Fibrodysplasia Ossificans Progressiva (FOP): Penyakit misterius yang dapat membuat tubuh manusia bergerak seperti patung

image

Sobat diskusi masih ingat permainan “Manequein Challenge” sebuah tantangan yang mengharuskan orang diam seperti patung selama beberapa waktu, yang sempat viral di media sosial beberapa waktu yang lalu? Ternyata penyakit tersebut benar-benar ada di Dunia ini! Di dunia medis, penyakit ini disebut dengan fibrodysplasia ossificans progressiva (FOP). Sobat diskusi ada yang pernah mendengar kisah mengenai penyakit ini?

Berdasarkan yang pernah saya baca, angka perbandingan orang terjangkit penyakit FOP ini sekitar 1 banding 2 juta orang, penyakit genetik langka ini mempengaruhi jaringan ikat. Lebih dari 700 kasus FOP ditemukan di seluruh dunia, para penderitanya memiliki jaringan berserat seperti otot, ligamen dan tendon menjadi kaku sampai menyebabkan dalaman tulang menjadi rusak. Seperti tumbuhnya tulang dalam otot dan tendon di seluruh tubuh. Gejala paling mudah dikenali pada orang yang menderita FOP ini ialah biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir seperti malformasi jempol kaki ataupun tangan. Dan obat untuk penyakit ini belum ditemukan hingga sekarang.

Referensi: http://www.kejadiananeh.com/