Film Ikonis Deddy Sutomo

Deddy Sutomo (lahir di Batavia, Hindia Belanda, 26 Juni 1939 – meninggal di Jakarta, 18 April 2018 pada umur 78 tahun) adalah seorang pemeran film dan politikus Indonesia. Apa saja film yang ikonis dengan Deddy Sutomo?

Pandji Tengkorak (1971)
Pandji Tengkorak bercerita tentang seorang bernama Kebobeok (Maruli Sitompul) yang menyamar menggunakan topeng tengkorak untuk mencuri pedang pusaka dari seorang guru silat.

Dewi Bunga (Shan Kuang Ling Fung) yang merupakan murid guru itu ingin membalas dendam pada Pandji Tengkorak.

Dalam misi balas dendam itu, Dewi dikeroyok anak buah Kebobeok. Seketika Pandji Tengkorak asli yang diperankan Deddy Sutomo membantu Dewi.

Pandji Tengkorak merupakan salah satu film yang berhasil mendongkrak nama Deddy dalam dunia perfilman.

Buaya Putih (1982)
Buaya Putih bercerita tentang seekor buaya putih di suatu sungai yang suka menenggelamkan orang ke dasar sungai. Juleha (Yatie Octavia) yang merupakan anak dari Kadir (Syamsuri Kaempuan) merupakan salah satu korban buaya putih.

Beruntung Komar yang diperankan Deddy Sutomo datang menolong Juleha. Komar yang merupakan pawang buaya belakangan mengetahui bahwa buaya putih adalah siluman buaya.

Tutur Tinular III (1992)
Tutur Tinular III bercerita tentang Kerajaan Majapahit di Indonesia. Arya Dwipangga (Baron Hermanto) mengacaukan Majapahit untuk membalas dendam pada Kamandanu (Sandy Nayoan). Pertikaian besar terjadi setelah kekacauan itu.

Setelah itu, Empu Lungga yang diperankan Deddy Sutomo merawat Kamandanu bersama anaknya. Kemampuan Empu Lungga berhasil menyembuhkan luka Kamandanu.

Tanda Tanya (2011)
Tanda Tanya bercerita tentang konflik agama di Semarang, Jawa Tengah. Dalam cerita itu terdapat tiga keluarga yang berbeda agama.

Dalam film ini Deddy Sutomo berperan sebagai pastor di gereja. Beberapa kali Deddy tampil sebagai pastor yang sedang memimpin doa serta ibadah.

Selain tayang di Indonesia, film ini juga tayang di beberapa negara lain. Tanda Tanya mendapatkan nominasi pada sembilan kategori Piala Citra di Festival Film Indonesia 2011

Mencari Hilal (2015)
Mencari Hilal bercerita tentang Mahmud (Deddy Sutomo) yang berjuang menerapkan perintah agama Islam. Selama hidupnya ia berdakwah agar orang percaya bahwa Islam solusi masalah hidup.

Kualitas akting Deddy dalam film ini tidak diragukan lagi. Berkat aktingnya dalam film ini ia diganjar penghargaan Aktor Utama Terbaik di Festival Film Indonesia 2015.

Sumber: https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20180418095943-220-291629/lima-film-ikonis-aktor-senior-deddy-sutomo