Gordon Moore : pengusaha, co-founder Amerika dan Chairman Emeritus of Intel Corporation, dan pencetus hukum Moore

Biografi, Gordon Moore


Pekerjaan

Businessman, co-founder and Chairman Emeritus of Intel Corporation.

Afiliasi lainnya

  • Shockley Semiconductor Laboratory

  • Fairchild Semiconductor

  • National Academy of Engineering

Tempat dan Tanggal Lahir

San Francisco, California, AS , 3 Januari 1929

Kewarganegaraan

Amerika

Pendidikan

  • San Jose State University

  • University of California, Berkeley (B.S., 1950)

  • California Institute of Technology (Ph.D., 1954)

Total Kekayaan

$ 7.3 billion USD (2016)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 30 Richest In Tech (2016)

  • 201 Billionaires (2016)

Riwayat Hidup


Gordon Moore dilahirkan di San Francisco, California, tetapi ia dan keluarganya tinggal di Pescadero yang berlokasi tidak jauh dari San Fransisco dimana ia dibesarkan.

Ia mendapatkan gelar B.S. untuk Kimia dari University of California, Berkeley pada 1950 dan gelar PhD untuk Kimia dan minor untuk Fisika dari California Institute of Technology (Caltech) pada 1954. Sebelum menuntut ilmunya di Berkeley, ia belajar selama 2 tahun di San Jose State University, dimana ia bertemu dengan seseorang yang kemudian menjadi istrinya, Betty. Pada 9 September 1950, Gordon menikah Betty Whitaker dan pasangan ini dikaruniai dua anak bernama Steve Moore dan Kenneth Moore.

Saat menjadi mahasiswa ia mengambil minat besar dalam pekerjaan penelitian dan bahkan memperoleh gelar doktor dari ‘Caltech’.

Selama 1953-1956, Gordon terlibat dalam penelitian postdoctoral yang dilakukan di ‘Applied Physics Laboratory’ dari ‘John Hopkins University’ yang terletak di Baltimore.

Dia telah terlibat dalam proyek-proyek konservasi lingkungan dan pada tahun 2002 ia dianugerahkan dengan ‘Order of the Golden Ark’ oleh Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld untuk kontribusi terhadap konservasi lingkungan. Ia berbagi kehormatan ini dengan Claude Gascon, yang adalah Wakil Presiden Senior dari LSM Conservation International.

Dengan pengembangan teknologi tak membuat Gordon lupa untuk hidup sebagai mahkluk sosial. Ia dikenal sebagai sosok yang sangat peduli akan keadilan sosial dan kegiatan kemanusiaan. Dia telah terlibat dalam banyak karya amal, dan telah memberikan sumbangan besar untuk banyak organisasi seperti ‘Caltech’ dan ‘University of California’. Teleskop optik terbesar kedua di dunia bernama ‘Thirty Meter Telescope’ dibangun dengan sumbangan yang diberikannya.

Gordon Moore aktif mendatangi dan menikmati segala jenis ikan dan telah berkeliling dunia untuk menangkap spesies dari black marlin untuk rainbow trout. Dia mengatakan upaya konservasi nya sebagian terinspirasi oleh minatnya dalam memancing.

Riwayat Karir


Gordon Moore berkolaborasi dengan fisikawan William Shockley dan bekerja dengan dia di ‘Shockley Semiconductor Laboratory’ yang merupakan bagian dari perusahaan ‘Beckman Instruments ‘.

Namun, pada tahun 1957, sebuah kelompok yang terdiri delapan orang yang dilantik menjadi laboratorium oleh Shockley, berpisah dengan laboratorium dan Moore adalah salah satu dari mereka. Kelompok ini delapan lulusan PhD berbakat yang bersama-sama disebut sebagai ‘pengkhianat delapan’.

Ini ‘pengkhianat delapan‘ mendapat dukungan dari penemu Amerika dan pengusaha Sherman Fairchild. Perusahaan ‘Fairchild Semiconductor’ dibentuk dan delapan orang tersebut terlibat dalam perusahaan.

Gordon diangkat sebagai direktur penelitian dan pengembangan (R & D) dari ‘Fairchild Semiconductor’ pada tahun 1965. Selama waktu yang sama, ia diwawancarai oleh majalah ‘Elektronik’ dan jawaban untuk pertanyaan tentang masa depan komponen semikonduktor, ia membuat sebuah pengamatan yang dipopulerkan sebagai ‘Hukum Moore’.

Pengamatan ini diterbitkan di majalah ‘Electronics’ pada tanggal 19 April 1965. Dikatakan ‘jumlah transistor per inci persegi pada sirkuit terpadu telah dua kali lipat setiap tahun sejak sirkuit terpadu diciptakan’. Dia juga mengamati bahwa tren akan terus menjadi sama untuk setidaknya sepuluh tahun ke depan.

Namun, satu dekade kemudian, ia membuat beberapa perubahan dalam pengamatan dan menyatakan bahwa tren akan mengikuti setiap dua tahun, bukan satu tahun. Ini telah menjadi signifikan dan telah membantu industri semikonduktor dengan cara yang besar.

Ia mendirikan ‘NM Electronics’ pada tahun 1968, bersama dengan kepribadian bisnis Robert Noyce. Perusahaan ini kemudian melanjutkan untuk menjadi terkenal ‘Intel Corporation’.

Moore menjabat sebagai Executive Vice President sebelum ia dinobatkan sebagai Presiden 'Intel Corporation’ pada tahun 1975.

Dari April 1979, ilmuwan berbakat ini menjabat sebagai Chief Executive Officer perusahaan dan menjabat sampai 1987. Dia juga memimpin Dewan Direksi dari korporasi selama waktu yang sama dan juga anggota dewan ‘Caltech’.

Dari tahun 1991 sampai 1996 juga, ia terlibat dengan perusahaan bioteknologi ‘Gilead Sciences’ sebagai anggota Dewan Penasehat Bisnis.

Pada tahun 1993, ia terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina ‘California Institute of teknologi’ (Caltech). Saat ini, ia adalah wali kehidupan lembaga ini.

Dia menduduki kursi Direksi ‘Intel’ sampai tahun 1997, dan setelah itu ia membuat Chairman Emeritus dari korporasi.

Pada tahun 2000, Moore dan istrinya Betty mendirikan organisasi bernama ‘Gordon dan Betty Moore Foundation’. Organisasi ini terutama berfokus pada pelestarian lingkungan hidup. Ini belajar kepribadian, ia juga bekerja dengan LSM bernama ‘Conservation International’ selama beberapa tahun.

Pada tahun 2001, Moore dan istrinya menyumbangkan $ 600 juta untuk Caltech, hadiah terbesar untuk sebuah institusi pendidikan tinggi. Dia mengatakan bahwa dia ingin hadiah yang ia berikan akan digunakan untuk menjaga Caltech di garis depan penelitian dan teknologi.

Pada tanggal 6 Desember 2007, Gordon Moore dan istrinya menyumbangkan $ 200 juta untuk Caltech dan University of California untuk pembangunan Tiga puluh meter Teleskop, teleskop optik terbesar kedua di dunia.

Selain itu, melalui Foundation, Betty Moore telah menciptakan Keperawatan Initiative Betty Irene Moore, menargetkan asuhan keperawatan di San Francisco Bay Area dan Greater Sacramento. Pada tahun 2009, Moores menerima Andrew Carnegie Medal of Philanthropy.

Pada tahun yang sama yaitu 2001, Moore menerima Othmer Medali Emas untuk kontribusi luar biasa untuk kemajuan dalam kimia dan ilmu pengetahuan.

Moore 2008 dianugerahi IEEE Medal of Honor untuk “peran perintis teknis dalam pengolahan terpadu-sirkuit, dan kepemimpinan dalam pengembangan memori MOS, komputer mikroprosesor dan industri semikonduktor.” Moore ditampilkan dalam Sesuatu film dokumenter Berkelana yang perdana di 2011.

Pada tahun 2009, Moore dilantik ke Penemu Nasional Hall of Fame.

Fakta-fakta


  1. Dia adalah co-pendiri teknologi 'Intel Corporation dan telah berperan dalam berbagai perkembangan teknologi yang korporasi telah dilakukan sejak awal.

  2. Pada tahun 1976, ia diangkat menjadi anggota dari ‘National Academy of Engineering’.

  3. Pada tahun 1990 Presiden George H. W. Bush menghormatinya dengan ‘National Medal of Technology dan Inovasi’.

  4. Dia membuat Fellow dari ‘Computer History Museum’ pada tahun 1998.

  5. Untuk kontribusi luar biasa ke arah bidang kimia dan sains, ia dihormati dengan ‘Othmer Medali Emas’ pada tahun 2001.

  6. Pada tahun 2002, ia dihormati dengan ‘Presidential Medal of Freedom’ dan pada tahun yang sama, ia adalah seorang penerima ‘Bower Award’ yang ia memenangkan dalam Kepemimpinan Bisnis.

  7. Pada tahun 2008, dia adalah seorang penerima ‘IEEE Medal of Honor’.

  8. Pada tahun 2002 ia dianugerahkan dengan ‘Order of the Golden Ark’ oleh Pangeran Bernhard dari Lippe-Biesterfeld untuk kontribusi terhadap konservasi lingkungan.

  9. Ia mendapatkan gelar B.S. untuk Kimia dari University of California, Berkeley pada 1950.

  10. Ia juga mendapat gelar PhD untuk Kimia dan minor untuk Fisika dari California Institute of Technolog (Caltech) pada 1954.

  11. Sebelum menuntut ilmunya di Berkeley, ia belajar selama 2 tahun di San Jose State University.

  12. Saat menjadi mahasiswa ia mengambil minat besar dalam pekerjaan penelitian dan Ia memperoleh gelar doktor dari ‘Caltech’.

  13. Pada bulan Juli tahun 1968, Robert Noyce dan Moore mendirikan NM Electronics yang kemudian menjadi Intel Corporation.

  14. Gordon diangkat sebagai direktur penelitian dan pengembangan (R & D) dari ‘Fairchild Semiconductor’ pada tahun 1965.

  15. Ia membuat sebuah pengamatan yang dipopulerkan sebagai ‘Hukum Moore’.

  16. Moore menjabat sebagai Executive Vice President sebelum ia dinobatkan sebagai Presiden 'Intel Corporation’ pada tahun 1975.

  17. April 1979, ia menjabat sebagai Chief Executive Officer perusahaan dan menjabat sampai 1987. Dia juga memimpin Dewan Direksi dari korporasi selama waktu yang sama dan juga anggota dewan ‘Caltech’.

  18. Pada tahun 1993, ia terpilih sebagai Ketua Dewan Pembina ‘California Institute of teknologi’ (Caltech).

  19. Pada tahun 2000, Moore dan istrinya Betty mendirikan organisasi bernama ‘Gordon dan Betty Moore Foundation’.

  20. Pada tahun 2001, Moore dan istrinya menyumbangkan $ 600 juta untuk Caltech, hadiah terbesar untuk sebuah institusi pendidikan tinggi.

  21. Pada tanggal 6 Desember 2007, Gordon Moore dan istrinya menyumbangkan $ 200 juta untuk Caltech dan University of California untuk pembangunan Tiga puluh meter Telescope, teleskop optik terbesar kedua di dunia.

  22. Pada tahun 2009, Moores menerima Andrew Carnegie Medal of Philanthropy.

  23. Pada tahun 2001, Moore menerima Othmer Medali Emas untuk kontribusi luar biasa untuk kemajuan dalam kimia dan ilmu pengetahuan.

  24. Harta Gordon Moore mencapi $ 7.3 billion USD (2016)

Quotes


“The rate of species loss and habitat destruction demands immediate attention, Collaboration is critical, and we expect CI to continue to build strong alliances and maintain its commitment to solid science and innovative thinking.” - Gordon Moore

“I never had any idea that [the article] was going to be so precise.” - Gordon Moore

“We essentially knew nothing about [semiconductors]. I think Bob Noyce was about the only one in the group who had experience with semiconductors other than Shockley.” - Gordon Moore

“I wasn’t throwing down a gauntlet, I was trying to change the customer’s mind. A lot of these things would have happened anyhow.” - Gordon Moore

“A couple of ounces of dynamite makes for a great firecracker.” - Gordon Moore

“The rate of species loss and habitat destruction demands immediate attention. Collaboration is critical, and we expect CI to continue to build strong alliances and maintain its commitment to solid science and innovative thinking.” - Gordon Moore

“It is extremely unlikely that anyone coming out of school with a technical degree will go into one area and stay there. Today’s students have to look forward to the excitement of probably having three or four careers.” - Gordon Moore

“The technology at the leading edge changes so rapidly that you have to keep current after you get out of school. I think probably the most important thing is having good fundamentals.” - Gordon Moore

“I remember the difficulty we had in the beginning replacing magnetic cores in memories and eventually we had both cost and performance advantages. But it wasn’t at all clear in the beginning.” - Gordon Moore

“With engineering, I view this year’s failure as next year’s opportunity to try it again. Failures are not something to be avoided. You want to have them happen as quickly as you can so you can make progress rapidly.” - Gordon Moore

[details=Referensi]

  1. https://en.wikipedia.org/wiki/Gordon_Moore
  2. http://www.forbes.com/profile/gordon-moore/
  3. http://www.successories.com/iquote/author/13242/gordon-moore-quotes
  4. http://www.biografiku.com/2013/02/biografi-gordon-moore-pendiri-intel-corp.html[/details]

Gordon Moore, seorang yang memiliki bakat dalam penelitian teknologi yang besar, salah satu pelopor Intel Corp yang merupakan sebuah perusahaan yang saat ini memiliki platform teknologi yang luas. Ia memiliki beberapa nilai yang sangat menginspirasi.

  • Ia memulai karirnya dengan bekerja sama dengan orang lain kemudian mendirikan sendiri perusahaannya.
    Gordon Moore awalnya bekerjasama dengan William Shockey dalam kelompok kerja nya, kemudian melepas diri dan membangun sendiri perusahaannya yang pada awalnya bernama NM electronics

  • Ia adalah sesosok pemerhati dunia pendidikan teknologi. Ia memberikan donasi yang cukup besar untuk membantu mengembangkan fakultas tempat ia bekerja.
    Ia memberikan donasi sebesar $600 juta pada 2001 dan $200 juta pada 2007 untuk menambah fasilitas di University of California.

  • Selain berfokus pada teknologi, ia juga seorang pemerhati lingkungan hidup.
    Bersama dengan istrinya, Betty, ia mendirikan ‘Gordon and Betty Moore Foundation’ pada tahun 2001 yang berfokus pada pelestarian lingkungan hidup dan juga bekerja pada LSM yang bernama ‘Conservation International yang memiliki lingkup pada kepribadian
    Ia juga memiliki beberapa quote yang dapat dipetik dari dirinya, seperti :

  • “I wasn’t throwing down a gauntlet, I was trying to change the customer’s mind. A lot of these things would have happened anyhow." - Gordon Moore
    menurut saya, quote ini menjelaskan bagaimana cara unik dan beresiko untuk memperkenalkan sebuah produk kepada masyarakat umum. Biasanya kita sebagai seorang produsen akan selalu mengikuti keinginan konsumen, namun cara ini mengajak para produsen untuk merubah cara pandang konsumen sehingga konsumen merasa perlu untuk memiliki produk yang anda hasilkan

  • “The technology at the leading edge changes so rapidly that you have to keep current after you get out of school. I think probably the most important thing is having good fundamentals." - Gordon Moore
    Memiliki pendirian yang baik adalah senjata utama dalam menghadapi era globalisasi setelah kita lepas dari lingkungan sekolah agar kamu tetap bisa mengikuti peradaban

  • “With engineering, I view this year’s failure as next year’s opportunity to try it again. Failures are not something to be avoided. You want to have them happen as quickly as you can so you can make progress rapidly.” - Gordon Moore
    Anggaplah sebuah kegagalan sebagai sebuah kesempatan untuk mencobanya lagi tahun depan. Kegagalan bukanlah sesuatu yang dapat dihindari. Justru kegagalan harus dapat ditemukan dengan cepat agar kita dapat mengalami kemajuan dengan cepat.

Intel Corp adalah sebuah perusahaan yang berpengaruh didunia karena mereka membuat microchip dan prosesor nomor satu di dunia. Perusahaan Intel Corp didirikan oleh Gordon Moore dan Robert Noyce. Gordon Moore adalah orang yang mencetuskan hukum Moore salah satu hukum yang terkenal dalam industri mikroprosesor yang menjelaskan tingkat pertumbuhan kecepatan mikroprosesor.

Gordon Moore pergi meninggalkan kampung halamannya untuk menuntut pendidikan hingg ia mendapatkan gelar B.S. untuk Kimia dari University of California, Berkeley pada 1950, dan gelar Ph.D. dalam kimia dan fisika dari Institut Teknologi California pada tahun 1954. Pada tahun 1956 ia kembali ke kampung halamannya dan bekerja di Shockley Semiconductor sebagai ahli kimia. Tetapi akhirnya ia membuka bengkelnya sendiri . Mereka mendirikan bengkel di Mountain View, California, hanya di ujung jalan dari Fairchild Semiconductor, dan Universitas Stanford. Setelah merekrut kira-kira setengah lusin karyawan dari Fairchild, termasuk Andrew Grove, mereka mulai menciptakan sebuah industri baru. Awalnya mereka memberi nama perusahaan itu NM electronics yang merupakan singkatan nama mereka setelah itu berubah menjadi Intel. Walau perusahan sempat mengalami kesulitan , tapi Intel masih bisa berusaha melakukan inovasi-inovasi yang membuat Intel sampai sekarang tetap maju bahkan hampir seluruh dunia memakai prosesornya.

Selain mendirikan Intel , Moore juga orang yang sangat dermawan. Moore bersama istrinya mendirikan sebuah organisasi yang bernama “Gordon dan Betty Moore Foundation”. Selain itu , Moore dan isterinya mendonasikan $600 miliar kepada Caltech, donasi terbesar yang pernah ada untuk institusi pendidikan tinggi. Alasannya untuk donasi tersebut adalah untuk mendukung Caltech agar tetap memimpin teknologi dan ilmu pengetahuan.

“The technology at the leading edge changes so rapidly that you have to keep current after you get out of school. I think probably the most important thing is having good fundamentals.” – Gordon Moore

Perusahaan Intel kemudian resmi didirikan pada tanggal 18 Juli 1958 dengan nama NM Electronics (singkatan dari Noyce and Moore). Bermula dari sebuah kantor yang kecil dan sederhana, NM Electronics berhasil meraih omset penjualan produk pertamanya dengan sangat baik. Namun hal ini tak membuat Gordon cepat puas dengan pencapaian perusahaannya. Ia menyadari bahwa produksi chip membutuhkan biaya yang sangat mahal. Dan pengeluaran tersebut akan sangat sia-sia apabila perusahaannya tak merancang teknologi yang dapat mempercepat dan meringankan kinerja chip tersebut.

Akhirnya pada tahun 60-an, perusahaan tersebut berhasil menciptakan mikroprosesor, yang merupakan salah satu penemuan bersejarah di dunia teknologi. Pada tahun 1969, sebuah perusahaan Jepang meminta Intel untuk memproduksi rangkaian chip yang memungkinkan kegiatan penghitungan rumit dapat dilakukan dengan kalkulator yang bentuknya lebih simpel dan praktis.
Meski dihujani dengan berbagai keberhasilan, perjalanan perusahaan Intel bukanlah lancar tanpa halangan. Pada tahun 1980-an, perkembangan teknologi dunia berlangsung semakin cepat dan memunculkan banyak kompetitor baru yang kompeten. Untuk mempertahankan dominasinya di bidang teknologi, seluruh pekerja profesional di perusahaan diminta untuk bekerja selama lebih dari 50 jam selama seminggu tanpa tambahan upah apapun.

Kesuksesan akhirnya kembali ke tangan Intel pada tahun 1985 ketika Intel berhasil menciptakan mikroprosesor berukuran ¼ inchi saja. Namun kinerja dan kemampuan mikroprosesor tersebut dapat mengimbangi kemampuan komputer berukuran besar. Meksipun mengeluarkan dana penelitian yang tidak sedikit (sekitar US$ 100 juta), akhirnya pengorbanan tersebut dapat dibayar dengan dominasi perusahaan Intel di bidang prosesor dan micro chip dunia.