sesuai dengan budget yang kalian miliki. Tentunya harga tersebut menjadi
patokan bagi kalian. Jika dirasa spesifikasinya sangat pas dengan yang
kalian inginkan, namun budget tidak terpenuhi, atau diluar batas dari
budget yang ingin kalian keluarkan, maka beralihlah ke produk lain yang
dirasa memenuhi kriteria kalian, tidak begitu pas juga tidak apa - apa.
Atau jika masih ngebet, menabung dapat menjadi solusi yang pas bagi
kalian.

3.Fungsi

Hal yang perlu diperhatikan dalam membeli sebuah laptop selanjutnya
adalah fungsi. Fungsi yang dimaksud adalah, kegunaan dari laptop
tersebut setelah dibeli. Untuk apa laptop tersebut dibeli, untuk
pekerjaan kah, untuk bermain game kah, untuk mendesign kah, atau untuk
hiburan. Nah hal - hal tersebut harus diperhatikan sebelum kalian
membeli sebuah laptop.
Pekerjaan /Tugas
Nah bagi yang membeli laptop untuk membantu
pekerjaan kalian agar lebih ringan atau mengerjakan tugas agar lebih
mudah, biasanya laptop tersebut digunakan untuk edit teks atau dokumen.
Berarti kalian membutuhkan laptop dengan kinerja yang tidak terlalu
berat namun harus nyaman di mata. Karena kalian akan menghabiskan banyak
waktu di depan komputer untuk menyelesaikan pekerjaan dan tugas kalian
dengan sagat fokus. Gamer
Nah untuk seorang gamer tentunya membutuhkan spesifikasi
laptop yang lebih tinggi dibanding dengan laptop yang digunakan untuk
mngedit teks saja. Biasanya seorang gamer akan memilih sebuah laptop
dengan prosessor tinggi misal cor i7, kartu grafis yang kuat , serta
ruang penyimpanan yang besar sebagai tempat penyimpanan data game
tersebut.Industri Kreatif
Bagi kalian yang berkecimpung di dunia
kreatifitas, tentunya membutuhkan laptop yang berspesifikasi tinggi
pula. Mengingat pekerjaan yang berada di dunia kreatif tentunya kalian
harus memiliki laptop yang memiliki prosessor dengan kecepatan tinggi,
resolusi yang tinggi, serta layar yang berukuran besar. Dengan begitu,
kalian akan dapat berkreasi dengan nyaman dan leluasa.

4.Ukuran Layar

Memilih ukuran layar juga sangat penting untuk kelangsungan kalian dalam
menggunakan laptop tersebut. Karena ukuran layar dari sebuah laptop
akan mempengaruhi nyaman atau tidaknya pengguna dalam menggunakan laptop
tersebut. Untuk itu, memilih ukuran layar yang benar dapat membuat
kalian merasa nyaman ketika terus berpandangan dengan laptop kalian . Misalnya
jika kalian sereing berpindah - pindah atau pergi keluar kalian bisa
menggunakan laptop berukuran 11 - 13 inch, karena tidak terlalu berat
dan mudah saat dibawa. Selain itu ukuran 13 - 14 inch, mungkin bisa
menjadi pilihan yang pas karea tidak terlalu berat dan nyaman digunakan.
Untuk layar 15 inch, biasanya sangat cocok digunakan bagi kalian yang
suka main game atau yang menyebut dirinya gamer. Dengan layar yang
berukuran agak luas tersebut membuat pandangan kalian saat bermain game
juga lebih luas dan nyaman. Nah ini nih 17 inch, jika kalian suka main
game sekaligus juga jika kalian suka berkecimpung di dunia kreatifitas,
seperti edit foto, edit video, ilustration atau juga design, mungkin
layar laptop yang lebih lebar dapat membuat kalian lebih merasa nyaman.

5.Touchpad

Memilih touchpad juga merupakan hal penting. Karena pada asarnya
design touchpad setiap merek laptop juga berbeda beda. Dan secara
default, laptop dijalankan menggunakan touchpad bukan mouse. Nah untuk
itu memilih touchpad yang baik adalah juga termasuk hal penting karena
akan mempangaruhi kenyamanan kalian dalam menggunakan laptop tersebut.

6.Jarak Antar Tombol Keyboard

Faktor lain yang perlu diperhatikan dalam membeli laptop adalah desain
keyboard dari laptop tersebut. Karena biasanya banyak kegiatan mengetik
yang akan kalian lakukan, tentunya hal ini juga penting untuk
dipertimbangkan. Karena untuk mengetik secara leluasa diperlukan
kenyamanan. Nah disini peran jarak antar tombol keyboard dapat
menentukan kenyamanan kalian dalam mengetik teks. So, perhatikan pula
desain keyboardnya sebelum membeli sebuah laptop.

7.Merek /Brand

Nah biasanya hal ini juga sangat mempengaruhi ya, karena perlu adanya
kepercayaan sebelum membeli sebuah laptop. Untuk itu belilah laptop dari
brand atau merek yang sudah diketahui kinerja dan performanya agar
terhindar dari laptop merek abal - abal.