Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab seseorang menjadi berburuk sangka menurut Islam?

Buruk sangka

Buruk sangka atau suudzon merupakan sebuah kondisi batin yang membuat orang yang tertimpa kondisi seperti akan kehilangan kepercayaan kepada orang lain dan orang-orang yang ada di sekitarnya.

Faktor-faktor apa saja yang menjadi penyebab seseorang menjadi berburuk sangka menurut Islam?

Terdapat beberapa faktor yang disebutkan sebagai penyebab buruk sangka, antara lain:

Kontaminasi dalam dan luar: Orang-orang yang ternoda dan terkontaminasi maka ia akan melihat orang lain seperti dengan dirinya.

Bergaul dengan orang-orang jahat: Tatkala seseorang berkumpul dan bergaul dengan orang-orang jahat maka sudah barang tentu ia akan berburuk sangka kepad semua orang; karena ia mengira orang-orang yang ada di sekelilingnya adalah protipe masyarakat. Dalam sebuah hadis, Imam Ali bersabda,

“Bergaul dengan orang-orang jahat akan memunculkan buruk sangka kepada orang-orang baik.”

Hidup di lingkungan yang rusak. Faktor lingkungan sangat mempengaruhi pola pikir seseorang. Lingkungan yang rusak akan membuat orang menjadi mudah menilai orang lain dari sisi yang negatif.

Inferioritas kompleks: Seseorang yang menderita sikap rendah diri atau terendahkan oleh orang lain maka ia akan berusaha merendahkan orang lain dan memandang orang lain itu rendah yang gemar melakukan perbuatan dosa sehingga ia dapat mengobati perasaan rendah dirinya dan memperoleh ketenangan semu.