Gemar Bersepeda Membuat Awet Muda

Olahraga membuat seseorang lebih sehat pada masa tua karena timbunan lemak dan kolesterol dalam tubuh tetap normal. Massa otot juga stabil. Pria tua yang gemar bersepeda bahkan memiliki testosteron lebih banyak daripada pria muda pada umumnya.

Penelitian terbaru yang dipublikasikan dalam jurnal Aging Cell mengungkap bahwa seseorang yang rutin bersepeda cenderung lebih awet muda. Selain itu, penelitian tersebut turut menumbangkan anggapan bahwa kekuatan manusia menurun seiring pertambahan usia.

Hasil tersebut diperoleh setelah para peneliti dari Universitas Birmingham dan King’s College London mempelajari pesepeda amatir, baik laki-laki maupun perempuan. Obyek penelitian terdiri dari 75 orang berumur 57 hingga 80 tahun dan 55 orang berusia 20 hingga 36 tahun. Para pria harus bisa menempuh jarak 100 kilometer kurang dari 6,5 jam, sementara para wanita dituntut mampu menempuh jarak 60 kilometer dalam waktu 5,5 jam.

Penelitian tersebut menemukan pula bahwa sel kekebalan tubuh yang dimiliki para pesepeda berusia lanjut rupanya sebanyak yang dihasilkan para pesepeda muda. Padahal, organ yang memproduksi sel kekebalan mengalami penyusutan sejak usia 20 tahun.

Dari penelitian tersebut, Janet Lord ingin mengajak masyarakat rutin berolahraga agar memilki kualitas kesehatan lebih baik saat tua. Menurut peneliti lain, Prof. Stephen Harridge dari King’s College, London menambahkan bahwa olahraga mencegah memburuknya kesehatan tubuh. Untuk itu, masyarakat diminta aktif bergerak lewat olahraga.

Sumber : Gemar Bersepeda Bikin Awet Muda, Penelitian Terbaru Jelaskan