Film apakah yang menggunakan efek 3D pertama di dunia?

Efek 3D

Efek 3D akan memberikan kita sensasi menonton yang terasa benar-benar nyata. Film apakah yang menggunakan efek 3D pertama di dunia?

Star Wars menjadi film pertama yang menggunakan efek 3D. Film ini dibuat tahun 1977, dimasa itu teknologi ini sudah sangat canggih. Star Wars pertama yang dirilis tahun 1977 ini sebenarnya pada awalnya hanya dibuat untuk satu film saja dan tidak direncanakan untuk dibuat sekuelnya. Jadi judul awalnya hanyalah “Star Wars” tanpa embel-embel nama episode atau pun sub judul seperti yang kita kenal sekarang.

Star Wars dirilis pada 25 Mei 1977 dan langsung melambungkan nama Mark Hamill, Harrison Ford, dan Carrie Fisher sebagai trio pemeran protagonis dalam film ini. Star Wars: A New Hope disutradarai langsung oleh George Lucas dan semenjak dirilisnya prequel trilogy, film ini berjudul lengkap Star Wars Episode IV: A New Hope, sebagai awal dari original trilogy.

Diceritakan galaxy sedang dalam masa peperangan akibat pemberontakan terhadap empire yang dipimpin oleh Darth Sidious dan muridnya yang sangat terkenal di kalangan fans Star Wars, Darth Vader. Kapal pemberontak yang ditumpangi oleh Leia Organa (Carrie Fisher) diserang oleh Darth Vader dan pasukannya, di saat terdesak Leia memasukan data penting ke sebuah robot droid R2-D2, saat Leia tertangkap R2-D2 dan robot C-3PO berhasil melarikan diri dan terjatuh di planet gersang, Tatooine. Kedua robot itu ditemukan oleh kaum Jawa dan kemudian menjualnya di tempat penjualan robot rongsokan. Tak disangka R2-D2 dan C-3PO dibeli oleh Paman Ben saat ditemani oleh Luke Skywalker (Mark Hamill). Luke tinggal bersama bibi dan pamannya tersebut sampai ia mendapati sebuah rahasia besar yang disimpan dalam data R2-D2, bahwa ia harus menemui Obi Wan Kenobi (Alec Guinnes) karena dunia terancam bahaya akibat death star yang tengah dibuat oleh Empire, death star adalah benda raksasa yang dapat menghancurkan planet dengan seketika. Luke Skywalker bertemu dengan Obi Wan dan Obi Wan menjelaskan bahwa Luke harus menghentikan semuanya. Setelah paman dan bibinya tewas karena suatu insiden ia tak punya pilihan lain selain mengikuti Obi Wan.