Growth Mindset dan To do list: Menyeimbangkan rencana dan action dalam belajar

Kadangkala kita menemui kendala dalam belajar, mulai dari topik yang tidak disukai, tidak ada waktu untuk belajar, bingung mencari referensi yang valid dan teman diskusi yang nyambung dan saling men-support…atau juga ‘AHA moment’ yang tidak kunjung muncul.

Nah kalau kita menemui kendala-kendala tersebut, mungkin baiknya kita melihat ke dalam diri kita dahulu, mengevaluasi apa yang salah atau apa yang kurang. Bisa dengan analisa SWOT ( Strength, Weakness, Opportunity, Threat).

Lalu kemudian menanamkan dalam diri dan pikiran kita ‘Growth mindset’ yaitu pemikiran untuk senantiasa berkembang, yang implementasinya dapat berupa, eager to know & curious alias kepo dalam learn new things dan senantiasa self-improvement.

Tentunya dalam belajar itu sendiri kita juga perlu melandasi kegiatan belajar-pembelajaran kita dengan aktivitas learn, unlearn, dan re-learn yow…

Nah… setelah itu, install deh pada diri kita, satu kalimat yang bersumber dari Al-Qur’an, Ar-Rad:11 yaitu:

…Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum, jika kaum itu tidak mengubahnya sendiri.’

Kemudian… buat To do list deh… bisa di notes atau di hp atau di komputer, lalu tandai mana yang prioritas, penting tidak penting, bisa didelegasikan atau kudu dijerkakan sendiri. Lalu… tinggal dilaksanakan deh rencananya…

Gimana? Kamu udah pernah coba menerapkannya? Atau kamu punya tips n trik lainnya? Oya…Daku punya ‘Agenda-workbook 2021’ yang berfungsi untuk menunjang self-improvement-mu di tahun ini, dapat diunduh secara gratis di sini

Technology photo created by freepik - www.freepik.com

Hallo kak terima kasih atas sarannya, kalau saya sendiri sekarang sedang menggunakan aplikasi trello jadi bisa dibagi" dan diistu juga bisa jadi reminder, link etc pokoknya sangat terorganisir.

1 Like

Boleh juga sarannya
Mungkin kalo bicara tentang menyemibangkan kegiatan secara teratur saya sudah terbiasa menulis di reminder HP agar kegiatan saya selama kuliah dan mengikuti kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Jangan lupa comment di artikelku juga yaa


Terimakasih:)