Francois Pinault : Penguasa Barang Seni dan Mewah

source : http://www.flickr.com/photos/ulikleafar/5646838604/in/photostream

Biografi François-Henri Pinault

Pekerjaan
Businessman, CEO Kering, dan Co-chair dari PPR Yayasan

Afiliasi lainnya

  • Director of Financière Pinault

  • President of Groupe Artemis

  • Anggota dewan pengawas dari ELA, Eropa LSM kampanye untuk penelitian di Leukodystrophy

Tempat dan tanggal lahir
Rennes, Perancis 28 Mei 1962

Kewarganegaraan
Perancis

Pendidikan
HEC School of Management

Total Kekayaan
$ 13800000000 (September 2015)

Peringkat berdasarkan Forbes

  • 84 Billionaires (2016)

  • 4 French

  • 65 in 2015

Penghargaan dan Kehormatan
Pada bulan April 2006, ia dianugerahi Chevalier de l’Ordre National de la Legion d’Honneur

Riwayat Kehidupan
François-Henri Pinault adalah seorang pengusaha Perancis, CEO Kering . Dia adalah putra dari pendiri perusahaan, François Pinault. François-Henri Pinault lulus dari HEC School of Management (1985) dan menyelesaikan dinas militer di French Consulate Economic Expansion station di Los Angeles , di mana ia bertugas mempelajari sektor fashion dan teknologi baru. Pinault menikah dengan Dorothée Lepère 1996-2004 dan mereka memiliki dua anak bersama-sama, seorang putra François dan putri Mathilde. Pinault berpacaran dengan supermodel Linda Evangelista dari September 2005 hingga Januari 2006. Pada akhir Juni 2011, Evangelista mengajukan dokumen pengadilan yang mengungkapkan anaknya, Augustin James Evangelista, telah lahir dari Pinault. Setelah beberapa persidangan, yang bertujuan untuk membangun kesepakatan, Evangelista secara resmi mengajukan perintah dukungan anak di Manhattan Family Court pada 1 Agustus, 2011 sebesar $ 46.000 per bulan dalam mendukung/mengurus anak dari Pinault . Dilaporkan bahwa jika diberikan, jumlah ini “mungkin akan menjadi dukungan terbesar dalam sejarah pengadilan keluarga”. Sebuah berat dipublikasikan dukungan anak persidangan dimulai pada tanggal 3 Mei 2012, dan termasuk kesaksian dari Pinault dan Evangelista, dengan pengacara Evangelista mengklaim bahwa Pinault tidak pernahmendukung/mengurus anak. Beberapa hari ke persidangan, pada tanggal 7 Mei 2012, Evangelista dan Pinault mencapai kesepakatan.

Riwayat Karir
Pinault memulai karirnya di PPR pada tahun 1987, sekarang dikenal sebagai Kering dan pada tahun 1988 menjadi manajer departemen pembelian PPR ini. Pada tahun 1989, ia menjadi kepala manajer Prancis Bois Industries, dan kemudian dari Pinault Distribusi pada tahun 1990. PPR menjadi Kering pada 2013.

Pinault diangkat CEO CFAO (sebelumnya Compagnie Française de l’Afrique Occidentale) anak di Afrika dan wilayah luar negeri pada tahun 1993, yang mengkhususkan diri dalam mobil dan obat-obatan, dan pada tahun 1997 menjadi CEO Fnac . Pada bulan Februari 2000, Pinault menjadi wakil presiden cabang internet dari Fnac, bersama Serge Weinberg, presiden dewan. Dia meluncurkan PPR Interaktif, struktur yang didedikasikan untuk teknologi baru.

Dari Januari 2001 hingga Maret 2005, ia adalah anggota Dewan Keamanan Kering. Pada bulan Mei 2003, ia diangkat wakil presiden dewan sampai Maret 2005.

Pada bulan Mei 2003, ayah Pinault memberikan jabatan sebagai presiden Artemis, pemegang saham pengendali Grup, didirikan pada tahun 1992.

Pada bulan Maret 2005 Pinault menjadi ketua dan CEO Kering .

Pada bulan Juni 2007, ia menjadi presiden retailer German sports, Puma. Pada bulan Februari 2011, Pinault mengumumkan bahwa Kering akan menjadi cabang barang mewah.

Pembelian Puma pada tahun 2007, penjualan Conforama pada tahun 2011 dan pengumuman Group untuk menjual Redcats (La Redoute, Cyrillus, Vertbaudet) dan Fnac di masa depan menggambarkan keinginan Pinault untuk memperkuat kelompok PPR dalam kemewahan dan olahraga & gaya hidup sektor.

Pada bulan Juni 2011, Kering mengakuisisi merek California Volcom untuk menambah divisi olahraga & gaya hidup nya.

Fakta - fakta

  1. Pinault pernah drop out saat SMA
  2. Dia adalah orang peringkat paling atas di dunia dalam kolektor seni karena koleksi seni yang menakjubkan.
  3. Pinault adalah pemilik dari beberapa lukisan paling langka di dunia, termasuk karya-karya dari Picasso, Mondrian dan Jeff Koons
  4. Ia memilih tempat legendaris untuk menampilkan kolesi seninya, yaitu di Palazzo Grassi di Venice, Italy
  5. Pinault memiliki tiga putra dan empat cucu
  6. Ia memiliki hobi bermain kartu dan tenis
  7. Dia memiliki Samsonite operator bagasi, Chateau Latour, Vail Ski Resort di Colorado, salah satu properti terpanas untuk ski dan sepatu Converse
  8. Di dunia bisnis sering disebut “predator” karena kebiasaannya membeli saham atau perusahaan - perusahaan yang mengalami penurunan pasar
  9. Memiliki lebih dari lima belas merek-merek mewah terbaik di dunia di bawah dia dan Artemis
  10. Pinault terlibat dalam pertempuran lama dengan LVHM atas kepemilikan GUCCI, salah satu merek mewah paling menarik dan terkenal di dunia
  11. Pinault memiliki kepemilikan saham merek - merek mewah seperti GUCCI, Yvest Saint Laurent, Bottega Venta, Alexander McQueen
  12. Rumah Pinault sendiri tersebar di berbagai negara dan pada Januari dia membeli Vidal Sassoon’s Bel Air mansion di California seharga $16.5 juta.
  13. Tidak puas dengan merek-merek mewah, Pinault mulai mengejar seni kontemporer dan modern sebagai jalan bisnis baru. Ini mengakibatkan dia membeli Christie’s- rumah lelang seni terbesar di dunia.

Quote

The Italians live well. They have problems, like all countries, but they are well-dressed, the women are pretty. Francois Pinault

My mission is not to forbid French art. If the quality is there, I buy; if the quality isn’t there, I don’t. Francois Pinault

I have no sense of nostalgia. Tomorrow is what interests me. Francois Pinault

The passion for art is, as for believers, very religious. It unites people, its message is of common humanity. Art has become my religion - others pray in church. It’s a banality, but you don’t possess art, it possesses you. It’s like falling in love. Francois Pinault

Referensi

1 Like

Kisah Inspiratif dan Perjuangan François-Henri Pinault

sumber: https://www.thefamouspeople.com/profiles/images/franois-henri-pinault-2.jpg

Tidak mudah menjadi seorang yang putus sekolah (dropout) dan lulusan SMA kemudian menjadi salah satu milyuner paling terkenal di dunia. Berkat kepintarannya dan perjuangannya dalam teknik dan strategi bisnis François-Henri Pinault dapat melakukannya. Ketika Pinault masih umur 7 tahun, dia sehari - harinya menjadi pengantar makanan untuk tentara prancis yang bersembunyi ketika Jerman menginvasi. Suatu hari ketika dia pulang, Pinault dan ayahnya tertangkap pasukan Jerman dan ayahnya dipukuli agar mau berbicara. Ketika, hal itu terjadi Pinault tidak berbicara, bahkan tidak berkedip sekalipun, menurut banyak orang, hal itulah yang membuat Francois-Henry Pinault menjadi orang sukses seperti sekarang, karena dia sudah memupuk sifat determinasi, berani mengambil resiko. dan fokus pada satu hal.

“Dia (Pinault) tidak selalu mendapat apa yang dia inginkan, tetapi karena dia memulai dari nol dan bukan siapa - siapa, dia akan melakukan apapun untuk mencapai kesuksesan. Pertama dia mengalahkan musuhnya, kemudian bahkan menghilangkan saksi keberhasilannya, dia tidak ingin berhutang kepada siapapun.” kata seorang ekseskutif perusahaan Pinault. Kisah perjuangan keberhasilannya yang pertama adalah ketika tahun 1973, ketika itu dia merasakan penurunan harga pasar kayu dan krisis minyak yang masih belum terjadi. Dia menjual 80% salah satu bisnis kayunya seharga 30 juta franc dan 18 bulan kemudian ketika apa yang dia prediksikan terjadi, dia berhasil membeli lagi perusahannya hanya seharga 5 juta franc. Masih banyak lagi contoh keberhasilan oleh Pinault seperti kemenangannya memenangkan produk Gucci dari perusahaan LVHM. tapi dikasus ini dia menunjukkan apa yang dikatakan oleh anak buahnya yaitu akan melakukan apapun demi kesuksesannya.

Meskipun Pinault menjadi salah satu pebisnis tersukses di dunia ini, tentunya dia juga pernah menghadapi suatu kegagalan. Pada tahun 1997 dia berkali - kali gagal dalam mengakuisisi banyak perusahaan. Pada tahun 2005 dia juga gagal dalam usahanya mendirikan sebuah museum karya seni. Namun dengan usaha gigihnya dia dapat mendapatkan omzet yang jauh lebih besar dan berhasil membeli Palazzo Grassi dan menjadikannya tempat pajangan koleksi karya seninya.

Sifat - sifat inspiratif yang dapat kita tiru dari Francois-Henri Pinault adalah:

  1. Melakukan apapun demi kesuksesan
    Sifat diatas adalah sifat yang harus kita miliki dan tumbuhkan seawal mungkin, walaupun kita rela melakukan apapun demi kesuksesan, pastikan tetap sesuai etika dan diharapkan tidak merugikan orang lain.
  2. Memiliki semangat dan gairah dalam bidangnya
    Jika kita memiliki gairah atau passion terhadap suatu bidang, pastikan hal tersebut selalu memotivasi kita untuk menjadi pribadi yang lebih baik.
  3. Memiliki keyakinan yang tinggi bahwa dirinya bisa
    Kita sendirilah yang membangun masa depan kita, yakinkan diri anda bahwa anda selalu bisa dalam melakukan apapun.
  4. Mampu melakukan banyak hal dalam waktu yang singkat
    Berlatihlah melakukan sesuatu dengan cepat, hindari penundaan dan lakukan tugas sedini mungkin sehingga nantinya kita akan terbiasa.

“I have no sense of nostalgia. Tomorrow is what interests me.” Francois Pinault

Sumber :

  1. https://www.theguardian.com/business/1999/apr/03/3 : From Timber Merchant to Corporate Axeman
  2. https://www.forbes.com/profile/francois-pinault/
  3. https://www.britannica.com/biography/Francois-Pinault

gambar3

François Pinault lahir pada tanggal 21 Agustus 1936, di Champs-Géraux di Brittany. Ia mendirikan bisnis kayu pertama di Rennes pada tahun 1963. Kemudian, ia memperluas cakupan kegiatan industrinya termasuk mengimpor kayu, manufaktur, penjualan, dan ritel.

Sebagai pengusaha, Pinault memulai bisnisnya dari nol. Dia lahir dan tumbuh di dalam keluarga berkekurangan, hingga terpaksa putus kuliah karena kehabisan biaya. Tetapi, seperti orang-orang hebat lain, Pinault tidak menyerah. Dia bekerja di berbagai tempat, berusaha mengumpulkan uang, dan terus berusaha tanpa patah semangat hingga akhirnya ia bisa mendirikan sebuah perusahaan.

Pada tahun 1988, perusahaan Pinault go public pada pasar saham Perancis. Pada tahun 1990, François Pinault memutuskan untuk memfokuskan kembali aktivitas perusahaan pada penjualan khusus ritel dan menarik diri di bidang bisnis kayu. Kemudian mengganti nama perusahaan menjadi PPR (Pinault-Printemps-Redoute). Pada tahun 1999, PPR memasuki sektor barang mewah di seluruh dunia, setelah mengakuisisi perusahaan Gucci.

Pada tahun 1992, François Pinault membuat perusahaan Artémis, bisnis yang didedikasikan untuk berinvestasi di perusahaan dengan pertumbuhan yang potensial dan beroperasi pada sektor di luar bidang PPR. Perusahaan tersebut sepenuhnya dimiliki oleh keluarga Pinault secara pribadi. Bisnis artémis, antara lain, Artémis Domaine, di sektor kebun anggur Château Latour di Bordeaux, Domaine d’Eugénie Burgundia dan Aurojo Estate di Napa Valley (California, Amerika Serikat). Artémis juga memiliki Christie yang bergerak di bidang majalah berita "Magazine Le Point”. François Pinault juga pemilik dari klub sepak bola Stade Rennais dan Théâtre Marigny.

Pada tahun 2003, François Pinault mempercayakan perusahaan pada putranya François Henri Pinault yang terus mengembangkan kegiatan di dua arah: sektor mewah, olahraga dan gaya hidup. Pada tahun 2013 perusahaan PPR berubah nama menjadi KERING.

Pinault juga seorang kolektor seni. Pada awal abad ke-21 ia telah mengkoleksi sekitar 3.000 karya. Setelah gagal berupaya untuk membangun sebuah musium di Perancis, Pinault pada tahun 2005 membeli Palazzo Grassi di Venesia, dan tahun berikutnya ia mulai menampilkan persentase kecil dari koleksi-koleksinya, termasuk karya Cindy Sherman dan Jeff Koons. Pada tahun 2007 Pinault dan Palazzo Grassi dipilih untuk membuat sebuah museum seni kontemporer di della Dogana Punta. Musium tersebut memiliki interior yang dirancang oleh arsitek Jepang Ando Tadao, dibuka pada tahun 2009 dan disitulah sejumlah karya dari koleksi Pinault dipajang.

Dia memiliki tiga anak termasuk anaknya yang bernama Francois-Henri yang mengelola perusahaan yang telah didirikan olehnya. Menurut Forbes Daftar milyarder, Pinault peringkat ke-65 di dunia, dengan kekayaan sekitar 22.5 miliar dollar. Miliarder dunia ini pernah hidup di bawah garis kemiskinan. Bahkan saat masih kecil, dia keluar dari sekolah karena teman-temannya terus mengejeknya karena kemiskinan yang dideritanya tetapi ia kini bisa sukses berkat kerja keras.

Kaya2

Hal-hal yang bisa kita tiru dari Fancois Pinault adalah :

  1. Terus berusaha dan pantang menyerah.
  2. Memiliki tekad yang kuat untuk berubah menjadi pribadi yang lebih baik.
  3. Pintar mengatur dan mengalokasikan waktu dengan baik.

Kata-kata terkenal yang pernah ia ucapkan adalah “I have no sense of nostalgia. Tomorrow is what interests me” dan "The passion for art is, as for believers, very religious. It unites people, its message is of common humanity. Art has become my religion - others pray in church. It’s a banality, but you don’t possess art, it possesses you. It’s like falling in love"

Sumber :
https://www.bloomberg.com/billionaires/profiles/francois-pinault/
https://www.britannica.com/biography/Francois-Pinault
https://en.wikipedia.org/wiki/Fran%C3%A7ois_Pinault
https://www.brainyquote.com/quotes/authors/f/francois_pinault.html

François Pinault


image
François Pinault in 2015


François Pinault
François Pinault adalah seorang pengusaha dan kolektor seni Prancis. Dia adalah pemegang saham mayoritas dan ketua kehormatan konglomerat ritel Kering. Dia memiliki tiga anak, termasuk putra Francois-Henri, yang mengelola perusahaan yang didirikan oleh ayahnya. Menurut daftar Forbes milyarder dia berada di peringkat 65 dunia, dengan perkiraan kekayaan US $ 13,7 miliar.
Dia memiliki salah satu koleksi seni kontemporer terbesar di dunia. Pada daftar majalah Art Review tahun 2006 tentang orang-orang terkaya di bidang seni rupa modern, dia berada di peringkat pertama. Pada tahun 2006 ia memperoleh kepemilikan Palazzo Grassi di Venesia untuk menampilkan koleksi tersebut. Dia telah mengumpulkan karya-karya Damien Hirst dan Martial Raysse.


Kehidupan Awal
François Pinault lahir pada tanggal 21 Agustus 1936 di Les Champs-Géraux,di utara Brittany di Barat Perancis.


Karir
Pekerjaan Pinault yang paling awal adalah dengan perusahaan kayu ayahnya, pada tahun 1963 ia mendirikan Société Pinault, sebuah perusahaan kayu dan bahan bangunan (direorganisasi sebagai Pinault SA pada tahun 1988). Pinault mengakuisisi department store Au Printemps SA pada tahun 1992, dan, setelah membeli perusahaan mail order La Redoute, dia membentuk Pinault-Printemps-Redoute pada tahun 1994 (berganti nama menjadi PPR di tahun 2005). Bekerja melalui perusahaan induknya, Artémis SA (didirikan pada tahun 1992), dia menambahkan berbagai perusahaan. Pembelian Pinault atas hampir 30 persen saham di rumah lelang Inggris Christie pada tahun 1998 memberi isyarat bahwa dia beralih ke merek mahal - dan menegaskan ketertarikannya pada seni. Setelah mengakuisisi 42 persen peritel barang mewah Gucci Group NV pada tahun 1992, Pinault berubah menjadi merek mewah, dan pada tahun 2004 dia mendapatkan saham pengendali. Kepemilikannya di Amerika termasuk barang bawaan Samsonite dan sebuah resor ski di Vail, Colo.

Motto dia “I have no sense of nostalgia. Tomorrow is what interests me”

Sumber :
http://quotes.lifehack.org/by-author/francois-pinault/