© Dictio 2017 - 2019, Inc. All Rights Reserved. Terms of Use | About Us | Privacy Policy


Game apa yang memiliki unsur kebudayaan?

Dari kacamata entertainment, video game tidak lebih dari sekedar penghibur lara dan pengisi rasa bosan. Tetapi, seiring waktu banyak video game yang memiliki cerita yang mendalam dengan memasukkan unsur kebudayaan didalamnya.
Menurut pendapat anda, game game apa saja yang memiliki unsur kebudayaan di dalamnya?

Overwatch

game first-person shooter yang memiliki berbagai karakter dari bermacam latar belakang yang membuat setiap masing masing hero-nya mempunyai kemampuan unik. Latar belakang tersebut memperlihatkan berbagai budaya dan stereotype masing masing hero. Bisa kita lihat dari kemampuan dan skin (tampilan) dari hero tersebut.

Contohnya:

  1. Genji (Bedouin skin)

    Genji adalah hero bertema ninja. Terkhusus skin berikut yang Genji punya, merepresentasikan suku Badui Arab. Suku Badui adalah suku yang berpindah-pindah tempat selama pergantian musim dan bekerja dengan menggembalakan binatang ternak mereka. Bagaimana hubungan suku Badui Arab dengan kultur ninja Jepang? Jika diteliti kembali, bangsa Arab memiliki tentara perang yang serupa dengan ninja saat perang salib berlangsung. Mereka adalah Assassin (الحشاشين Al-Hasyassyin), tentara spionase yang mengumpulkan informasi dan membunuh musuhnya dengan cara senyap dan efektif. Tebak, darimana para Assassin ini berasal? Dari suku Badui Arab tentunya :grinning:

  2. Mei (Yeti Hunter skin)

    Mei adalah karakter yang merepresentasikan budaya Cina, dilengkapi dengan senjata pembeku miliknya yang dapat membekukan musuh, ia salah satu karakter support favorit di Overwatch. Yeti Hunter skin milik Mei medepikasikan sebuah pakaian tradisional musim dingin bangsa Mongolia. Mongolia secara umum memiliki cuaca paling dingin dari seluruh kawasan Asia Timur. Pada musim dingin November hingga Maret, beberapa provinsi di Mongolia bertemperatur -40°C.

  3. Mercy (Sigrun skin)

    Mercy adalah seorang dokter yang mampu menyembuhkan (heal) dan menghidupkan kembali hero yang telah mati sebelum respawn (revive). Salah satu skin Mercy yang unik adalah Sigrun. Sigrun sendiri diambil dari mitologi Norse (suku Viking dan Anglo-Saxon) yang merupakan seorang dewi perang. Ia memiliki sebuah entitas takdir dimana ia mampu memilih siapa prajurit perang yang boleh hidup dan harus mati di medan perang. Sesuai dengan karakternya, Mercy dapat menyembuhkan dan menghidupkan kembali siapapun anggota timnya.

1 Like

Banyak sekali game game arcade versus yang memperlihatkan setiap karakter tersebut sesuai dengan budaya dan stereotip dari mana mereka berasal.
Salah satunya adalah Street Fighter

Dua karakter yang menurut saya sangat cocok representasinya adalah Dhalsim dan Rashid.

Dhalsim adalah seorang Yogi (pendeta Hindu), akan tetapi, ia adalah seorang praktisi Yoga yang merupakan sumber original dari olahraga yoga modern.

Seorang Yogi bermeditasi dengan cara membebaskan kekang fisik mereka dengan bergerak lentur. Bentuk meditasi ini adalah representasi dari kepercayaan mereka dengan bersatunya seorang Yogi dengan alam sekitarnya.
Setiap dari gerakan Dhalsim di game juga memperlihatkan cara cara bergeraknya seorang Yogi. Contoh:
Dhalsim mampu menyemburkan api yang mana adalah praktik umum saat Yogi bersemedi untuk dewa api, Agni.
Dhalsim juga mampu berteleportasi yang mana adalah depikasi dari Yogi yang bersemedi dengan meninggalkan jasadnya dan jiwanya menjadi satu dengan alam (secara batin).

Rashid adalah seorang pemuda Arab yang antusias dengan segala macam teknologi baru.
Jika dilihat dari pakaian yang ia kenakan saja, kita bisa tahu bahwa ia seorang pemuda Arab dari pakaiannya yang berwarna putih terang dan sebuah kuffiyah (sorban) di kepalanya.


Saat kita menggerakkan Rashid, setiap serangannya menimbulkan angin yang akan melukai musuh. Gerakan Rashid ini memperlihatkan bagaimana hampir seluruh daratan Arab khususnya Saudi, Dubai, Oman, dll selalu diserang oleh badai pasir disetiap periode musim tertentu setiap tahunnya.

Masih banyak karakter lainnya yang menunjukkan kebudayaan mereka di Street Fighter seperti E. Honda si pesumo, dan Chun-Li master kungfu Cina.
Akan tetapi secara pribadi representasi kedua karakter diatas adalah yang terbaik.