Gunung-berapi apa saja yang ada di Planet lain, selain planet bumi ?

gunung berapi di planet pluto

Pluto diyakini memiliki ‘gunung-berapi’ es. Berdasarkan foto yang diambil satelit New Horizons, setidaknya, terdapat dua gunung berapi yang ditemukan di planet kerdil ini. Gunung yang berada di Sputnik Planum atau kawasan khatulistiwa Pluto tersebut memiliki tinggi lebih dari satu kilometer, dengan diameter lebih sepuluh kilometer. Kedua gunung memiliki ‘kawah’ di tengahnya.

Tidak seperti gunung berapi di bumi yang ‘memuntahkan’ batuan-cair panas ketika erupsi, gunung berapi Pluto yang diberi nama Wright Mons mengeluarkan lumpur es yang mengandung air, nitrogen, amonia dan metana, saat erupsi.

Temuan tersebut disampaikan dalam 50 laporan pada pertemuan the American Astronomical Society’s Division for Planetary Sciences ke-47. Namun, para ilmuwan mengaku perlu melakukan riset lebih lanjut untuk mengonfirmasi temuan ‘gunung-berapi’ es itu.

“Jika kami tahu persis apa saja materi yang membentuk gunung ini, maka kami bisa lebih leluasa bekerja, membuat model bagaimana ‘perilaku’ es ketika keluar dari gunung, dan kondisi stabil seperti apa yang diakibatkannya,” ungkap peneliti badan antariksa Amerika Serikat (NASA), Oliver White.

Bagaimana dengan planet lain ? Apakah ada gunung berapi di planet lain ?

Sumber :