Genap/ganjil atau 3in1?


(Bunga asmara) #1

barubaru ini diadakannya kebijakan baru yaitu plat kendaraan genap dan ganjil sesuai tanggal hari tersebut. lebih efektif mana antara kebijakan genap/ganjil atau 3in1 dimana sekarang ini joki 3in1 mudah ditemukan dimanamana


(Muhamad Rifky) #2

Kalau menurut pendapat saya entah programnya apapun itu untuk mengatasi kemacetan, mau 3in1, atau ganjil genap yang baru baru ini, sama saja jika pajak kendaraan dan harga kendaraan masih dapat dijangkau oleh orang orang. Karena misal seperti sudah dikatakan diatas, 3in1 diluncurkan, munculah joki joki 3in1. Kalau saya melihat dengan diluncurkannya sistem plat ganjil genap akan lebih mendorong orang untuk memiliki lebih banyak kendaraan bermotor karena jika ia punya dua saja minimal dengan plat kendaraan pertama ganjil kemudian kedua genap, berarti ia bisa menggunakan kendaraan pribadinya setiap hari tanpa terbatasi oleh aturan sistem ganjil genap itu. Jadi kalau menurut saya cara efektif untuk atasi kemacetan jakarta khususnya adalah menaikkan harga kendaraan bermotor, kemudian pajak dinaikkan. Tetapi harus juga diimbangi dengan perbaikan transportasi umum.


(Fadillah Dwi Wicaksana) #3

menurut pendapat saya pribadi kedua hal tersebut kurang efektif untuk masalah mengatasi kemacetan dikarenakan apabila memakai 3in1 memang mengurangi kemacetan di sebagian wilayah dan tdak menutup kemungkinan juga tidak mengurangi kemacetan dikarenakan adanya joki dan ada juga polisi yang bermain di balik itu dan dapat dengan mudah memanfaatkan kebijakan 3in1 sebagai ladang rezeki baru bagi mereka.

untuk masalah plat kendaraan genap ganjil ini memang kalau dilihat dari segi untuk mengurangi kemacetan mungkin ini hal yang mendekati baik. karena dengan berlakunya kebijakan genap ganjil anda selaku pemilik kendaraan diharapkan agar menggunakan kendaraan umum di hari lain. masalahnya apakah kendaraan umum yang sekarang ada sudah memadai dan sudah baik dari segi fisik dan pengemudinya? inilah problem besar negara kita.
plat kendaraan genap ganjil ini bisa diakali dengan beberapa hal juga, yaitu : membeli kendaraan dengan plat yang ganjil dan juga genap agar bisa setiap hari menggunakan kendaraan pribadi. anda juga dapat membeli plat nomor plat nomor palsu di pinggir jalan yang sangat mudah sekali di temui dimanapun. atau jika anda malas dengan hal hal ini anda juga bisa ‘memberi upah lebih’ kepada para aparat.

kesimpulannya semua kebijakan ada kelebihan dan ada juga kekurangannya.