Fenomena alam apa saja yang sangat mengagumkan yang terjadi di bumi?


(Dictio Community) #1

Fenomena alam adalah peristiwa non-artifisial dalam pandangan fisika, dan kemudian tak diciptakan oleh manusia, meskipun dapat memengaruhi manusia. Contoh umum dari fenomena alam termasuk letusan gunung berapi, cuaca, dan pembusukan.

Sebagian besar fenomena alam tak berbahaya seperti hujan. Fenomena alam seperti letusan gunung berapi, tsunami dan tornado dianggap berbahaya dan dapat menimbulkan kematian.

Fenomena adalah hal yang luar biasa dalam kehidupan di dunia dan dapat terjadi dengan tidak terduga dan tampak mustahil dalam pandangan manusia.

Sumber : wikipedia


(Saintia) #2

Di dunia ini, terdapat banyak sekali fenomena-fenomena menarik yang terkadang hanya terjadi beberapa kali atau dalam kondisi tertentu. Tidak semua manusia dapat menyaksikan secara langsung fenomena-fenomena ini. Namun di setiap bagian di negara manapun pasti memiliki fenomena uniknya masing-masing. Beberapa diantaranya adalah:

  • Petir Vulkanik
    Fenomena ini muncul ditengah-tengah gunung yang sedang meletus dan menghasilkan petir.

  • "Door to Hell"
    Fenomena ini terjadi karena orang-orang soviet yang hendak mengebor minyak dan secara tidak sengaja menyebabkan api.

  • Danau Abraham
    Terdapat gelembung-gelembung yang nampak indah persis di bawah danau yang membeku. Danau ini mudah sekali terbakar karena gelembung-gelembung tersebut merupakan gas metana.

  • Petir Catatumbo
    Fenomena alam ini hanya terjadi di sungai Catatumbo, Venezuela. Dan peristiwa ini hanya terjadi diantara 140 hingga 160 malam setiap tahunnya.Terjadi selama 10 jam setiap malamnya dan terdapat hampir 280 petir tiap jamnya.

  • "Great Blue Hole"
    Great Blue Hole merupakan sebuah lubang raksasa yang terdapat di pantai Belize. Lubang ini memiliki diameter sebesar 300 meter dan kedalaman sedalam 124 meter.

  • Aurora
    Fenomena alam ini merupakan sebuah cahaya-cahaya yang terjadi pada lapisan ionosfer dan disebabkan karena adanya interaksi antara medan magnetik dan angin surya.

  • Ombak Bioluminesensi
    Bioluminesensi merupakan sebuah makhluk hidup yang dapat memancarkan cahaya yang diakibatkan adanya zat kimia tertentu. Pada sebuah pantai di Maldives, ketika malam hari anda akan melihat cahaya biru di sepanjang pesisir pantai. Cahaya tersebut terjadi karena adanya plankton bioluminesensi pada pantai tersebut yang menyebabkan munculnya cahaya biru setiap malamnya.

Informasi diatas merupakan sedikit dari contoh-contoh fenomena alam yang ada di dunia ini. Dan masih terdapat ratusan fenomena alam lainnya yang menakjubkan di dunia ini.