Female Daily Sukses Berkembang Berkat Komunitas dan Konten

Female Daily Network merupakan sebuah situs media informasi bagi wanita yang mengetengahkan konten seputar dunia wanita di Indonesia. Dalam perjalananya kini, Female Daily Network telah mengembangkan 4 situs, yaitu Fashionese Daily, Mommies Daily, Clozette Daily dan Travelers Daily.

Female Daily dianggap menghadirkan konten berkualitas dan inspiratif seputar fashion, kecantikan, review dan belanja. Female Daily Network terus berkembang sampai saat ini. Tercatat sampai Agustus 2013 saja, jumlah page view Female Daily Network mencapai 7 juta per bulannya, menggaet 70.000 member dan angka itu terus bertambah sekitar 3000 member per bulannnya.

Selain mempunyai 4 situs dengan segmen wanita, Female Daily Network juga dilengkapi dengan forum, dengan menyumbang traffic tertinggi secara keseluruhan. Dengan jumlah member yang cukup banyak, tak heran jika Female Daily Network lantas mengkolaborasikan konten dengan komunitas sebagai pembaca setianya.

Fokus kepada komunitas dan didukung dengan adanya forum bagi wanita, hal ini diklaim menjadi keunikan dan strategi dari Female Daily Network untuk bersaing dengan media lainnya.

Saat ini, berdasarkan www.similarweb.com femaledaily berada di peringkat 606 di Indonesia dan total dikunjungi sebanyak 2,1 jt kali pada 6 bulan terakhir.

Sumber : HarianTI.com

Menurut saya female daily dapat sukses bukan hanya dengan komunikasi dan konten saja, banyak strategi-strategi bisnis yang dikembangkan untuk membuat female daily menjadi seperti sekarang ini. Menurut sumber dari id.techinasia.com yang saya baca, terdapat 5 stategi bisnis yang digunakan oleh female daily :

  1. Female daily memiliki caranya sendiri dalam menulis isi konten dalam websitenya, shingga female daily memiliki passionnya sediri dalam setiap konten yang dituliskan kedalam websitenya, karena memang dari awal female daily merupakan blog pribadi yang ditulis karena hobi buka bertujuan untuk bisnis.

  2. Female daily memiliki gaya tulisan yang mudah dipaham oleh pembaca. Pentingnya pembaca bagi female daily membuat gaya penulisan selalu dibuat dari sudut pandang pembaca, hal ini didukung dengan konten-konten yang ditulis merupakan dari pengalaman pribadi. Inilah yang membuat female daily lebih dapat berinteraksi dengan baik dengan pembacanya.

  3. Selain memperhatikan kualitas dari konten tulisan female daily juga selalu memperhatikan konten visual, seperti foto dan video dengan tujuan untuk lebih memperjelas suatu konten tulisan. untuk mendapatkan kualitas yang baik female daily membuat foto dan videonya sendiri.

  4. Untuk menarik pembaca female daily memberikan fasilitas pembaca untuk ikut serta dalam website female daily, karena menurut mereka kontribusi pembaca juga penting untuk menarik pembaca lain. Untuk menampung kontribusi dari pembaca female daily membuat konten Review dan Forum. Adanya konten review pembaca dapat memberikan informasi kepada pembaca lain tentang produk yang telah mereka gunakan. Konten forum juga dapat digunakan oleh pembaca untuk memperoleh informasi lain terkait dengan kecantikan, kesehatan, keuangan, kair dan lainya.

  5. Female daily mampu membuat komunitas yang baik dengan pembacanya baik secara online atau offline. Tidak heran jika female daily memiliki 150.000 pengguna pada tahun 2014 yang saling memberikan kontribusinya kepada female daily. Tidak sebatas online saja female daily sering mengadakan kegiatan offline untuk mempertemukan penggunyanya.

Jadi dengan adanya 5 strategi bisnis yang digunakan oleh female daily, dapat kita gunakan sebagai acuan untuk membuat sebuah produk agar kualitas produk yang akan dibuat nanti dapat lebih baik lagi. kita juga perlu membuat produk yang memiliki kelebihan-kelebihan yang tidak ada diproduk lain.

Selain kelima strategi yang telah digunakan oleh startup femaledaily, menurut saya sendiri hal yang sangat saya senangi dan selalu mempermudah saya disaat berseluncur di website tersebut sebagai berikut:

  1. Kelengkapan konten yang ada di situs tersebut. Banyak konten yang telah di-review oleh para pengguna sehingga dapat saya lihat serta pelajari dan mudah untuk menemukan konten tersebut dikarenakan terdapat filter tersendiri untuk masing-masing produk yang ingin anda cari apakah itu skin care atau fragrance atau lain lain ( User Friendly ).

  2. Jumlah pengguna yang sudah banyak sehingga lebih mudah untuk mendapatkan opini / pendapat dari berbagai sisi jika ingin mengatahui/me-review sebuah product sekaligus bisa menjadi jembatan untuk mencari seseorang yang memiliki hobi yang sama dengan kita ( Networking ).

Saya sependapat. Femaledaily memang memiliki konten yang lengkap namun ketika akan mencari forum tentang jerawat agak kesulitan karena harus dicari satu per satu.

Pada menu forum terdapat fitur pencarian jika kita memang mencari suatu topik tertentu kita dapat menggunakan fitur tersebut, namum beberapa fitur pencarian memang ada yang mengalami masalah.

Popularitas dari situs ini memang sudah tidak diragukan lagi, merupakan salah satu forum wanita terbesar di Indonesia. Dikutip dari dailysocial, hal itu dapat dilihat dari banyaknya investor-investor besar, termasuk merk-merk fashion dan makeup ternama yang bergabung dengan Female Daily, mulai dari Mango, Metro Department Store, Estee Lauder dan grup L’Oreal. Bahkan saat ini, Female Daily sudah mulai merambah ke area aplikasi mobile dengan nama J-Technologies (J-TECH)

Untuk forum yang membahas jerawat sendiri mungkin tidak terlalu detail, hanya saja terdapat review produk dimana banyak pengunjung yang memberikan pengetahuan dan pengalaman mereka saat menggunakan produk tersebut. Namun secara menglobal, situs ini dapat dikatakan sukses, dilihat dari semakin banyaknya pengunjung tiap bulannya yang terus meningkat.

Situs ini sudah cukup terkenal khususnya di masyarakat Indonesia. Menurut saya, tampilan dari situs ini sudah lebih bagus dibandingkan tampilan yang sebelumnya, selain itu situs ini juga menyediakan ragam konten yang menarik.Dan saya sependapat dengan pendapat sebelum-sebelumnya

Bagaimana menurut kamu, apakah dengan adanya J-Technologies menjadikan pengunjung semakin mudah mengakses? Apakah nantinya akan lebih memilih J-Tecnologies dibanding masuk ke website Female Daily sendiri?

Saya hanya ingin mengkoreksi mungkin yang dimaksud disini aplikasi dengan nama female daily yang ada diplaystore dan bukan J-Tech

Menurut saya untuk jaman yang serba mobilitas seperti sekarang ini, penggunaan aplikasi pada smartphone akan meningkat. Saat menggunakan aplikasi smartphone pengguna dapat dengan mudah mengakses dimana saja tanpa harus menggunakan laptop atau komputer dan tanpa harus menggunakan webbrowser pada smartphone.

J-Technologies (J-Tech) merupakan sebuah perusahaan yang bergerak di bidang teknologi mobile. J-Tech sendiri terhitung sejak tanggal 6 September 2016 telah diakuisisi oleh Female Daily.

iya benar, jaman sekarang orang lebih dekat dengan mobile daripada laptop, maksud saya, kita tahu sendiri bahwa setiap orang pasti tidak bisa lepas dari yang namanya handphone, bahkan sekarang untuk mengerjakan pekerjaan kantor atau tugas kuliah kita bisa menggunakan google drive, contohnya, sehingga saya beranggapan orang lebih tertarik dan mudah untuk membuka situs female daily lewat mobile daripada menggunakan laptop. Hal itu karena jauh lebih praktis

Selama hampir 10 tahun Femaledaily terus mengembangkan produknya. Fitur semakin lengkap dan semakin memudahkan pengguna mencari informasi. Hal ini sesuai dengan tujuan atau visi dari Femaledaily. Female Daily kini mengusung visi: “To be the company that best understand women, empower women, and connect women to each other”.

“Visi Female Daily adalah memberdayakan perempuan Indonesia dengan segala informasi yang mereka butuhkan dan juga mengubah cara mereka mencari, mengkonsumsi, membeli, dan merekomendasi produk kecantikan,” ujar Hanifa Ambadar, Founder sekaligus CEO Female Daily Network.

Femaledaily tentu saja ingin menguasai pasar namun belum ada informasi apakah akan mengadakan pengguna premium.

Pada strategi bisnis Femaledaily ini, seperti video atau foto, apakah FemaleDaily memiliki akun youtube atau media sharing foto lain misal instagram, untuk memperkenalkan produk ke pasar? Ataukan video dan foto ini cukup hanya diupload di website Femaledaily sendiri? Kalau belum, hal ini menunjukkan Femaledaily tidak perlu terlalu memanfaatkan media sosial pun sudah dapat mencapai sukses hanya dengan lima strategi bisnisnya.

femaledaily memang ingin menguasai seluruh pasar indonesia terlihat dari penggunanya yang memang berasal dari indonesia, namum untuk pasar internasional mereka belum mampu menguasainya.
Femaledaily memiliki akun youtube dengan nama FemaleDailyNetwork dengan jumlah subcriber 59.884 dan telah mengunggah video lebih dari 500 video, jelas mereka sangat memanfaatkan media youtube untuk mengenalkan diri mereka pada semua kalangan.

menurut saya sendiri dikarenakan female daily merupakan competitor utama yang berada pada wilayah regional market project kita, strategi yang paling ampuh untuk mengambil sedikit pangsa pasar yang dimiliki oleh female daily adalah dengan mendalami salah satu market yang ada pada female daily. Kita tahu bahwa female daily merangkup semua market baik itu dari make up sampai dengan skincare yang notabennya adalah berisi hal hal mengenai wanita sehingga saya sendiri selaku pengguna aktif website tersebut terkadang susah untuk memperoleh suatu informasi menganai hal yang ingin saya ketahui. Dengan market yang lebih fokus yaitu jerawat atau skincare sehingga dapat menyediakan informasi yang lebih terperinci dan memenuhi kebutuhan pelanggan. Selain itu jika di bandingkan dengan kompetitor internasional seperti acne.org ada beberapa fitur yang tidak dimiliki oleh female daily sehingga ini dapat dijadikan sebuah kesempatan bisnis untuk memperoleh pangsa pasar yang sekarang dimiliki oleh pihak female daily