Faktor-faktor apa saja yang Mendukung Komunikasi Baik dengan Rekan Kerja Senior?

Komunikasi dengan senior memang tidak selalu mudah untuk banyak orang, terutama bagi orang yang pendiam. Lalu, ketika dalam dunia kerja, jika tidak memulai untuk berkomunikasi, bagaimana tujuan perusahaan akan berjalan dengan lancar? Oleh karena itu apa saja faktor yang dapat mendukung cara berkomunikasi baik dengan para rekan kerja senior di perusahaan?

1 Like

Komunikasi memang tidak mudah terutama dengan rekan kerja senior yang memiliki pengalaman lebih dalam bidangnya. Etika dan sopan santun perlu dijaga untuk menghormati mereka. Sehingga, untuk menghindari salah dalam berucap dan tidak bertemunya tujuan saling berkomunikasi, berikut ini merupakan faktor-faktor yang dapat membantu anda dalam berkomunikasi yang baik dengan para rekan kerja senior:

  1. Berpikir positif
    Jangan pernah anda berpikir bahwa rekan kerja senior anda kuno dan tidak akan mengerti arah pembicaraan anda. Kita tidak akan pernah tau seluas apa pengetahuan yang mereka miliki jika terus-menerus berpikir negatif tentang senior.

  2. Berbuat baik
    Sopan terhadap senior, dan bertanya ketika tidak tahu akan suatu hal tentang pekerjaan akan membuat rekan kerja senior merasa dihormati.

  3. Mulai komunikasi dengan Diskusi
    Berdiskusilah jika mereka memiliki waktu senggang yang akan membuat kalian merasa semakin terbuka.

    Meminta masukan atau saran dari para senior akan membuat mereka merasa dapat diandalkan dan dapat dipercaya.

    Bergantunglah di awal, tapi tidak secara terus menerus. Hal itu akan meningkatkan ikatan anda dengan para rekan kerja senior.

  4. Sopan
    Mulailah menyapa dengan salam. Biasakan diri anda dengan menyapa seperti itu hingga bawa sopan santun itu ke percakapan dan perilaku anda ketika berkomunikasi.

young people talk of what they are doing, old people of what they have done, and fools of what they have a mind to do - proverb

1 Like