Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengatasi stres?

stress

Zaman yang semakin modern ternyata tidak hanya dapat memudahkan manusia, tetapi juga dapat membuat manusia mengalami stress karena sulitnya kehidupan. Stres adalah suatu kondisi dimana fisik dan mental seseorang mengalami ketegangan, hal tersebut membuat penderita mengalami suatu tekanan pada pikiran atau badan. Tidak jarang juga ada penyakit yang disebabkan stress, bahkan sampai memicu kondisi psikologis kejiwaan orang tersebut.

Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kemampuan seseorang dalam mengatasi stres?

Reaksi individu dalam menghadapi stressor tentunya akan berbeda-beda, sehingga akan berpengaruh terhadap pemilihan coping strategy yang akan dipilih untuk mengatasi stressor, untuk itu berikut adalah beberapa faktor yang dirasa memengaruhi coping strategy, antara lain :

  • Usia
    Dalam rentang waktu tertentu, individu memiliki tugas perkembangan yang berbeda, ini juga tentunya berpengaruh terhadap pola pikir dan cara adaptasi dari individu tersebut.

  • Pendidikan
    Pendidikan juga memengaruhi dalam pemilihan strategy coping menghadapi stres. Individu yang berpendidikan lebih tinggi, akan menilai segala sesuatunya lebih realistis, dibandingkan dengan individu berpendidikan lebih rendah.

  • Status sosial ekonomi
    Status sosial ekonomi disini berperan dalam coping yang digunakan, karena apabila seseorang berada dalam situasi sosial ekonomi yang rendah, maka ia akan memiliki tingkat stres yang lebih tinggi, terutama dalam masalah ekonomi mereka.

  • Dukungan sosial
    Jika seseorang merasa didukung lingkungan, maka segala sesuatu akan dirasakan lebih mudah untuk dijalani, terutama untuk kejadian-kejadian yang menegangkan. Ada 4 jenis dukungan sosial yaitu: dukungan emosional, dukungan penghargaan, dukungan instrumental, serta dukungan informatif.

  • Jenis kelamin
    Terdapat perbedaan dalam menghadapi suatu masalah antara pria dan wanita, hal tersebut dikarenakan wanita lebih menunjukan reaksi emosional dibandingkan dengan pria.

  • Karakteristik kepribadian
    Suatu model karakteristik yang berbeda akan memiliki cara coping yang berbeda pula.

  • Pengalaman
    Pengalaman yang dimiliki individu akan membentuk tindakan-tindakan yang diambil oleh individu untuk mengatasi masalahnya.