Film hollywood yang dilarang tayang di Indonesia

Ada sejumlah film hollywood yang dilarang tayang di Indonesia. Tahukah kamu, film hollywood apa saja yang dilarang tayang di Indonesia?

Noah (2014)
Film ini secara garis besar menceritakan kehidupan Noah atau umat islam menyebutnya Nabi Nuh. Dibintangi oleh Russel Crowe dan Emma Watson ini bukan film yang buruk dan enggak patut ditonton. Namun, banyak yang berpandangan bahwa cerita yang diangkat sutradara Darren Aronofsky itu enggak sesuai fakta. Apalagi, masyarakat Indonesia mayoritas penganut agama Islam. Film ini dikhawatirkan jadi perdebatan karena dinilai terlalu nyimpang.

Balibo (2009)
Film Balibo dianggap cukup kontroversial, termasuk di Indonesia. Bagaimana enggak? Film ini menceritakan sudut pandang lain tentang konflik di Timor Leste. Ditambah, film itu juga menunjukkan adegan ketika lima wartawan Australia yang meliput konfilk tersebut dibunuh oleh TNI.
Makanya, pemerintah Indonesia bener-bener nolak keras film ini. Soalnya, dianggap mengangkat fakta sejarah yang enggak valid. Dikhawatirkan bakal memunculkan konflik nantinya, pemerintah Indonesia menolak tegas film ini.

Schindler’s List (1993)
Film tentang Nazi memang seringkali kontroversial. Salah satunya, film Schindler’s List garapan Steven Spielberg. Yap, film tersebut ditolak di beberapa negara termasuk Indonesia. Film ini menceritakan Oskar Schindler’s yang menyelamatkan para tawanan Yahudi dari Nazi.
Sama kayak PKI, film ini dinilai terlalu sensitif. Selain itu juga punya potensi buat bikin kegaduhan massal di seluruh dunia. Makanya, banyak negara yang enggak ambil pusing buat langsung cekal film ini. Speilberg pun menyayangkan beberapa negara tersebut. Menurutnya, Schindler’s List hanyalah ungkapan rasa kemanusiaan seorang Oskar.

Sumber: https://www.kincir.com/movie/cinema/film-hollywood-yang-dilarang-tayang-di-indonesia