Film apa yang termasuk film paling kontroversial di Indonesia?

Film memang tidak semata-mata dibuat atas dasar hiburan saja. Film juga bisa dijadikan sebuah alat propaganda terhadap suatu isu sosial. Seperti pedang bermata dua, film juga bisa menyentuh berbagai pihak dengan menyinggung isu rasial, politik, maupun agama. Makanya, gak heran jika banyak juga film yang dianggap sebagai film yang kontroversial. Film mana sih yang menurut anda paling kontroversial di Indonesia?

Menurut saya salah satunya adalah film Penjara dan Nirwana. Fim dokumenter besutan Daniel Rudy Haryanto ini memang tidak mendapat Surat Tanda Lulus Sensor (STLS) dari Lembaga Sensor Film (LSF). Akibatnya, film dokumenter ini tidak dapat ditayangkan untuk publik di Indonesia. Film ini menjadi begitu kontroversial karena memuat wawancara para pelaku Bom Bali, seperti Amrozi, Imam Samudra, serta Mukhlas. Dalam film ini, para pelaku Bom Bali tersebut menyatakan dengan terang-terangan mengenai jihad dalam agama Islam dan pengeboman. Pantas aja film ini dinilai LSF mengandung banyak propaganda yang sangat menyesatkan dan berpotensi memberikan pengaruh negatif bagi para pemuda Islam di Indonesia.


Film Jagal atau dalam bahasa Inggris The Act of Killing, merupakan film karya Joshua Oppenheimer ini bercerita tentang para pembunuh anti-PKI. Dalam film tesebut, para pembunuh PKI menceritakan tentang pembunuhan yang mereka lakukan dan cara yang mereka gunakan untuk membunuh. Film ini merupakan salah satu film kontroversial di Indonesia, dan akibatnya film ini tidak pernah tayang di bioskop lokal.

Film ini dibuat sebagian besar di Medan Sumatra Utara, antara tahun 2005-2011. Pemutaran perdana fim ini di Toronto International Film Festival pada bulan September 2012. Film ini sangat mendapat pujian yang baik dari dunia Internasional, terbukti dalam penilaian oleh situs Agregator ulasan Rotten Tomatoes memberikan penilaian positif 97%.

Film The Act of Killing sendiri telah banyak memperoleh penghargaan. Salah satu yang terbaik dalam penghargaan tersebut, film Jagal masuk dalam perebutan Piala Oscar 2014 untuk kategori Film Dokumenter Panjang Terbaik.