Game Engine/software apa saja yang digunakan oleh para team game developer?

Seiring dengan berkembangnya zaman, game pun ikut mengalami perkembangan yang sangat pesat. Game-game pada era sekarang memiliki grafis yang sangat fantastis dan memilki size yang cukup besar.
Semakin kesini para team game developer indonesia mulai meluncurkan game-gamenya, bahkan kemarin pun ada game lokal yang booming di Play Store seperti salah satunya game Tahu Bulat oleh Own Games oleh None Developer dan masih banyak game lokal yang booming di Play Store.

Berbicara mengenai game,lalu game engine /software apa saja yang digunakan oleh para team game developer tersebut untuk menciptakan game ?

Dalam membuat suatu game, terkhususnya game yang memiliki kapabilitas tinggi (Grafis yang bagus, Artificial Intelegence, Gameplay yang Intuitif, dkk) sebuah tim developer akan memanfaatkan sebuah game engine. Disini saya akan membahas mengenai apa itu game engine, dan macam-macam game engine itu sendiri.

Definisi Game Engine

Game engine adalah sebuah set komponen yang rumit dimana menyediakan banyak fitur yang sangat berguna dalam membuat game. Tidak seperti framework development biasanya, game engine dibuat khusus untuk membuat game dan memiliki semua komponen-komponen yang dibutuhkan untuk membuat game.

Cara Kerja Game Engine
Sebuah game engine biasanya terdiri dari lima buah komponen yaitu, logika dari game itu sendiri, Rendering engine yang berfungsi untuk merender aspek grafis dari game, Sound Engine yang berfungsi menangani segala hal yang berhubungan dengan suara dari game, physical engine yang berfungsi untuk menangani kalkulasi efek hukum fisika di dalam game, sebuah artificial intelligence dan modul-modul lain yang terspesialisasi untuk digunakan di dalam game.

Macam-macam Game Engine
Berikut di bawah ini beberapa game engine yang cukup terkenal :

1. Frostbite Engine
Frostbite adalah game engine yang dikembangkan oleh EA DICE (sekarang dikelola oleh Frostbite Labs), dirancang untuk penggunaan cross-platform di Microsoft Windows, konsol game generasi ketujuh PlayStation 3 dan Xbox 360, dan sekarang konsol game generasi kedelapan PlayStation 4 dan Xbox One. game engine ini awalnya dipekerjakan di seri permainan video Battlefield, namun kemudian diperluas ke permainan fps dan berbagai genre lainnya. Sampai saat ini, Frostbite eksklusif untuk video game yang diterbitkan oleh Electronic Arts.

Beberapa contoh game yang dikembangkan menggunakan frostbite engine : Battlefield Series, Need For Speed Series, Dragon Age: Inquisition dan masih banyak lagi yang lainnya

2. Unreal Engine
Unreal Engine adalah Game Engine yang dikembangkan oleh Epic Games.Meskipun terutama dikembangkan untuk FPS game, namun telah berhasil digunakan dalam berbagai genre lainnya, termasuk stealth, MMORPG, dan RPG lainnya. Dengan kode yang ditulis di C ++, Unreal Engine memiliki tingkat portabilitas yang tinggi dan merupakan alat yang digunakan oleh banyak pengembang game saat ini. Unreal Engine telah memenangkan beberapa penghargaan, termasuk penghargaan Guinness World Records untuk “mesin video game yang paling sukses.”

Beberapa contoh seri game yang dikembangkan menggunkana Unreal engine : Tom Clancy Series, Assassin Creed, Batman Series, Mass Effect series dan sebagainya

Dua Game Engine diatas adalah salah satu contoh Game Engine yang popular saat ini, masih banyak lagi macam-macam Game Engine yang dapat digunakan untuk membuat game, dan beberapa diantaranya tersedia secara gratis.

Sumber :


https://www.giantbomb.com/profile/michaelenger/blog/game-engines-how-do-they-work/101529/

Ini merupakan beberapa software untuk menciptakan game:

Unity

Unity adalah aplikasi pembuat game yang multiplatform.Unity sering di sebut aplikasi yang hanya bisa membuat game 3d, akan tetapi setelah adanya pembaruhan muncul game 2d di unity.Yang di maksud multiplatform bisa di gunakan berbagai platform seperti PC, IOS, Android, Xbox, Play Station, Windows phone, Web, dan tidak kalah berkembangnya lagi Unity sudah menggunakan fitur VR ( Virtual Reality). Unity memiliki dua bahasa pemrograman yaitu javascript dan C#. Untuk grafic unity dibuat dengan grafis tingkat tinggi seperti OpenGL dan directX. Perizinan dari unity ada dua versi yaitu untiy pro dan unity. Untuk unity dapat di download secara gratis, sedangkan unity pro berbayar. Ada yang membedakan antara unity dan unity pro. Unity pro memiliki fitur bawaan seperti efek post processing dan render efek texture, sedangkan unity lebih kearah game web dan layar splash untuk game yang berdiri sendiri.

Game maker

Game maker merupakan salah satu aplikasi pembuat game 2d yang diciptakan oleh Yoyo game dan digemari para pembuat game baru. Game maker memiliki fitur antara lain drag dan drop untuk menciptakan sebuah event,penempatan sprite,penataan ruang. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah GML(Game Maker Laguange) tetapi apabila tidak bisa menggunakan GML bisa membuatnya dengan bahasa lain namun akibatnya hasil kurang bagus atau kurang maksimal.

RPG Maker

Yang gemar bermain game RPG(Role Playing Game) ini adalah software untuk mebuat game RPG.RPG Maker adalah game engine untuk mmbuat role-playing video game RPG Maker hanya untuk single platform yaitu PC,tetapi setelah pembaruan RPG Maker MV membuatnya bisa digunakan berbagai macam paltform. Bahasa yang digunakan adalah ruby tetapi setelah update terbaru dan rilis RPG Maker MV menggantinya dengan bahasa javascript. Tapi bagi yang tidak bisa pemrograman tetap bisa membuat game karena menggunkan sistem GUI dan memiliki fitur event contoh game Ib,The Witch House,To the Moon

Cocos2d

Cocos2d merupakan software opensource ,jadi tidak perlu membeli lisensi atau membayar untuk mendapatkan software ini. Beberapa jenis dan versinya Cocos2d,Cocos2d-JS, Cocos2D-X, Cocos2D-XNA dan Cocos2D-Swift semua ini berbasis 2d. Bisa menggunakan bahasa pemrograman apa aja tergantung versi atau varian yang digunakan. Berbeda dengan versi sebelumnya, Cocos2d saat ini menggunakan bahasa pemrograman Phyton.

Cocos2D versi Cocos2D-X sudah menggunakan bahasa pemrograman C++, Javascript, dan Lua. Tidak hanya itu, Software ini juga memiliki fitur multiplatform yang dapat membuild dengan berbagai macam platform seperti PC, Android, IOS, Windows Phone. Cocos2D menyediakan Integrated Development Environment, yang memiliki fitur Live Coding, One Click, Publishing dan Auto Completion.

Corona SDK

Merupakan sebuah softwere pembuat aplikasi yang berfokus dalam pembuatan game. Banyak mafaat menggunakan aplikasi ini, salah satunya adalah fitur yang disediakan oleh softwere ini. Karena manfaatnya tersebut, softwere ini dapat dikategorikan dalam softwere pembuatan game yang terbaik.
Corona SDK sendiri merupakan softwere pembuatan game yang berbasis 2D, bahasa pemrograman yang digunakan adalah Lua. Kelebihan lain dari softwere Corona SDK yaitu aplikasinya dapat di download secara gratis.

Sumber :

software yang sering di gunakan antara lain :

Scirra Ltd.

Perangkat lunak ini memberi kesempatan bagi setiap orang untuk membangun game 2D miliknya sendiri, tanpa coding apapun. Selain itu, proyek yang dibuat dengan penggunaan Build 2 akan didukung pada sebagian besar platform mobile. Itu termasuk iOS populer, Android dan Windows Phone, serta lebih eksotis Blackberry. Akhirnya, ini juga cocok untuk pembuatan game web karena didukung oleh HTML5.
software ini menawarkan fitur :

Cepat dan mudah: tempatkan benda, tambahkan beberapa perilaku dan semuanya menjadi hidup; Antarmuka yang mudah membuka toolet lebar yang membantu pemula dengan sedikit pengetahuan dan waktu. Anda bisa mendapatkan prototipe kerja dengan sangat cepat untuk dibagikan dan mengujinya.
Sistem kejadian dan tindakan: metode utamanya adalah penggunaan lembar acara (bila kondisinya benar, beberapa tindakan atau fungsi dilakukan).

  • Perilaku fleksibel: perilaku adalah seperangkat sifat objek. Ini bisa menghemat waktumu. Contohnya adalah gerakan dalam 8 arah.

  • Presentasi sesaat: Anda dapat melihat pratinjau permainan kapan saja kita mau.

  • Efek visual: lebih dari 70 efek berbasis WebGL. Selain itu, Construct 2 menyediakan plugin Partikel dengan bantuan yang bisa kita dapatkan dari asap, air dan efek menarik lainnya.

  • Ekspor multiplatform: satu proyek untuk beberapa platform melalui penggunaan CocoonJS, PhoneGap dan Crosswalk. Itu sebabnya beberapa aplikasi yang kurang optimal bisa lebih lambat.

  • Extensibility yang mudah: plugin built-in atau self-created dapat digunakan. Pengembang Membangun 2 bahkan mendorong pembuatan plugin baru. Mereka memberi saran bagaimana menulis dan menyesuaikan plugin kita.

Fusi
Pengembang: Clickteam.

Fusion/fusi menyediakan fitur yangkita butuhkan untuk membangun game berbasis acara. Fusion benar-benar tidak sulit untuk memulai sekarang, sementara itu tidak memerlukan pengetahuan bahasa pemrograman. Gunakan kondisi dan tindakan. Tidak perlu menghabiskan berjam-jam mencari beberapa pilihan. Antarmuka itu intuitif dan menyediakan tambalan asli.

Fitur penting:

  • tutorial - untuk membantu kita pada awal pembangunan.
  • semua pemrograman visual.
  • editor pengembangan studio yang lengkap.
  • grafis perpustakaan - pilih grafis premade untuk permainan kita.
  • hak cipta milikmu.
  • komunitas pembangunan yang kuat - membantu dengan langkah pembangunan.
  • prototyping cepat dan mudah.

Pengembang Clickteam berpendapat bahwa Fusion memungkinkan pembuatan game 2D apa pun, meskipun ini adalah varian yang lebih baik untuk game dengan kejadian di bawah kamera statis. Komunitas Clickteam dan dukungan selalu dapat membantu kita dan menjawab pertanyaan kita.

Platform: Windows, iOS, Android.

GameMaker: Studio

Game Yoyo meluncurkan framework pengembangan mereka sendiri khusus untuk pembuatan game 2D. Game Maker Studio mudah digunakan dan bagus untuk memulai. Metode drag and drop dan cepat belajar bahasa GameMaker sendiri (mirip dengan C) akan menjadi pengalaman yang ramah bagi para pengembang junior.

Dengan Game Maker Anda tidak memerlukan anggaran yang besar untuk memulai pengembangan permainan Anda sendiri dan membuatnya menjadi cantik. Terutama, ia memiliki banyak fitur berguna seperti:

  • Dukungan penuh Animasi 2D Spine.
  • Pembelian dalam aplikasi terintegrasi dan mudah dikonfigurasi.
  • analisis real-time untuk mengetahui lebih banyak tentang aktivitas dalam game.
  • berbagai shader
  • Integrasi uap dan git.

Platforms: iOS, Android, Windows Phone, Tizen, Amazon Fire, PS Vita.

SDK Corona

Corona SDK dirancang untuk mengambil tempat sebagai toolset yang lebih cepat untuk membuat game 2D. Panduan dan tutorial juga akan membantu belajar mudah dan cepat berkembang. Selain itu, sejumlah besar fitur dan fungsi juga membantu menghemat waktu kita.

Fitur utamanya adalah:
Tidak diperlukan enkripsi. Cukup tulis dan simpan kode untuk melihat hasilnya. kita akan menghemat banyak waktu dengan menggunakan prototipe untuk menemukan bug dan masalah.

Fitur penting lainnya adalah built-in monetization.
SDK memiliki lebih dari 500 berbagai API dan plugin khusus di Marketplace. Setiap pengguna bebas merancang dan menjual produknya sendiri di sana.
Anda bisa memilih frame rate per detik: 30 atau 60. Pilihan yang lebih baik adalah 60 karena dalam hal ini antarmuka game menjadi lebih mulus dan terlihat lebih tepat.

Platforms: iOS, Android, Windows Phone 8, Kindle, Android/Apple TV

CocoonJS
Pengembang: Ludei.

Cocoon cocok untuk permainan game dan pengembangan aplikasi berdasarkan bahasa HTML5. Apalagi berkat alat akselerasi kanvas WEBGL semua game dan aplikasi akan lebih stabil dan cepat. Sementara itu, pembuatan proyeknya cepat, karena banyak fitur yang sudah jadi dan bisa dengan mudah diintegrasikan. Akhirnya, PhoneGap dan Cordova kompatibel dengannya.

Sementara Ludei menawarkan banyak fitur yang bermanfaat, ia juga memiliki fitur yang unik. Berkat WebView semua proyek yang dibuat di Cocoon akan bekerja pada platform apa pun dan mendukung berbagai API. Selain itu, Ludei menawarkan alat uji coba dan debugging untuk semua pengembang. Proyek yang selesai dapat diupload dengan mudah di pasaran.

Ludei berjanji untuk menyimpan aplikasi kita dari fragmentasi, karena kita hanya memiliki satu set fitur HTML5 pada semua perangkat. Pada akhirnya, Cocoon menyediakan kompilasi berbasis cloud pada semua platform.

Pertama –tama apa sebenarnya game engine itu sendiri, apa game engine benar-benar dibutuhkan untuk membuat game. Pada tahun 90-an dimana game dibuat dengan kumpulan kode program , lalu orang-orang mulai menyadari bahwa kode-kode tersebut dapat digunakan berulang-ulang setiap dalam pembuatan game. Menurut john Carmack mendefinisikan “game engine” yaitu memisahkan bagian game yang dapat digunakan kembali dan bagian yang tidak. Jadi game engine sendiri dapat diartikan sebagai tool atau alat untuk membuat game tanpa perlu secara langsung kita menulis kode programnya. Dengan game engine pembuatan game menjadi lebih efisien dan kita dapat lebih fokus pada konten didalam game seperti jalan cerita, desain, musik dan lainnya. Game engine yang cukup terkenal saat ini yaitu seperti unreal Engine, Unity dan cry engine.

referensi : https://www.quora.com/What-exactly-is-a-video-game-engine-What-can-a-game-do-with-these-engines-that-it-cannot-do-without-them