Galaksi apa yang terdekat dengan galaksi bima sakti ?

Di alam semesta ini terdapat banyak galaksi, lalu apa yang terdekat dengan galaksi yang kita huni sekarang?

Galaksi Bima Sakti tempat Bumi kita berada, merupakan galaksi yang tergabung dalam suatu group galaksi yang terdiri dari sekira 54 galaksi dan galaksi kerdil. Group tersebut juga merupakan bagian besar dari Virgo Supercluster. Banyak dari kita menganggap bahwa Andromeda merupakan galaksi terdekat dengan Bima Sakti. Walaupun galaksi Andromeda merupakan galaksi “spiral” terdekat dengan Bumi namun galaksi Andromeda bukan galaksi terdekat. Galaksi terdekat dengan Bima Sakti sebenarnya adalah galaksi kerdil Canis Major (Canis Major Dwarf Galaxy) alias Canis Major Overdensity.

Pada galaksi kerdil Canis Major, formasi bintang terletak 42 ribu tahun cahaya dari pusat galaksi dan 25 ribu tahun cahaya dari tata surya kita, lebih dekat dari jarak tata surya kita ke pusat galaksi Bima Sakti yang berjarak 30 ribu tahun cahaya.

Dipercaya galaksi kerdil Canis Major memiliki 1 triliun bintang di dalamnya, jumlah yang relatif besar untuk suatu galaksi yang sedang berada dalam fase Red Giant Branch. Bentuk galaksi ini elips dan relatif kasar karena memiliki begitu banyak bintang mirip seperti Sagittarius Dwarf Elliptical Galaxy, pesaing terdekat untuk galaksi terdekat dengan Bima Sakti.

Sebelum ditemukannya galaksi kerdil Canis Major, astronom menganggap bahwa galaksi Sagittarius Dwarf Elliptical Galaxy sebagai galaksi terdekat dengan Bima Sakti yakni sekira 70 ribu tahun cahaya. Untuk galaksi LMC (Large Magellanic Cloud) tampaknya terlalu jauh yakni 180 ribu tahun cahaya dari Bima Sakti.

Sumber:
https://amazinguniverse.com

Galaksi Andromeda


Galaksi spiral yang mirip Bima Sakti adalah galaksi Andromeda. Dalam ruang alam jagat raya, Andromeda adalah tetangga terdekat galaksi Bima Sakti dan memiliki ukuran yang lebih besar dari Bima Sakti. Galaksi Andromeda bersamasama dengan Bima Sakti termasuk galaksi spiral raksasa. Jarak galaksi Andromeda ini sekitar 2,5 juta tahun cahaya. Untuk mengarungi jarak sejauh itu, cahaya memerlukan waktu 2,5 juta tahun. Ini berarti cahaya yang diterima dari galaksi ini adalah cahaya yang dikirimnya 2,5 juta tahun yang lalu yang menggambarkan keadaan galaksi tersebut pada waktu itu. Jarak yang merentang antara Bima Sakti dan Andromeda sejauh 2,5 juta tahun cahaya itu dalam ukuran astronomi masih terhitung dekat. Jarak ke galaksi-galaksi lainnya jauh lebih fantastis. Bahkan ada yang sampai milyaran tahun cahaya.

Perhatian terhadap Andromeda ini sebenarnya telah lama dilakukan para ahli, karena galaksi tersebut dapat dilihat tanpa teleskop. Pada tahun 964 M dicatat sebagai bintang tetap oleh al-S{ufi pengamat langit bangsa Iran. Ketika itu hanya ada dua galaksi lain yang tampak dengan mata telanjang dan kedua-duanya terletak di belahan bumi selatan. Adanya galaksi ini baru dilaporkan di Eropa abad 15 oleh para kapten Henry Pelaut. Kapten yang berbangsa Portugis itu
baru saja pulang dari usahanya mencari jalan ke timur mengitari Afrika. Salah seorang kapten memperhatikan galaksi itu dan di antaranya bernama Magellan, sehingga kedua galaksi yang dianggap kabut aneh itu diberi nama Kabut Magellan.

Penemuan galaksi bertambah banyak berkat adanya teleskop pertama, tetapi semua terlihat sebagai kabut yang mirip kabut Magellan. Para ahli astronomi belum dapat membedakan antara kabut gas dengan galaksi. Oleh karena itu semua kabut itu dinamakan Nebula saja dengan diberi nama dan kode. Di antara nebula yang samar-samar, akhirnya ditemukan oleh Hubble bahwa tiga nebula yang berkode M 31 di Andromeda adalah galaksi tetangga terdekat galaksi bima sakti. NGC 6822 dan M33 adalah galaksi yang terletak jauh di luar pagar rumpun lokal gugus galaksi. Bima sakti dan galaksi M 31 beserta 25 galaksi sekitarnya membentuk gugus galaksi yang dinamakan rumpun lokal. Rumpun lokal bersama-sama dengan gugus galaksi rumpun lokal lainnya membentuk Superkluster Virgo.