Festival Shivaratri, apakah isi dari festival ini?


(anandaghafari) #1

Di India ada yang bernama festival Shivaratri, untuk orang yang awam dan tidak dapat terlalu berbahasa sejenis itu pasti bingung apa sih festival ini, apa makna diadakannya festival ini.

Untuk itu apakah ada traveller yang dapat menjelaskan mengenai Festival Shivaratri ini? Jika ada, yuk diskusikan disini!


(ahyarm) #2

Festival Shivaratri


Festival Shivaratri adalah salah satu hari sucinya umat Hindu, di Bali lebih dikenal dengan sebutan Padmaja Ratri. Tak jauh berbeda dengan masyarakat di Bali, di India yang mayoritas penduduknya menganut ajaran Hindu, Festival Shivaratri juga menjadi festival yang rutin diadakan setiap tahunnya. Sebagian besar masyarakat hindu di India merayakan Maha Shivaratri selama dua hari. Festival ini memang terkenal meriah dan eksotis. Masyarakat yang menghadiri Festival Shivaratri biasanya membawa mangkuk berisi buah-buahan, dengan harapan mereka dapat menyenangkan para dewa-dewa. Tak hanya itu, mereka juga mengucapkan mantra-mantra sebagai doa serta mengenakan jubah berwarna kuning jingga untuk menghormati dewa-dewa yang berada di kuil.

Bagi wisatawan Festival Shivaratri memang memiliki keunikan tersendiri sehingga menarik perhatian mereka untuk datang dan menyaksikannya langsung. Bagaimana tidak menarik? Di dalam festival ini banyak sekali prosesi-prosesi yang menarik dan sayang sekali untuk kalian lewatkan begitu saja. Festival yang didedikasikan untuk menghormati Dewa Siwa ini berlangsung selama dua hari, dan biasanya hari pertama diisi dengan kegiatan dansa kosmik, Tavata. Selain itu ada pula kegiatan mempersembahkan apel emas untuk Dewa Siwa, melakukan puasa penuh selama 24 jam, dan berjaga-jaga sepanjang malam festival. Keren yaa konsep festival ini!