Guy Kawasaki, Business Man, Capitalis Venture and Writer

Guy Kawasaki

Pekerjaan

Wirausahawan, Kapitalis Ventura, Pembicara, Penulis

Afiliasi lainnya

Canva
Haas School of Business
Mercedes Benz USA
Peninsula Humane Society
Guy’s Golden Touch

Tempat dan Tanggal Lahir

30 Agustus 1954 (62 tahun), Honolulu, Hawaii, Amerika

Kewarganegaraan

Amerika

Pendidikan

Universitas California, Los Angeles, Universitas Stanford, ʻIolani School, Sekolah Manajemen Anderson UCLA

Total Kekayaan

Riwayat hidup

Guy Kawasaki lahir di Honolulu, Hawaii pada tahun 1954. Keluarganya tinggal di bagian yang sulit dari Honolulu, Kalihi Valley. Keluarga Guy Kawasaki tidak kaya, tapi dia tidak pernah merasa miskin yang dikarenakan ayah dan ibunya membuat banyak pengorbanan untuk adiknya dan Guy sendiri. Ibunya seorang ibu rumah tangga, dan ayahnya seorang pemadam kebakaran.
Guy memilih pendidikan tinggi di Universitas Stanford dengan jurusan psikologi dan berhasil lulus pada 1976. Kemudian Guy melanjutkan studinya dengan mengambil program administrasi dan bisnis di Universitas California, Los Angeles (UCLA). Guy mendapat pekerjaan di Apple dari teman sekamarnya di Universitas Stanford dan ia terus bekerja hingga tahun 1987. Ia keluar dari Apple untuk kemudian mendirikan perusahaan databasis untu Macintosh bernama ACIUS.

Riwayat Karir

Guy Kawasaki adalah co-founder Alltop.com, sebuah “rak majalah online” dari topik populer di web, dan mitra pendiri di Garasi Teknologi Ventures.

Pada tahun 1983, Kawasaki mendapat pekerjaan di Apple. Dia adalah kepala penginjil Apple selama empat tahun. Dalam sebuah wawancara podcast 2006 tentang online situs Venture Voice, Kawasaki mengatakan, “Apa yang membuat saya untuk meninggalkan dasarnya saya mulai mendengarkan hype saya sendiri, dan saya ingin memulai sebuah perusahaan perangkat lunak dan benar-benar membuat uang besar.”

1987 ia disewa untuk memimpin ACIUS, anak perusahaan AS yang berbasis di Perancis ACI, yang menerbitkan sebuah sistem perangkat lunak database Apple disebut 4 Dimensi.

Kawasaki meninggalkan ACIUS pada tahun 1989 untuk melanjutkan tulisannya dan karir berbicara. Pada awal 1990-an ia menulis kolom yang ditampilkan dalam Forbes dan MacUser majalah.Dia juga mendirikan perusahaan lain, Fog City Software, yang menciptakan Emailer, email client yang dijual ke Claris.

Dia kembali ke Apple sebagai Apple Fellow pada tahun 1995. Pada tahun 1998, dia adalah seorang co-founder dari Garage Technology Ventures, sebuah perusahaan modal ventura yang telah membuat investasi di Pandora Radio, tripwire, The Motley Fool dan D.light Desain. Pada tahun 2007, ia mendirikan Truemors, sebuah rumor aliran bebas, yang dijual ke NowPublic. Dia juga pendiri di Alltop, rak majalah online.

Maret 2013 Kawasaki mengumumkan ia akan bergabung dengan Google sebagai penasehat Motorola. Perannya adalah untuk menciptakan sebuah komunitas perangkat mobile Google+.

Pada bulan April 2014, Kawasaki menjadi penginjil kepala Canva.Ini adalah website desain grafis gratis, untuk non-desainer serta profesional, didirikan pada tahun 2012.

Fakta-fakta

  1. Guy Kawasaki lahir Honolulu, Hawaii, Amerika, 30 Agustus 1954
  2. Guy Kawasaki adalah seorang Kapitalis ventura
  3. Guy Kawasaki adalah Co-Founder Alltop.com
  4. Guy Kawasaki adalah seorang penulis dan telah menulis 10 buku
  5. Pernah bekerja untuk Apple pada tahun 1976 sampai 1987
  6. 1987, meninggalkan Apple untuk memulai sebuah perusahaan bernama ACIUS Macintosh database
  7. Lulus dari Stanford dengan jurusan psikologi pada tahun 1976
  8. Lulusan Universitas California, Los Angeles (UCLA) program administrasi dan bisnis.
  9. Pada tahun 1989,memulai sebuah perusahaan software yang disebut Kabut Kota Software dengan tiga dari co-pendiri terbaik di dunia: Akan Mayall, Kathryn Henkens dan Jud Spencer.
  10. 1995, kembali bergabung dengan Apple
  11. 1998, keluar lagi dari Apple dan memulai investor malaikat layanan perjodohan disebut Garage.com dengan Craig Johnson dari Venture Hukum Group dan Kaya Karlgaard Forbes.
  12. Bertemu dengan istri (Beth) saat kerja di Apple
  13. Mempunyai 4 anak
  14. Ibunya seorang Ibu rumah tangga, dan Ayahnya seorang pemadam kebakaran

Quotes

If you have to put someone on a pedestal, put teachers. They are society’s heroes. -Guy Kawasaki

Great companies start because the founders want to change the world… not make a fast buck. -Guy Kawasaki

Patience is the art of concealing your impatience. -Guy Kawasaki

A good idea is about ten percent and implementation and hard work, and luck is 90 percent. -Guy Kawasaki

It’s easy to say that entrepreneurs will create jobs and big companies will create unemployment, but this is simplistic. The real question is who will innovate. -Guy Kawasaki

Smart, well-meaning people get it wrong when they start believing that the world owes them something and that the rules are different for them. -Guy Kawasaki

Ambitious failure, magnificent failure, is a very good thing. -Guy Kawasaki

Simple and to the point is always the best way to get your point across. -Guy Kawasaki

Entitlement is the opposite of enchantment. -Guy Kawasaki

Some things need to be believed to be seen. -Guy Kawasaki

Rerefensi

https://www.brainyquote.com/quotes/authors/g/guy_kawasaki.html

http://guykawasaki.com/guy-kawasaki/

http://www.forbes.com/sites/deniselyohn/2016/01/06/lessons-from-guy-kawasaki/#5082a44813b0

https://en.wikipedia.org/wiki/Guy_Kawasaki

Guy Kawasaki adalah seorang kapitalis ventura, wirausahawan, dan mantan pegawai Apple. Tokoh yang banyak memberi kontribusi pada pihak Apple dan mendapat julukan “Apple Fellow”. Guy juga merupakan penulis beberapa buku diantaranya Art of the Start, Enchantment, Reality Check, dan The Macintosh Way.

Kisah Perjuangan
Merupakan tokoh yang sangat inovatif dan berdedikasi terhadap pekerjaanya. Setiap pekerjaan yang dikerjakannya selalu membuahkan hasil yang maksimal. Guy memulai pekerjaan saat berkuliah MBA di UCLA di produsen perhiasan dan belajar banyak mengenai bisnis dan pemasaran. Perjalanan di Apple dimulai ketika temannya mengajak ia bekerja disana. Ia bertugas untuk melakukan riset dan mengembangkan Macintos. Sekitar 1987 ia melanjutkan kerjanya di Apple untuk membuat perusahaan basis data Macintos yang disebut dengan ACIUS. Setelah 2 tahun menjalankan ACIUS, Guy memutuskan untuk keluar dan melakukan hal yang membuatnya bahagia yakni menulis, berpidato, dan konsultasi. Banyak kesuksesan yang telah dicapai seperti termasuk dalam “Apple Fellow”, menjadi Brand Ambassdor Mercedes Benz USA, dan menjadi penasehat CEO Motorola di Google.

Kemampuan
Ia merupakan sosok yang sangat inovatif berdasar pada pemikiran yang ia cetuskan. Guy berkontribusi besar dalam hal inovasi yang ada pada perjalanan Apple. Dasar atas perkembangan inovasi yakni makna, pahami makna apa yang terdapat pada pemikiran Anda lalu kembangan dan tentukan tujuan atas makna tersebut.

It’s easy to say that entrepreneurs will create jobs and big companies will create unemployment, but this is simplistic. The real question is who will innovate. - Guy Kawasaki

Sumber :


https://www.youtube.com/watch?v=Mtjatz9r-Vc&t=211s

Guy Kawasaki merupakan kepala evangelis(orang yang memberitakan Injil) di Canva, sebuah perusahaan alat desain grafik secara online. Dia juga merupakan duta merk untuk produk mobil ternama Mercedes-Benz dan rekan eksekuti dari sekolah bisnis Haas. Dia juga merupakan ketua evangelis dari apple dan juga Wikimedia Foundation. Dia juga penulis dari The Art of the Start 2.0, The Art of Social Media, Enchantment, dan sembilan buku lainnya. Kawasaki bergelar Sarjana seni dari Universitas Stanford dan magister sarjana seni dari Universitas California Los Angeles lalu memperoleh gelar doktor dari perguruan tinggi Babson.

“when you enchant people, your goal is not to make money from them or to get them to do what you want, but to fill then with great delight.”
Guy Kawasaki

Guy merupakan orang yang memiliki pengalaman mumpuni dalam pekerjaan selama karirnya. Banyak kali menjadi staff maupun kepala divisi, banyak kali pula Guy menjadi pendiri suatu perusahaan. Ia lahir di Honolulu, Hawaii tahun 1954. Keluarganya tidak kaya namun dia tidak pernah merasa miskin karena orangtuanya sangat rela berkorban demi anaknya.

Masa kecil Guy

Guy lulus dari sekolah Iolani pada tahun 1972. Selama sekolah ia tertarik dengan bidang menulis. Lalu Guy telah menulis 13 buku yang membuat gurunya Harold Keables terkejut. Setelah lulus ia melanjutkan sekolah di Universitas Stanford jurusan psikologi. Setelah itu ia melanjutkan ke sekolah hukum. Namun ia hanya tahan seminggu karena gurunya mengatakan bahwa ia tak berguna.
Sepak terjang Guy di dunia kerja

Namun Guy tidak putus asa. Ia melanjutkan ke jenjang magister di UCLA. Selama pendidikan ia juga bekerja di perusahaan perhiasan yang bernama Nova Stylings. Disini ia belajar untuk berjualan yang mana kemampuan ini sangat krusial bagi karir ia selanjutnya. Setelah bekerja di perusahaan tersebut ia diajak temannya untuk bekerja di Apple, di perusahaan ini ia juga bertemu dengan istrinya.

Pada tahun 1987 Guy meninggalkan Apple lalu mendirikan perusahaan yang bernama ACIUS sebuah perusahaan basisdata macintosh. 2 tahun setelah itu ia meninggalkan perusahaan tersebut dan mengasah hobinya yakni menulis,berbicara, dan konsultasi. Selain itu, dia juga mendirikan perusahaan lagi bernama Fog City Software dengan 3 co-founder terbaik di dunia. Lalu pada tahun 1995 ia kembali ke Apple lalu 2 tahun berikutnya ia meniggalkan Apple lagi dan mendirikan Garage.com. Begitu seterusnya banyak sekali perusahaan yang disinggahi Guy dan didirikan oleh Guy

Ceramah singkat di Ted Talks

Pada ceramah singkatnya di Ted Talks ia memberikan beberapa tips untuk sukses seperti dia. Ceramahnya bertemakan “the art of the start”. Ia mengatakan, ”mulailah dengan keinginan untuk membuat sesuatu bermakna lalu kamu akan dengan mudah mendapatan uang.”. Ia sangat mengedepankan untuk membuat suatu produk yang bermakna bagi pelanggan. Dengan begitu maka pelanggan akan tertarik dan selalu memiliki hasrat untuk menggunakan produk tersebut. Ia juga mengatakan agar produk yang dibuat selalu kekinian dan mengikuti perkembangan zaman yang ada agar tidak kalah saing dengan produk lain.

Guy Kawasaki saat ini termasuk orang yang kaya. Data yang dirilis oleh TheRichest menunjukkan bahwa kekayaan Guy Kawasaki mencapai 30 juta dollar. Pelajaran yang dapat diambil adalah untuk menjadi orang sukses tidak peduli bagaimana latar belakangmu. Semua orang memiliki kesempatan yang sama hanya kemauan untuk berkembang yang membuat kita berbeda.

Referensi


Guy Kawasaki lahir 30 Agustus 1954 di Honolulu, Hawaii adalah seorang kapitalisventura, wirausahawan, mantan pegawai Apple dan merupakan seorang “Apple Fellow” yaitu karyawan-karyawan Apple yang telah memberikan kontribusi besar. Ia merupakan salah satu pendiri Nononina, Fog City Software yang menciptakan aplikasi untuk Macintosh dan sebuah perusahaan modal ventura yaitu Garage Technology Venture.

Selain itu, Guy juga menulis beberapa buku yaitu Enchantment, Reality Check, The Art of the Start, Rules for Revolutionaries, How to Drive Your Competition Crazy, Selling the Dream, Hindsights, The Computer Curmudgeondan The Macintosh Way. Guy memilih pendidikan tinggi di Universitas Stanford dengan jurusan psikologi dan berhasil lulus pada 1976. Ia kemudian melanjutkan studinya dengan mengambil program administrasi bisnis di Universitas California, Los Angeles (UCLA). Guy Kawasaki adalah co-founder Alltop.com, sebuah “rak majalah online” dari topik populer di web, dan mitra pendiri di Garasi Teknologi Ventures.

Pada tahun 1983, Kawasaki mendapat pekerjaan di Apple. Dia adalah kepala penginjil Apple selama empat tahun. Dalam sebuah wawancara podcast 2006 tentang online situs Venture Voice, Kawasaki mengatakan, “Apa yang membuat saya untuk meninggalkan dasarnya saya mulai mendengarkan hype saya sendiri, dan saya ingin memulai sebuah perusahaan perangkat lunak dan benar-benar membuat uang besar.” Ia keluar dari Apple untuk kemudian bergabung dengan perusahaan ACIUS. 1987 ia disewa untuk memimpin ACIUS, anak perusahaan AS yang berbasis di Perancis ACI, yang menerbitkan sebuah sistem perangkat lunak database Apple disebut 4 Dimensi.

Kawasaki meninggalkan ACIUS pada tahun 1989 untuk melanjutkan tulisannya dan karir berbicara. Pada awal 1990-an ia menulis kolom yang ditampilkan dalam Forbes dan MacUser majalah.Dia juga mendirikan perusahaan lain, Fog City Software, yang menciptakan Emailer, email client yang dijual ke Claris.

Dia kembali ke Apple sebagai Apple Fellow pada tahun 1995. Pada tahun 1998, dia adalah seorang co-founder dari Garage Technology Ventures, sebuah perusahaan modal ventura yang telah membuat investasi di Pandora Radio, tripwire, The Motley Fool dan D.light Desain. Pada tahun 2007, ia mendirikan Truemors, sebuah rumor aliran bebas, yang dijual ke NowPublic. Dia juga pendiri di Alltop, rak majalah online.

Maret 2013 Kawasaki mengumumkan ia akan bergabung dengan Google sebagai penasehat Motorola. Perannya adalah untuk menciptakan sebuah komunitas perangkat mobile Google+. Pada bulan April 2014, Kawasaki menjadi penginjil kepala Canva.Ini adalah website desain grafis gratis, untuk non-desainer serta profesional, didirikan pada tahun 2012. Semasa bekerja di Apple, Guy membantu memasarkan dan mempopulerkan Macintosh kepada pengembang perangkat lunak dan perangkat keras pada masa ketika IBM sedang berjaya dan menjadi pilihan.

Sumber : https://www.forbes.com/sites/deniselyohn/2016/01/06/lessons-from-guy-kawasaki/#5082a44813b0