Gregory C. Case : 3 Kunci Keberhasilan di AON

Gregory C. Case image

image

Sekilas biografi

Gregory C. Case adalah seorang Presiden sekaligus CEO dari AON, dimana AON adalah perusahaan yang bergerak dibidang Broker asuransi dan reasuransi. Case lahir pada tahun 1963 di US. Dia memegang gelar MBA (Master in Business Administration) dari Harvard Business School dan juga mencatatkan namanya sebagai lulusan terbaik yang mendapatkan hasil akhir sempurna (cum laude) di Kansas University. Ia mulai menjabat sebagai presiden dan CEO dari perusahaan AON sejak tahun 2005. Selain menjadi Presiden dan CEO AON, ia juga menjabat sebagai anggota dewan direksi dari perusahaan yang bernama AON. Semenjak awal menitih karir sebagai presiden & CEO AON, Case mampu memberikan sesuatu hal yang ia miliki dan menerapkannya di perusahaan dan itu membuat Case menjadi salah satu dari 100 CEO terbaik.

Perjalanan Karir

Semua orang memiliki keinginan untuk mendapatkan sesuatu yang terbaik, entah itu dalam hal harta maupun jabatan/kedudukan. Namun memiliki jabatan yang tinggi diperlukan pengalaman dan juga kemampuan untuk dapat menduduki kursi tertinggi dalam organisasi maupun institusi. Gregory C. Case merupakan salah satu sosok yang dapat dijadikan sebagai contoh seorang yang sukses dalam menjalani karir dibidangnya. Dimulai dari posisi atau jabatan rendah hingga jabatan tertinggi yang sekarang sedang didudukinya, ia mendapatkan banyak sekali pengalaman berharga sehingga ia dapat belajar dari pengalaman serta mengembangkan diri kemudian dapat ia terapkan untuk dapat menduduki jabatan tertinggi di perusahaan AON.

Case memiliki pengalaman dibidang industri jasa asuransi dan keuangan selama hampir tiga dekade. Sebelum bergabung dengan perusahaan AON, dia bertugas di Dewan Pemegang Saham Pengurus serta memimpin Praktik Asuransi dan Jasa Keuangan Global di McKinsey & Company. Selain itu, dia juga pernah menjabat sebagai Konsultan manajemen internasional terkemuka. Sebelum ke McKinsey, dia bekerja di perusahaan perbankan investasi Piper, Jaffray & Hopwood dan juga Federal Reserve Bank.

Sebagai presiden sekaligus CEO, Case memang pantas berada di posisi visioner yang mampu melihat dan mempunyai langkah strategis untuk dapat membawa sebuah perusahaan berkembang dan lebih maju dibanding dengan para pesaingnya. Dengan mengarahkan dan memanfaatkan sumber daya yaitu lebih dari 50.000 karyawan kerja di lebih dari 120 negara, dia telah memfokuskan organisasi dari perusahaan ini pada tiga strategi utama yang dimana strategi ini mampu membangun dan mempertahankan perushaan AON menjadi perusahaan broker asuransi dan reasuransi terbesar kedua di dunia.

Strategi pertama yang diterapkan adalah fokus terhadap cara memberikan pelayanan yang khas kepada klien. Ini merupakan salah satu cara agar perusahaan mampu mendapatkan dan mempertahankan banyak konsumennya karena konsumen merasa puas dengan pelayanan yang diberikan oleh AON, karena yang seharusnya dipikirkan bukan hanya bagaimana mendapatkan konsumen, namun juga bagaimana cara mempertahankannya.

Strategi kedua yang diterapkan oleh Gregory C. Case yaitu menarik talenta terbaik. Maksud dari strategi kedua ini adalah perusahaan membutuhkan sumber daya dengan talenta atau kemampuan yang terbaik diantara yang terbaik sehingga itu juga akan berdampak pada kinerja perusahaan kedepannya, dengan sumber daya yang terbaik pastinya juga akan membuahkan hasil yang terbaik bagi klien atau konsumennya.

Dan strategi yang ketiga yang juga diterapkan oleh perusahaan ini adalah mencapai keunggulan operasional. Keunggulan operasional yang dimaksud adalah dilihat dari kinerja sebuah perusahaan, bagaimana perusahaan tersebut berproses, serta memaksimalkan segala operasional didalam perusahaan ini menjadi lebih efektif dan efisien karena sejatinya, perusahaan dengan kinerja dan operasional yang efektif dan efisien adalah perusahaan yang akan lebih cepat menguasai pasar dibanding dengan para pesaing-pesaingnya.

Case juga pernah mengatakan bahwa salah satu hal yang penting adalah “setiap hari, lebih dari 50.000 rekan kerja bangun pagi dan mencari tahu apa yang diingikan klien”. Itu jelas mencerminkan bahwa standart organisasi yang dimiliki perusahaannya sangatlah tinggi, hal ini dikuatkan dengan perkataan Case disalah satu pertemuan, “kami sangat lapar akan hal yang lebih baik dari sebelumnya”. Dari dua pernyataan yang pernah disampaikan Gregory C. Case tersebut menjelaskan bahwa perusahaan tidak cepat puas dengan apa yang sudah dilakukan dan didapatkannya, sehingga rasa ingin tau selalu muncul dengan tujuan mendapatkan yang lebih baik dari apa yang sudah didapatkannya.

Pada akhirnya kita dapat mengambil manfaat yang sangat penting dari perjalanan karir seorang Gregory C. Case antara lain pelayanan, sumberdaya dan operasional. Tiga hal ini sangat berketerkaitan antara satu dengan yang lainnya sehingga apabila salah satu dari tiga hal tersebut tidak berjalan dengan baik maka tidak akan tercapainya sebuah pencapaian dalam menguasai pasar konsumen seperti yang dilakukan oleh Case.

Quotes

“I would like to point out that this is still an ongoing search and rescue. And we still have three persons out there that we’re trying desperately to locate, and we still have hope for that”
– Gregory C. Case –

Refrensi

Postingan yang sangat bermanfaat dan menambah pengetahuan, sumber2nya juga jelas, analisanya juga masuk akal, lanjutkan gan :smiley:

1 Like

terima kasih gan sudah memberikan masukan yang membangun, semoga kedepannya tetap bisa memberikan topik-topik yang dapat menambah wawasan :+1::ok_hand: