Goseck Circle: struktur Neolitik misterius di Goseck, Jerman

image

Goseck Circle merupakan sebuah struktur Neolitik misterius di Goseck, Jerman. Konon bangunan ini dipercaya sebagai Pagar lingkaran tertua dari Eropa Tengah, yang dibuat pada zaman Neolitik. Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai tempat ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, menurut para ahli, struktur ini bisa jadi merupakan sebuah observatorium surya tertua di dunia. Konon pembangunan struktur tersebut diperkirakan berasal dari abad ke-49 sebelum masehi dan mulai digunakan abad ke-47 sebelum masehi.

Pada tahun 1991, sebuah foto survei udara pertama memberi petunjuk pada struktur ini yang kemudian menjadi lokasi penggalian utama pada tahun 2002.

Para peneliti juga menemukan sisa-sisa kebakaran yang mungkin terjadi, tulang binatang dan manusia, dan kerangka tanpa kepala di dekat tenggara gerbang. Banyak yang percaya juga bahwa tempat ini bisa jadi menjadi sebuah jejak pengorbanan manusia atau ritual penguburan tertentu. Namun hingga kini masih belum diketahui maksud dan tujuan bangunan ini didirikan.

Referensi: https://www.brilio.net