Film Indonesia yang tidak balik modal?

Banyak yang bilang alesan penonton film Indonesia sepi adalah karena film Indonesia digarap gak niat, gak kayak film Hollywood yang berani ngeluarin duit banyak. Ada anggapan kalau film mahal berbanding lurus dengan kualitas film. Banyak juga film Indonesia yang udah dibikin mahal-mahal tapi toh ternyata gak ditonton banyak orang karena mengecewakan. Apa sih film Indonesia yang kalian tahu yang tidak balik modal atas pembuatan filmnya?

Film Trilogi Merdeka adalah salah satu film Indonesia yang tidak balik modal dengan biaya yang tidak murah. Salah satu film perang paling ambisius yang pernah dibuat di Indonesia. Sebuah trilogi yang konon kabarnya menghabiskan 64 miliar rupiah. Uang sebanyak itu katanya sih dihabisin buat bikin spesial efek yang dilakukan oleh tim ahli efek spesial dan ahli teknis film dengan pengalaman dalam pembuatan film Hollywood, serta kegiatan promosi ke sejumlah negara di luar negeri.

Dengan uang sebanyak itu dan dukungan pekerja Hollywood, sayangnya dari ketiga film tersebut gak ada yang sampai 1 juta penonton. Film pertama Merah Putih tembus 611.572 penonton, film kedua Darah Garuda hanya 407.426, sedangkan Hati Merdeka gak sampai 400 ribuan.