Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk dapat berpikir kritis ?

berpikir_kritis
teori_pembelajaran

(Denta Kalla Nayyira) #1

Berpikir kritis

Berpikir kritis merupakan berpikir untuk menyelidiki secara sistematis proses berpikir itu sendiri. Maksudnya tidak hanya memikirkan dengan sengaja, tetapi juga meneliti bagaimana kita dan orang lain menggunakan bukti dan logika.

Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi seseorang untuk dapat berpikir kritis ?


(Angelina Kyla Justina) #2

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi berpikir kritis seseorang, diantaranya adalah :

  1. Kondisi fisik: menurut Maslow kondisi fisik adalah kebutuhan fisiologi yang paling dasar bagi manusia untuk menjalani kehidupan. Ketika kondisi fisik siswa terganggu, sementara ia dihadapkan pada situasi yang menuntut pemikiran yang matang untuk memecahkan suatu masalah maka kondisi seperti ini sangat mempengaruhi pemikirannya. Ia tidak dapat berkonsentrasi dan berpikir cepat karena tubuhnya tidak memungkinkan untuk bereaksi terhadap respon yang ada.

  2. Motivasi: Kort mengatakan motivasi merupakan hasil faktor internal dan eksternal. Motivasi adalah upaya untuk menimbulkan rangsangan dorongan ataupun pembangkit tenaga seseorang agar mau berbuat sesuatu.

  3. Kecemasan: keadaan emosional yang ditandai dengan kegelisahan dan ketakutan terhadap kemungkinan bahaya.

  4. Perkembangan Intelektual: kemampuan mental seseorang untuk merespon dan menyelesaikan suatu persoalan, menghubungkan satu hal dengan yang lain dan dapat merespon dengan baik setiap stimulus.