Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya penetasan pada telur ikan ?

telur ikan

Penetasan merupakan suatu proses perubahan dalam siklus hidurp suatu hewan dari bentuk intracapsular yang menjadi bentuk hidup yang bebas. Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi terjadinya penetasan pada telur ikan ?

Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya penetasan antara lain keberadaan oksigen, temperature dan cahaya.

Dalam beberapa percobaan menunjukkan bahwa akibat kekurangan oksigen mampu menstimulasi aktivitas pernapasan dari embrio dan nampaknya ada keterkaitan antara aktivitas pernapasan embrio dan penetasan.

Temperature juga merupakan faktor lingkungan yang penting dalam proses penetasan. Dalam peningkatan temperature juga dapat menstimulasi sekresi enzim penetasan. Sekali enzim diekskresi maka pencernaan karion menjadi lebih cepat pada temperatur yang tinggi dibandingkan dengan temperatur rendah, menyebabkan penetasan lebih cepat.

Untuk faktor lingkungan lain yang di duga mempengaruhi penetasan ialah cahaya. Pada faktor ini nampak bahwa sekresi enzim penetasan dikontrol oleh stimulasi fotoreseptor “mata dan atau kelenjar pineal”, mungkin melalui sistem saraf pusat.

Faktor lainnya adalah sekresi enzim penetasan pada ikan. Efinefrin dan MS-222 dengan konsentrasi rendah mampu mempercepat sekresi enzim penetasan pada embrio fundulus sedangkan tobocurarine, atropine dan MS-222 dengan konsentrasi tinggi mampu menghambat sekresi.

Sumber