Film Bermakna Politik Yang Amat Penting Untuk Merepresentasi Aktor dalam Meracik Perpolitikan di Indonesia

Film merupakan hal yang mudah diterima oleh semua kalangan, dan politik jarang diselipkan secara umum. Oleh sebab itu film menjadi jalan untuk memperkenalkan tentang politik secara keseluruhan.

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa pendidikan politik itu tidak penting karena itu hanya milik kaum politisi atau birokrat. Mungkin saja mereka dipengaruhi oleh media dengan menggunakan teori kultivasi. Menurut teori kultivasi ini, media massa menjadi alat utama dimana para penonton belajar tentang masyarakat dan kultur dilingkungannya. Kita juga bisa mempengaruhi atau lebih tepatnya mendidik masyarkat dengan media film.

Tujuan dari pembuatan film tersebut tentu untuk menjadi patokan bagaimana politik kita yang sebenarnya dengan dikemas lebih menarik dan mendidik. Ada beberapa benefit yang dapat diperoleh. Pertama, skala ekonomi yang besar, dimana penyajian dalam bentuk komedi (bukan politik) menjangkau banyak kelompok umur dan status social, dan masih jarang juga film yang mengangkat tema tentang pendidikan politik. Kedua, tentu dalam meraup hasil positif, baiknya pembuat film harus kembali ingat bahwa mereka masih memiliki responsibilitas moral karena semua keuntungannya diambil dari kita orang Indonesia. Apabila gagal melibatkan standar film basis politik yang mudah dicerna masyarakat, maka tidak heran akan terjadi ketidakpastian politik di kehidupan. Dengan ini, otomatis juga film-film politik selanjutnya tidak menarik perhatian penonton. Karena tujuan riil dari proses ini adalah sebenarnya edukasi politik yang paling utama.

Bagaimana menurutmu apabila dunia film yang disuguhkan dalam politik realita maupun teori digencarkan oleh pihak produser?

sumber: https://www.kompasiana.com/anugrahyonda/55fb775e0223bd3c048b4568/film-sebagai-media-belajar-tentang-politik?page=all

1 Like

Keren banget nih artikelnya karena membahas politik lewat perantara yang dekat banget sama kehidupan khususnya milenial. Tapi sejauh mana sih efektifitas dan urgensi metode tersebut?

artikelnya sangat tepat untuk generasi milenial saat ini ya, melakukan pendidikan politik melalui film. seperti film dibalik 1998 misalnya yang diperankan oleh Chelsea islan dan boy william yang banyak diminati oleh pemuda saat itu khususnya bagi penggemar dari pemain di film tersebut. Sedangkan terdapat film moonrise over egypt yang menceritakan mengenai sejarah Indonesia mengenai perjuangan Agus Salim ke Mesir agar Indonesia diakuin sebagai negara merdeka kurang peminat. Selain itu terdapat beberapa film lain dengan tema politik, akan tetapi yang memiliki jumlah penonton lebih banyak adalah film dibalik 1998. Oleh karena hal tersebut menurut pendapat saya mungkin jika akan membuat film dengan tema politik dapat melibatkan aktor yang banyak diminati oleh anak muda agar edukasinya tepat sasaran.

Materi yg diangkat relate bgt sama hobiku nonton film heheh… baca ini jadi sadar yaa betapa pentingnya kita belajar politik bisa dari media apa aja, salah satunya film. Baru sadar pengetahuan tentang film² tentang politik masih kurang nih aku. Kalau boleh saranin film politik yg recommended buat di tonton apa ya ka?

Bahasan yang menarik. Film adalah salah satu media yang sering digandrungi milenial. Menurut saya, dengan adanya pendekatan politik melalui film akan menarik minat milenial dalam dunia politik. Selain menambah wawasan, lewat film perpolitikan bisa dianggap bukan lagi hal yang tabu bagi milenal. Mereka akan menganggap bahwa politik adalah sesuatu yang asik. Apalagi selama ini, politik sering dianggap sesuatu yang berisik karena sering menontonkan keributan. Harapannya melalui film, politik bisa berkesan di hati masyarakat terutama milenal.

menarik bgt artikelnya!
dan setuju bahwa film dapat digunakan sebagai pendidikan politik khususnya untuk kaum muda yang masih cenderung apatis thd isu2 politik. industri pefilman Indonesia saat ini sudah sangat berkembang dgn produksi2 filmnya yg berkualitas, bahkan ada pula film Indonesia yang mendapatkan penghargaan di kancah internasional. namun, film yg bermakna politik mmg masih sedikit diproduksi. dalam hal ini, industri perfilman Indonesia mgkn dapat lebih mempertimbangkan untuk menayangkan film2 bermakna politik yang dapat mengedukasi masyarakat dan juga dapat dicerna dgn mudah.