Film misteri terbaik yang penuh teka-teki

Film misteri adalah sebuah genre film yang berisi elemen-elemen yang penuh tanda tanya dalam jalan ceritanya sehingga penonton perlu berfikir untuk menebak-nebak. Film misteri manakah yang menjadi favoritmu?

Twelve Monkeys [1995]
Di film sci-fi yang dibintangi oleh Bruce Willis ini, sutradara Terry Gilliam memaparkan cerita yang cukup memusingkan dengan imbuhan kisah travel time. Datang dari masa depan, James Cole dianggap gila dan dimasukkan ke rumah sakit jiwa. Dirinya sendiri belum bisa menjelaskan mimpi-mimpi yang menghampirinya yang hadir seolah-olah nyata. Banyak misteri yang bertaburan disana-sini yang semakin bertambah mendekati akhir film.

The Usual Suspects [1995]
Film crime yang penuh misteri ini adalah film yang memperkenalkan talenta sutradara Bryan Singer untuk menapaki Hollywood. Kevin Spacey tampil dalam performa terbaiknya dan berhasil meraih Oscar di kategori Best Supporting Actor.
Karakter yang diperankannya, Roger “Verbal” Kint, memaparkan ceritanya yang sangat memusingkan tapi berhasil meyakinkan dua agen kepolisian untuk melepaskannya dari status tersangka.

Fight Club [1999]
Seorang karyawan kantoran yang menderita insomnia bosan dengan aktifitas hariannya. Kemudian dia berkenalan dengan pedagang sabun yang memiliki tingkah yang slenge’an. Akhirnya mereka bersahabat dan membuat perkumpulan pertarungan underground yang anehnya anggotanya menjadi banyak. Film yang diadaptasi dari novel karya Chuck Palahniuk ini menyimpan misteri hingga mendekati akhir film siapa sebenarnya sosok Tyler Durden yang dibintangi oleh Brad Pitt.

The Sixth Sense [1999]
Film terbaik karya sutradara M. Night Shyamalan ini menyimpan misteri yang cukup mengejutkan di akhir film tentang siapakah sosok psikolog Dr. Malcolm yang membantu Cole sembuh dari penyakit “aneh” dimana dia bisa melihat sosok gaib atau roh orang yang sudah meninggal.
Dengan sabar Dr. Malcolm menemani dan membimbing Cole, hingga akhirnya Cole menyatakan diri berpisah dengan roh-roh di sekitarnya. Dr. Malcolm tenang dan kembali ke rumahnya. Di sinilah ending yang mengejutkan tersebut.

Memento [2000]
Film karya Christopher Nolan ini memiliki alur cerita yang non-linear, dimana ada adegan-adegan dalam format hitam-putih yang beralur maju dan adegan-adegan berwarna yang dituturkan secara mundur, sehingga di akhir film kedua rentetan adegan ini bertemu untuk memecahkan misteri siapakah pembunuh istri Leonard Shelby dan kenapa dia bisa tidak ingat sama sekali akan kejadian itu.
Akan sulit dimengerti hingga akhir film, tetapi ketika kita diberikan sedikit petunjuk jika memperhatikan, kita akan mengerti siapa sosok Leonard ini.

Donnie Darko [2001]
Film mystery terbaik dengan aktor Jake Gyllenhaal sebagai pemeran utama ini memaparkan tema “Parallel Universe” yang dinamakan “Tangent Universe”, dimana dunianya akan dilanda kiamat dengan bertemunya dua dunia tersebut. Hal ini diperparah dengan tewasnya sang kekasih karena korban bully dari teman-temannya yang juga hadir makhluk imajinasi bernama Frank. Tetapi ending film kembali ke 28 hari sebelum peristiwa itu terjadi dan diakhiri dengan ending yang sama sekali berbeda.

Mulholland Drive [2001]
Film misteri karya David Lynch ini melejitkan karir Naomi Watts sebagai aktris papan atas Hollywood. Yang membuat penonton bingung adalah banyak adegan-adegan yang tidak ada korelasinya dengan jalan cerita dan semua tampil secara acak yang membuat misteri yang tersembunyi semakin tidak jelas. Cerita berubah ketika memasuki ¼ film dimana semua misteri itu mulai terkuak secara gamblang.

The Prestige [2006]
Satu lagi film karya Christopher Nolan yang menyimpan misteri tentang rivalitas dua pesulap dalam menghadirkan trik-trik sulap yang inovatif demi kepuasan penonton. Segala cara mereka lakukan dalam persaingan itu, termasuk dengan cara yang licik.
Menggunakan alat-alat sederhana untuk menciptakan sulap memang tidak mudah, sehingga salah satu dari mereka, Alfred Borden, menggunakan teknologi yang dia sembunyikan selama ini dan baru kita ketahui di akhir film trik mengapa trik “The Transported Man” selalu berhasil.

Inception [2010]
Film mystery terbaik peraih 4 Oscar di kategori Best Cinematography, Best Sound Mixing, Best Sound Editing dan Best Visual Effects ini memang harus ditonton berkali-kali untuk memahami lapisan-lapisan mimpi yang ditembus oleh Leoanrdo DiCaprio dan timnya. Setiap mimpi yang berlangsung secara parallel itu menimbulkan efek yang berkesinambungan di mimpi lainnya.
Imajinasi mimpi di dalam film ini benar-benar ditampilkan secara menakjubkan, terutama kota yang terlipat. Ketika timnya berhasil kembali ke dunia nyata, Dom Cobb memasuki dunia “Limbo” dimana dia bertemu dengan teman lamanya. Apakah dia berhasil kembali ke dunia nyata? Perhatikan totem yang diputarnya di akhir film. Itulah petunjuknya.

Shutter Island [2010]
Salah satu film mystery terbaik karya Martin Scorsese ini menampilkan misteri yang terjadi di institusi mental terpencil di tengah laut. Leonardo DiCaprio sebagai Daniels datang ke pulau itu sebagai US Marshal yang menyelidiki pembunuhan dan orang hilang. Dengan melalui berbagai investigasi yang melelahkan, ternyata di akhir film dia bukanlah seorang US Marshal.

Sumber: https://bacaterus.com/film-mystery-terbaik/