Google Cardboard - Alternatif Virtual Reality yang Murah Meriah

Kompetisi VR atau Virtual Reality memaksa para pabrikan game dan konten digital untuk membuat alat VR secanggih mungkin dengan budget yang tidak kalah besar besaran. Contohnya adalah Oculus Rift atau HTC Vive yang harus dibeli dengan harga mahal oleh pengguna. Sedangkan di ranah smartphone, Samsung Gear VR headset masih berharga 1,5 juta di pasar lokal Indonesia.

Versi paling baru dari Google Cardboard benar benar di luar jalur mainstream. Ya, gadget virtual reality ini hanya seharga $30 saja. Sedangkan di Indonesia sudah dijual ramai seharga 20.000 rupiah. Bahkan jika kita memiliki alat-alat yang tepat di rumah, kita bisa membuatnya sendiri.

Google Cardboard ini berbahan kardus dan alat alat pendukung yang mudah didapat di toko toko pada umumnya. Google menyasar pasar umum yang memberikan alternatif yang lebih terjangkau dan untuk berbagai kalangan untuk menggenjot kreatifitas para developer baik yang independen maupun perusahaan besar dalam dunia Virtual Reality seperti sekarang.

Tak pelak, banyak dari para developer ini membuat aplikasi VR dan video 360. Seperti Fulldive Corp dengan Fulldive VRnya dan banyak video YouTube yang menggunakan kamera 360 untuk menciptakan environment dan experience dalam Virtual Reality.

Apakah ini menandakan perubahan era grafis menuju era virtual reality dengan munculnya Google Cardboard yang murah meriah bagi seluruh kalangan? Kira kira apa inovasi dari Google selanjutnya?