Faktor kritis apa saja yang membuat suksesnya (critical success factor) perencanaan manajemen risiko atau Plan Risk Management?

Untuk mencapai keberhasilan dalam mengaplikasikan Plan Risk management kita harus mengetahui faktor faktor penting apa sajakah yang dapat mensukseskan dari Plan Risk Management.

Apa sajakah faktor-faktor penting yang dapat mensukseskan Plan Risk Management?

Faktor kritis yang membuat suksesnya perencanaan manajemen risiko antara lain :

  1. Melakukan identifikasi dan mengatasi hambatan agar mencapai kesuksesan, yaitu :

    • Perencanaan manajemen risiko tidak akan dijalankan atau selesai jika manajemen mengetahui dan menerima keuntungan dari pengelolaan risiko.
    • Definisi yang jelas lebih ke arah tujuan (objective) dan melihat sesuatu secara umum dan luas atau secara keseluruhan (high level view)
    • Mengembangkan pendekatan sendiri untuk perencanaan manajemen risiko atau menggunakan preexisting approach . Bisa juga dengan mengcopy pendekatan dari project lain.
    • Integral part of the project.
  2. Keterkaitan project stakeholder dalam perencanaan manajemen risiko ; Dalam sebuah project , seorang project manajer membutuhkan keterlibatan project stakeholder dalam aktivitas perencanaan manajemen risiko untuk membangun kemampuan dan pengalaman untuk memastikan kepahaman dan komitmen mereka dalam proses perencanaan manajemen risiko.

  3. Mematuhi tjuan (objective) organisasi , kebijakan dan praktiknya : Aturan dan pedoman yang ditetapkan dalam rencana manajemen risiko harus sejalan dengan budaya organisasi, kemampuan dari sudut pandang orang dan fasilitas, nilai-nilai, tujuan, dan sasaran.

referensi