Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi plan schedule management ?

Plan Schedule Management memberikan ruang untuk setiap perusahaan untuk melakukan perencanaan terhadap proyek yang dikerjakan. Namun dibalik itu terdapat pula faktor-faktor yang dapat mempengaruhi perencanaan yang dirancang sehingga dengan itu dapat dikatakan bahwa setiap perusahaan memiliki perencanaan penjadwalan yang berbeda.

Apakah faktor-faktor yang dapat mempengaruhi Plan Schedule Management tersebut?

Untuk meng-eksekusi plan schedule management, tentunya akan ada faktor-faktor yang akan mempengaruhinya. Faktor-faktor yang mempengaruhi paln schedule management bisa dari luar perusahaan ataupun dari dalam perusahaan. Berikut merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi plan schedule management, yaitu :

1. Budaya, Struktur, Ketersediaan dan Keterampilan Sumber Daya

Lingkungan perusahaan sangat mempengaruhi dalam pembuatan plan schedule management karena beda perusahaan tentunya akan berbeda pula budaya yang diterapkan pada perusahaan tersebut, struktur perusahaan, dan ketrampilan sumber daya yang ada tentunya juga tidak sama antar perusahaan, ada karyawan yang terampil ada pula karyawan yang masih butuh bimbingan dan pengawasan dalam melakukan pekerjaannya.

2. Perangkat lunak yang digunakan

Penggunaan perangkat lunak juga mempengaruhi bagaimana schedule management plan akan diberlakukan, karena spesifikasi dan kecepatan perangkat lunak juga dapat mempengaruhi penjadwalan proyek.

3. Standart pemerintah/industri
Standart yang ditetapkan oleh pemerintahan dan perusahaan juga merupakan faktor yang mempengaruhi schedule management plan. Perusahaan harus mengetahui standar apa saja yang diperlukan dalam membangun perusahaan serta harus mengetahui peraturan yang dibuat oleh pemerintah

4. Prosedur dan pedoman yang dipakai

Prosedur yang digunakan antara perusahaan yang satu dan yang lainnya tentunya akan berbeda. Prosedur yang dipakai oleh perusahaan sangat mempengaruhi estimasi waktu dan perencanaan penjadwalan. Begitu pula dengan pedoman yang dipakai, tentunya juga akan mempengaruhi schedule management plan.

5. Metodologi penjadwalan

Metodologi penjadwalan digunakan untuk menentukan bagaimana cara perusahaan melakukan penjadwalannya. Metodologi yang dianut oleh perusahaan juga menentukan bagaimana penjadwalan akan dilakukan.

Referensi :