Galaksi apakah yang terbesar di alam semesta ?

Galaksi

Galaksi adalah sebuah sistem masif yang terikat gaya gravitasi yang terdiri atas bintang (dengan segala bentuk manifestasinya, antara lain bintang neutron dan lubang hitam), gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap.

Galaksi apakah yang terbesar di alam semesta ?

Galaksi terbesar di alam semesta yang pernah ditemukan adalah jenis galaksi elips. Dikatalogkan sebagai IC 1101, galaksi tersebut terletak hampir satu miliar tahun cahaya jauhnya dari Bimasakti.

Seberapa besar IC 1101? Pertama, galaksi ini diketahui mengandung 100 triliun bintang. Sebagai perbandingan, jumlah bintang di galaksi ini sekitar 400 kali lebih banyak dari jumlah bintang di Bimasakti.

Kedua, massa galaksi IC 1101 juga sangat besar, yakni sekitar 2,5 kuadriliun (2,5 x 10^15) kali massa Matahari. Sebagai perbandingan, massa galaksi Bimasakti diperkirakan “hanya” sekitar 580 miliar (5,8 x 10^11) kali massa Matahari. Dengan begitu, IC 1101 sekitar 4.300 kali lebih masif daripada galaksi kita.

Galaksi terbesar di alam semesta teramati ini pertama kali ditemukan pada tanggal 19 Juni 1790 oleh astronom Inggris Frederick William Herschel. Baru pada tahun 1895, galaksi ini dikatalogkan oleh astronom lain, John Louis Emil Dreyer sebagai objek ke-1.101 pada Index Catalogue of Nebulae and Star Clusters (IC).

Pada saat hari penemuannya, galaksi ini awalnya hanya teramati sebagai struktur redup. Pengamatan oleh astronom Edwin Hubble pada tahun 1932 barulah mengungkapkan bahwa “struktur redup” tersebut sebenarnya adalah sebuah galaksi.

Sumber : IC 1101: Galaksi Terbesar di Alam Semesta Teramati - Info Astronomy