Fase apa saja yang dilakukan pada manajemen strategis didalam organisasi?

Banyak perusahaan memiliki misi yang menjelaskan mengapa mereka dalam bisnis, produk apa yang mereka tawarkan dan pasar konsumen yang mereka targetkan. Manajemen strategis adalah organisasi proses yang sedang berjalan yang berlaku untuk menganalisa proses internal dan sumber daya yang mengantarkan produk ini. Ada empat fase utama yang harus diterapkan dengan masing-masing strategi, dan pengambil keputusan harus memahami tujuan setiap fase.

Fase apa saja yang dilakukan pada manajemen strategis didalam organisasi?

Fase-fase yang dilakukan pada manajemen strategis organisasi antara lain :

  • Phase 1. Basic Financial Planning
    Pada tahap 1 menekankan pada persiapan dan anggaran tahunan. Sasaran keuangan ditetapkan. Pendapatan dan biaya dipantau secara hati-hati. Penekanannya adalah jangka pendek, dan fokus utamanya adalah pada aspek fungsional organisasi. Sebagian besar organisasi dalam fase ini hanya menunjukkan beberapa karakteristik lain yang berkaitan dengan masa depan organisasi.

  • Phase 2. Forecast-based Planning
    Organisasi dalam fase 2 biasanya memperpanjang kerangka waktu yang tercakup dalam proses penganggaran. Manajer cenderung mencari perkiraan yang lebih canggih dan menyadari lingkungan eksternal mereka dan pengaruhnya terhadap organisasi mereka. Oleh karena itu, organisasi pada tahap 2 memiliki alokasi sumber daya yang lebih efektif dan keputusan yang lebih tepat waktu berkaitan dengan posisi kompetitif jangka panjang organisasi.

  • Phase 3 Externally oriented planning
    Fase 3 ditandai dengan usaha memahami fenomena pasar dasar. Organisasi mulai mencari cara baru untuk mendefinisikan dan memuaskan kebutuhan pelanggan. Selain itu, fase 3 berbeda dari fase sebelumnya dimana perencana perusahaan diharapkan menghasilkan sejumlah tindakan alteratif untuk manajemen puncak. Manajemen puncak mulai mengevaluasi alternatif strategi secara formal dengan perencanaan dan tindakan.

  • Phase 4 Strategic Management
    Tahap 4 ditandai dengan penggabungan perencanaan strategis dan manajemen menjadi satu proses tunggal. Pendekatan terpadu ini dilakukan melalui kehadiran tiga unsur: pemikiran strategis yang meluas (semua tingkatan manajer telah belajar untuk berpikir secara strategis), proses perencanaan yang komprehensif ,dan sistem nilai yang mendukung.

Referensi

http://www.introduction-to-management.24xls.com/en232