Film dengan kerugian terbesar

Tidak hanya keuntungan, ada beberapa film yang dinobatkan sebagai film dengan angka kerugian terbesar. Menurut kamu, film apa sajakah itu?

Mars Need Moms (2011)
Modal: Rp 2,2 triliun
Pendapatan: Rp 300 miliar
Rugi: Rp 1,9 triliun
Film animasi komputer hasil kerjasama dari Walt Disney dan ImageMovers Digital ini harus menelan pil pahit, total pendapatan film ini hanya Rp 300 miliar, sangat jauh dari anggaran yaitu Rp 2,2 triliun. Film ini menjadi Box Office terburuk yang berasal dari brand Disney. Film ini dibintangi oleh Dan Fogler pengisi suara Zeng bebek di Kung Fu Panda dan Joan Cusack pengisi suara Jessie di Toy Story.

John Carter (2012)
Modal: Rp 4 triliun
Pendapatan: Rp 2,3 triliun
Rugi: Rp 1,7 triliun
Satu lagi film dari Walt Disney, John Carter, tidak terlalu sukses di Box Office. Dengan modal yang fantastis mencapai Rp 4 triliun, film yang menceritakan kehidupan di Mars ini hanya mendapatkan keuntungan Rp 2,3 triliun. Film ini mendapatkan ulasan yang negatif dari para kritikus yang mengatakan cerita sulit dimengerti dengan durasi lama dan membosankan. Film ini dibintangi oleh Taylor Kitsch dan Lynn Collins yang sebelumnya bermain bersama dalam film X-Mens Origins (2009).

The Lone Ranger (2013)
Modal: Rp 4 triliun
Pendapatan: Rp 2,3 triliun
Rugi: Rp 1,7 triliun
Masih dari film produksi Disney, kali ini film The Lone Ranger yang dibintangi oleh Johny Depp dan Armie Hammer. Film yang disutradari oleh Gore Vebrinski ini tidak balik modal dan hanya mendapatkan pendapatan Rp 2,3 triliun dari ongkos produksi Rp 4 triliun. Walau tidak berjaya di Box Office, film ini masuk nominasi Academy Awards 2014 untuk kategori Best Make Up and Hairstyling dan Best Visual Effect.

Jack The Giant Slayer (2013)
Modal: Rp 3 triliun
Pendapatan: Rp 1,6 triliun
Rugi: Rp 1,4 triliun
Film yang disutradarai oleh Bryan Singer ini dibintangi oleh Nicholas Hoult, Eleanor Tomlinson, dan Stanley Tucci. Jack The Giant Slayer diproduksi oleh Warner Bros dan mendapatkan pendapatan sekira Rp 1,6 triliun.

How Do You Know (2010)
Modal: Rp 1,8 triliun
Pendapatan: Rp 470 miliar
Rugi: Rp 1,4 triliun
How Do you know merupakan film komedi romantic yang dibintangi oleh Reese Witherspoon, Paul Rudd, Owen Wilson dan Jack Nicholson. Film yang didistribusikan oleh Columbia Pictures ini hanya mendapatkan pendapatan Rp 470 miliar yang jauh di bawah ongkos produksi sebesar Rp 1,8 triliun.

Pan (2015)
Modal: Rp 2,3 triliun
Pendapatan: Rp 930 miliar
Rugi: Rp 1,3 triliun
Pan merupakan film petualangan fantasi yang dibintangi oleh Hugh Jackman, Levi Miller, Garret Hedlund dan Rooney Mara. Film produksi Warner Bros ini diadapatasi dari kisah dongeng Peter Pan ini tidak sukses di Box Office, jangankan balik modal, malah merugi hingga Rp 1,3 triliun dari total ongkos produksi Rp 2,3 triliun. Bahkan aktor kawakan seperti Hugh Jackman pun tidak mampu menolong keuntungan film Ini.

47 Ronin (2013)
Modal: Rp 2,5 triliun
Pendapatan: Rp 1,2 triliun
Rugi: Rp 1,3 triliun
47 Ronin merupakan film yang diiproduksi oleh Universal Studios. Film yang disutradarai Carl Rinsch ini dibintangi Keanu Reeves dan Hiroyuki Sanada. 47 Ronin menceritakan tentang kelompok kehidupan samurai di Jepang pada abad ke-18 yang ingin membalas kematian tuan mereka. Film ini mendapatkan kritikan negatif mengenai kurangnya originalitas dan hanya mendapatkan pendapatan Rp 1,2 triliun sehingga gagal menutup biaya produksi sebesar Rp 2,5 triliun.

Jupiter Ascending (2015)
Modal: Rp 2,7 triliun
Pendapatan: Rp 1,4 triliun
Rugi: Rp 1,3 triliun
Jika Taylor Kitsch gagal di planet Mars, kali ini Channing Tatum dan Mila Kunis gagal di planet Jupiter. Film ini disutradarai oleh Andy dan Lana Wachowskis yang sukses dengan fim The Matrix (1999). Merugi hingga Rp 1,3 triliun, film ini dibintangi pemenang Aktor Terbaik Oscar 2014, Eddie Redmayne.

R.I.P.D. (2013)
Modal: Rp 1,9 triliun
Pendapatan: Rp 722 miliar
Rugi: Rp 1,2 triliun
Film aksi R.I.P.D (Rest In Peace Department) dibintangi oleh Jeff Bridges and Ryan Reynolds. Film ini diangkat berdasarkan buku komik Rest in Peace Department karya Peter M. Lenkov namun gagal di Box Office dengan pendapatan hanya Rp 722 miliar dan mendapatkan ulasan negatif dari para kritikus.

Tomorrowland (2015)
Modal: Rp 2,7 triliun
Pendapatan: Rp 1,4 triliun
Rugi: Rp 1,2 triliun
Film terakhir masih dari Walt Disney, Tomorrowland, film yang dibintangi George Clooney ini tidak balik modal alias gagal di Box Office. Film sains-fiksi ini hanya meraup pendapatan Rp 1,4 triliun yang tidak mampu menutup biaya produksi sebesar Rp 2,7 triliun. Film ini disutradarai oleh Brad Bird yang 2 kali memenangkan Best Animated Feature di Academy Awards untuk film The Incredibles dan Ratatouille.

Sumber: https://id.bookmyshow.com/blog-hiburan/10-film-hollywood-dengan-kerugian-terbesar-sepanjang-masa/