Faktor kunci apa saja didalam budaya organisasi yang dapat membuat suksesnya organisasi ?

organisasi
budaya_organisasi

(Denta Kalla Nayyira) #1

Budaya organisasi

Budaya organisasi merupakan suatu pola kepercayaan dan harapan yang dimiliki bersama para anggota organisasi, kepercayaan dan harapan tersebut menghasilkan peraturan tentang perilaku, norma yang secara kuat membentuk perilaku pribadi dan kelompok organisasi

Faktor kunci apa saja didalam budaya organisasi yang dapat membuat suksesnya organisasi ?


(Yalanda Cahya Hardiyani) #2

Right corporate culture and infrastructure are must for successful innovation.

Enam kunci budaya perusahaan penentu kesuksesan organisasi, menurut Quinn dan Cameron, adalah :

  • Karakteristik dominan ( dominant characteristic ).
    Derajat teamwork dan rasa memiliki, tingkat aktifitas dan dinamisme, focus pada tujuan dan persaingan, tergantung pada sistem dan berpusat pada efisiensi

  • Kepemimpinan organisasi ( organizational leadership ).
    Pendekatan dan gaya kepemimpian yang menyebar ke seluruh organisasi, Peran pemimpin sebagai mentor, fasilitator , innovator , broker, produser, direktur, coordinator, dan monitor.

  • Pengelolaan karyawan ( management of employee ). Cara karyawan diberikan perlakuan, derajat konsultasi, partisipasi dan consensus , serta lingkungan kerja

  • Perekat organisasi ( organizational glue ).
    Mekanisme keterkaitan yang mendorong kebersamaan di dalam organisasi, misalnya kohesi dan teamwork , loyalitas dan komitmen, enterprener dan fleksibilitas, peraturan dan kebijakan, orientasi tujuan dan persaingan

  • Menekankan aspek stratejik ( strategic emphasis ).
    Mendayagunakan faktor-faktor penggerak kesuksesan strategi yaitu pengembangan jangka panjang modal manusia, inovasi, stabilitas dan keuanggulan persaingan, pertumbuhan dan akuisisi, serta kemauan yang kuat untuk mencapai tujuan.

  • Kriteria kesuksesan ( criteria for success ).
    Bagaimana kesuksesan didefinisikan dan bagaimana untuk mencapai laba, penetrasi dan pangsa pasar, sensitivitas kepada konsumen dan perhatian pada orang, mengembangkan produk dan jasa baru, dependabilitas dan biaya optimum