Hal apa saja yang dapat terjadi ketika kekurangan yodium?

Kekurangan yodium adalah kondisi yang terjadi ketika seseorang kurang mendapatkan asupan yodium sehingga tubuh tidak mampu menghasilkan hormon tiroid secara memadai. Hal apa saja yang dapat terjadi ketika kekurangan yodium?
image

Beberapa penyakit yang muncul akibat kekurangan yodium di dalam tubuh adalah sebagai berikut:

Penyakit Gondok. Gondok merupakan penyakit yang umum yang terjadi akibat kekurangan yodium, dengan gejala berupa pembesaran pada kelenjar tiroid. Pembesaran kelenjar pada awalnya menyebar (difus) dengan permukaan yang licin. Jika kekurangan yodium pada seseorang terjadi terus-menerus, bentuk permukaan kelenjar tiroid yang membesar akan tampak berbenjol-benjol (nodular). Gondok pada anak-anak umumnya merupakan gondok difus, sedangkan pada orang dewasa umumnya merupakan gondok nodular. Jika gondok berkembang menjadi cukup besar, dapat muncul gejala-gejala berikut:

  • Sakit tenggorokan
  • Sesak napas
  • Batuk
  • Sulit menelan

Hipotiroidisme. Hipotiroidisme adalah keadaan di mana kelenjar tiroid tidak dapat mengasilkan hormon yang cukup. Salah satu penyebab keadaan ini adalah adanya kekurangan yodium berat yang terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama. Kurangnya kadar yodium menyebabkan hormon tiroid, yaitu T3 dan T4, dalam darah berkurang secara signifikan.Pada orang dewasa, hipotiroidisme dapat diamati dari gejala-gejalanya. Sedangkan pada anak-anak dan janin, hipotiroidisme dapat menyebabkan kretinisme, keterlambatan perkembangan sistem saraf pusat, keterbelakangan mental permanen, kelainan saraf, dan pertumbuhan abnormal.