Faktor-faktor apa saja yang menjadi bagian dari Plan Risk Responses?

image

Plan risk responses merupakan proses pengembangan tindakan yang bertujuan untuk meningkatkan peluang dan mengurangi ancaman terhadap tujuan proyek. Manfaat utama dari proses ini adalah mampu menangani risiko dengan prioritas risiko yang telah diidentifikasi, memasukkan sumber daya dan kegiatan ke dalam anggaran proyek, jadwal dan rencana manajemen proyek sesuai kebutuhan. Untuk kebutuhan pemahaman lebih lanjut terkait Plan risk responses , Maka apa saja bagian yang menjadi faktor-faktor dari Plan risk responses ?

Setiap respon risiko membutuhkan pemahaman tentang mekanisme yang digunakan untuk mengatasi risiko. Mekanisme ini digunakan untuk menganalisis jika rencana respon risiko memiliki dampak yang diinginkan. Respon risiko harus sesuai dengan signifikansi risiko, tindakan penghematan biaya dalam mengatasi risiko, realistis dalam konteks proyek, disetujui oleh semua tim proyek baik sponsor, serta terdapat pihak yang bertanggung jawab atas risiko. Dalam rencana manajemen risiko tidak perlu memasukkan rencana respon untuk semua risiko kedalam daftar risiko. Sebab daftar risiko hanya bertujuan untuk memantau keberlangsungan proyek apakah telah sesuai dengan perencanaan risiko atau tidak. Apabila ditemukan skala risiko yang tinggi maka dibutuhkan pengembangan rencana tindakan risiko yang didasarkan pada probabilitas dan dampak risiko.

Terdapat beberapa faktor-faktor penting yang menjadi prinsip sekaligus panduan untuk menghasilkan respon risiko yang tepat bahwa respon risiko harus:

  1. Penghematan biaya terhadap signifikansi risiko
  2. Skala besarnya risiko
  3. Disetujui oleh pemangku kepentingan proyek yang berlaku
  4. Tercapai dan bersifat realistis

Dalam penerapan respon risiko membutuhkan tingkatan waktu dan pendanaan yang tepat. Tentunya hal penting ini didasarkan pada perencanaan dalam anggaran proyek atau strategi yang dikembangkan guna memastikan bahwa proyek tidak melebihi anggaran yang ditetapkan dan dapat terselesaikan dengan tepat waktu. Selama melakukan rencana respon risiko ini tetap memperhatikan pokok penting dari manajemen proyek seperti jadwal, biaya, dan ruang lingkup.

Sumber:

  1. PMBOK, 2013. A Guide to the PROJECT MANAGEMENT BODY OF KNOWLEDGE. Project Management Institute.
  2. Project Engineer, 2017. Plan Risk Responses. [online] Project Engineer. Tersedia di: http://www.projectengineer.net/knowledge-areas/project-risk/plan-risk-responses/ [Diakses 9 Mei 2018]