Fungsi seni rupa murni

Seni rupa murni adalah sebuah cabang seni yang menghasilkan karya yang lebih menitik beratkan pada keindahan untuk dinikmati saja, atau ekspresi jiwa seperti lukisan.

Fungsi Seni Rupa Murni

Sebuah seni rupa murni mempunyai fungsi yang komplek dalam kehidupan manusia di setiap harinya. Sebuah karya seni murni juga berperan sebagai sarana untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang dengan menggunakan unsur keindahan atau estetika dalam sebuah seni rupa.

Karena memiliki unsur estetika yang tinggi bukan hanya untuk membuat orang yang melihat menjadi bahagia atau senang. Seni rupa murni ini juga digunakan sebagai sarana untuk mempercantik atau sebuah hiasan untuk ruangan agar terlihat indah dan nyaman.

Selain itu juga penggunaan seni rupa murni ini juga sebagai salah satu cara untuk berkomunikasi kepada penikmatnya serta juga menjadi media untuk memberikan sebuah pendidikan yang bersifat baik untuk kepribadian manusia.

Dari segi sosial seseorang yang melihat sebuah karya seni yang bagus dan menarik akan condong untuk ingin tau siapa pembuatnya. Serta mengapresiasi bahkan juga memberi sebuah penghargaan karena hasil karya seninya yang dapat menggugah rasa bahagia tadi.

Bukan hanya itu saja penggunaan sebuah karya seni murni ini juga bisa memunculkan sebuah rasa takjub dan membuat seseorang mengingat sang pencipta.