Faktor-faktor apa saja yang menyebabkan ikan mati mendadak ?

kolam ikan

Terkadang, tanpa sebab yang pasti, ikan kita mati mendadak tanpa diketahui penyebabnya. Untuk kasus seperti itu, kira-kira apa penyebabnya ?

Berikut ini faktor-faktor yang dapat menyebabkan matinya ikan hias Anda secara mendadak :

1. Penangkapan yang salah

Ada beberapa penjual yang menangkap seekor ikan hias langsung dari alam, bukan hasil peternakan. Penangkapan ikan yang salah akan menyebabkan timbulnya luka atau penyakit pada diri ikan tersebut.

2. Ikan mengalami stress

Perubahan lingkungan memaksa ikan harus beradaptasi dengan kondisi lingkungannya. Bila ikan tersebut tidak mampu untuk menyesuaikan diri akibatnya kondisi kesehatan ikan bakal menurun. Ikan pun rentan mengalami stres. Jika kondisi terus dibiarkan, maka besar kemungkinannya ikan yang sudah sangat stres tersebut tiba-tiba akan mati. Faktor penanganan saat penangkapan dan pengiriman memegang andil yang besar terhadap kondisi mental ikan.

3. Wabah penyakit oleh ikan baru

Akuarium akan terlihat sangat indah apabila dipenuhi oleh ikan hias dari berbagai spesies. Tetapi jika ikan yang baru saja Anda masukkan ke akuarium telah terjangkit suatu penyakit, ikan tersebut dapat menularkan penyakit yang dideritanya kepada ikan-ikan yang lain.

4. Kualitas air memburuk

Kualitas suatu air sebagai media hidup ikan tidak hanya diukur oleh tingkat kejernihannya. Masih ada banyak faktor yang mempengaruhi mutu air apakah bisa disebut layak atau tidak. Salah satu kejadian buruk yang bisa menurunkan kualitas air secara drastis ialah sindrom akuarium baru. Seekor ikan yang baru ditambahkan ke akuarium bisa langsung merusak ekosistem yang sudah terbentuk jika ikan tersebut mempunyai karakteristik yang mendominasi lingkungan.

5. Pemberian pakan berlebihan

Salah satu bentuk kasih sayang bisa ditunjukkan kepada ikan hias yang kita pelihara adalah memberinya pakan secara teratur. Tetapi apabila jumlah pakan yang diberikan pada suatu waktu terlalu banyak dan melebihi jumlah pakan yang dibutuhkan justru akan menimbulkan masalah yang serius.

6. Penyakit tidak terdeteksi

Ikan pun dapat menderita sakit yang bisa disebabkan oleh virus, parasit, atau bibit penyakit tertentu. Beruntung jika Anda menyadari ikan yang tengah sakit karena bisa memberikan pengobatan secara dini. Namun tidak semuanya penyakit bisa dideteksi secara visual.

7. Sudah mencapai batas usia

Kematian seekor ikan juga dapat terjadi karena takdir. Ingat bahwa rata-rata usia ikan tidak lebih dari 10 tahun. Jika sudah tiba waktunya ikan tersebut mati, maka perlakuan apapun tidak bisa mempertahankan nyawanya. Ikan yang sudah tua umumnya mempunyai warna yang memudar.

Sumber: