Hal apa saja yang dibutuhkan Lazada sehingga memiliki perbedaan dengan kompetitor lain dalam memahami para customernya ?

Lazada.co.id merupakan bagian dari Lazada Group yang menjadi tujuan belanja online nomor satu di Asia Tenggara. Lazada Group beroperasi di Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand dan Vietnam. Menjadi pionir di bidang e-commerce, Lazada menghadirkan layanan berbelanja yang mudah bagi konsumen dan akses langsung pada database konsumen terbesar di Asia Tenggara.
Hal apa saja yang dibutuhkan Lazada sebagai e-commerce yang memiliki banyak kompetitor, sehingga memiliki beberapa perbedaan dengan kompetitor lain dalam memahami para customernya untuk tetap belanja di Lazada?

Mobilitas manusia yang tinggi menuntut dunia perdagangan mampu menyediakan layanan jasa dan barang dengan cepat sesuai permintaan konsumen. Untuk mengatasi masalah tersebut, kini muncul transaksi yang menggunakan media internet untuk menghubungkan produsen dan konsumen. Transaksi bisnis melalui internet lebih dikenal dengan nama e-business dan e-commerce. Melalui e-commerce, seluruh manusia di muka bumi memiliki kesempatan dan peluang yang sama untuk bersaing dan berhasil berbisnis di dunia maya.

Industri e-commerce di Indonesia semakin berkembang. Hadirnya pemain baru baik lokal maupun global meramaikan peta persaingan e-commerce di Tanah Air. Lazada bagian Alibaba juga gencar melakukan penetrasi di Indonesia. Lazada Group adalah salah satu e-commerce yang bergerak di ranah marketplace business to consumer (B2C). Situsnya sendiri awalnya diluncurkan, diinkubasi, dan mendapat pendanaan dari Rocket Internet. Lazada.co.id The Fastest Growing e-Commerce in Indonesia merupakan Keberhasilan sistem perdagangan online (e-commerce) di Indonesia tidak lepas dari antusiasme masyarakat Indonesia yang mendambakan sebuah kepraktisan dalam berbelanja. Lazada.co.id adalah salah satu toko online terbaik tanah air yang hadir dengan konsep produk yang lengkap dan kemudahan belanja online.Dalam kurun waktu satu tahun, Lazada.co.id kini telah menjadi toko online terbesar di Indoneia. Wajar bila banyak yang menjuluki Lazada.co.id sebagai “The Fastest Growing e-commerce in Indonesia”,

Melihat O20 (online to Offline) sebagai peluang kebutuhan pengguna
Salah satu yang dipercaya masih menjadi formula yang cocok di ranah e-commerce tanah air adalah layanan Online-to-Offline (O2O). Sederhananya, ini merupakan layanan bagi pembeli untuk membeli barang secara online, lalu setelahnya datang ke pusat perbelanjaan dan mengambil sendiri barangnya. Beberapa perusahaan seperti Trikomsel dan MatahariMall berencana menggunakan strategi ini, sebagai strategi pembeda dari kompetitor. Maguns sebagai CEO Lazada pun percaya bila strategi O2O Lazada saling memperkuat satu dan lainnya, dalam artian bila pembeli kerap melihat beragam item dari merek kesukaan mereka di situs, mereka akan merasa lebih senang lagi ketika berbelanja langsung.

  • Bebas Ongkos Kirim
    Ongkos kirim terkadang menjadi sesuatu yang menakutkan untuk berbelanja online karena cukup mahal untuk barang yang ukurannya besar. Namun Lazada memberikan kemudahan bagi para pelanggannya dengan menggratiskan ongkos kirim ke lebih dari 100 kota di Indonesia dan tentunya ini cukup bagus untuk perkembangan lazada kedepan karena pasti konsumen memilih yang ongkos kirim gratis.

  • Beraneka Ragam Produk Tersedia
    Jika kita pergi kesuatu toko yang menjual sedikit jenis barang tentu akan membuat kita berfikir kalau ditoko tersebut kurang bagus untuk melakukan pembelanjaan lawong barangnya saja cuma sedikit. Nah di Lazada terdapat banyak sekali barang dan beraneka ragam walaupun masih didominasi oleh produk elektronik. Barang selain eletronik juga tersedia peralatan rumah tangga, perlengkapan bayi, mainan, alat musik, alat olahraga, buku, tas, alat kecantikan dan lain-lain. Jadi kita bisa langsung belanja banyak produk di lazada.

  • Banyak Diskon Menarik Yang Di Tawarkan
    Diskon merupakan salah satu hal yang sangat diinginkan oleh konsumen karena konsumen dapat menghemat uang. Lazada beberapa hari terakhir ini seringkali memberikan diskon kepada pelanggannya ada yang dikisaran dibawah 10% hingga diskon diatas 30 persen untuk beberapa produk tertentu.

Strategi yang diterapkan Lazada untuk bersaing dengan kompetitor lain
Selain berinvestasi dalam logistik, Lazada juga memiliki pilihan pembayaran Cash-on-delivery (COD) atau bayar di tempat yang masih menjadi pilihan favorit masyarakat Indonesia; dan free-shipping atau gratis ongkos kirim untuk seluruh wilayah di Indonesia dengan minimum pembelian. Memiliki layanan tambahan bagi para seller di market place Lazada yaitu FBL (Fulfillment by Lazada), berupa layanan pergudangan, pengemasan dan pengiriman bagi para seller. Sehingga mereka dapat lebih fokus untuk memastikan ketersediaan produk dan memberikan penawaran harga yang terbaik bagi para konsumen.

Sumber:
https://id.techinasia.com/strategi-ecommerce-lazada-indonesia