Garret Camp : Pendiri Uber dan StumbleUpon

Riwayat Hidup


Garrett Camp lahir pada 4 Oktober 1978 di Calgary, Alberta, Kanada. Ibunya adalah seorang seniman dan ayahnya adalah seorang ahli ekonom. pasangan ini memutuskan untuk mengubah karir mereka dan bekerja sama untuk menjadi tim desain yang membangun rumah. Garrett mewarisi semangat kewirausahaan orangtuanya.

Dia sekolah dasar kecil yang hanya memiliki 150 siswa. Beda dengan SMA-nya lebih besar, dengan jumlah murid sekitar sekitar 1, 700 siswa.

Setelah menyelesaikan sekolahnya ia mendaftar di University of Calgary untuk gelar di jurusan teknik kelistrikan pada tahun 1996. Setelah tahun pertama, ia pindah ke Montreal untuk magang di Jaringan Nortel di mana dia bekerja pada teknologi pengenalan suara. Selama tinggal di Montreal, ia juga mengambil kursus di Concordia University.

Ia kembali ke Calgary pada tahun 2000 untuk menyelesaikan gelarnya. Dia kemudian mulai bekerja pada Master dalam Rekayasa Perangkat Lunak dan sistem kolaboratif diteliti, algoritma evolusioner dan pencarian informasi.

Riwayat Karir


Saat di universitas ia memutuskan untuk membuka usaha sendiri. Ia bekerja sama dengan tiga temannya Geoff Smith, Justin LaFrance dan Eric Boyd untuk mendiskusikan ide-ide bisnis yang potensial. Ia dan teman-temannya membahas lima atau enam ide sebelum akhirnya memutuskan untuk menciptakan suatu penemuan.
StumbleUpon diluncurkan pada tahun 2002 saat Camp masih di universitas. Penemuan ini dirancang untuk membantu orang menemukan situs yang lebih cocok untuk kepentingan mereka daripada situs pencarian biasa.

Perusahaan ini menjadi sukses dalam beberapa tahun dan popularitasnya tumbuh menarik perhatian investor Silicon Valley. StumbleUpon dipindahkan ke San Francisco pada tahun 2006 setelah menerima pendanaan pertama dari Investor Silicon Valley.

Para pendiri menjual StumbleUpon ke eBay senilai $ 75 juta pada tahun 2007. Namun, mereka membelinya kembali di tahun 2009. StumbleUpon sekarang berdiri independen.

Pada tahun 2009 Camp meluncurkan usaha inovatif lagi. Ide untuk layanan taksi telah terfikir dalam pikirannya dari satu tahun lalu dan ia bekerja sama dengan Travis Kalanick untuk menemukan Uber (awalnya UberCab) pada awal 2009. Uber adalah layanan mobil tersedia melalui aplikasi mobile.

Perusahaan menerima $ 200.000 dalam dana di tahun yang sama. Dan diluncurkan dan pada tahun 2010 yang mengangkat $ 1.250.000 dalam pendanaan tambahan. Didirikan di San Francisco, diperluas ke kota-kota lain termasuk New York City, Chicago dan Washington, DC pada tahun 2011. Hal ini terbukti menjadi kesuksesan yang besar, dan pada tahun 2012 perusahaan ini sudah mulai go internasional.

Sebagai seorang pengusaha yang mendirikan dua startups yang sangat sukses, Garrett memutuskan untuk menggunakan satu dekade pengalaman startup yang panjang untuk membangun perusahaan baru. Ia mendirikan expa pada 2013 untuk mengejar gairah nya. Expa adalah studio startup yang bekerja dengan pendiri untuk meningkatkan kesempatan startup mereka sukses.

Fakta-fakta


  1. Camp mendirikan Uber tidak seorang diri melaikan bersama koleganya yaitu Travis Kalanick.
  2. Kedua orang tua nya adalah wirausahawan.
  3. Camp adalah orang terkaya ke-283 se dunia.
  4. Camp adalah orang terkaya ke-3 di Canada.
  5. Namanya di sebut di list Top Inivator TR35
  6. Pada tahun 2008 Camp mendapat penghargaan “one of the Tech’s Best Young Entrepreneurs” di Bloomberg Businessweek.
  7. Selain bekerja pada penemuannya Uber ia juga seorang Investor.

Quotes


Every time I make a mistake with a company, I write it out and try to figure out why it happened. Garrett Camp
I definitely see a correlation between how many things a company gets and how fast a company grows. Garrett Camp
If I had to do over, I might have finished school first, then devoted all my time to StumbleUpon instead of dividing my time between the two. In the end, however, it was probably good to take the time I did. Garrett Camp
I have 250 contracs, employees, and investors who, anytime they come across something relevant, will share it with me. I wake up to 10-15 links that people have explicitly recommended for me. I don’t have to look for news anymore, it flow to me. Garrett Camp

Referensi
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/g/garrett_camp.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Garrett_Camp
http://www.inc.com/larry-kim/23-crazy-facts-about-uber-the-51-billion-startup-success.html
https://successstory.com/people/garrett-m-camp
http://www.thefamouspeople.com/profiles/garrett-camp-6471.php
http://www.forbes.com/profile/garrett-camp/
https://www.linkedin.com/in/garrettcamp

3 posts were merged into an existing topic: Garret camp : Orang Terkaya No.3 di Kanada